Berita Wisata

Genjot PAD, Bupati Labura Resmikan 6 Desa Wisata Daerah – Forum Publik Online

mimbarumum.co.id – Destinasi alam Labura cukup menarik perhatian masyarakat luas untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui wisata alam lokal.

Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus juga meresmikan 6 desa wisata di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

– Iklan –

Upacara peresmian secara simbolis dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh bupati di lokasi wisata alam Gomara Swis Labura, Desa Simonis, Kecamatan Aek Natas, Kamis (5/1/2023).

– Iklan –

Menurut Hendriyanto, peresmian objek wisata alam baru tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara (PAD) dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa tersebut melalui sektor desa wisata.

“Setelah diresmikannya desa wisata ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) baik di desa maupun di daerah khususnya bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat”, jelasnya.

Bupati menjelaskan, dengan lokasi yang asri, air yang jernih, ombak yang tidak terlalu ekstrim, hutan yang rindang dan tempat yang mudah dijangkau.

Bisa dipastikan wisata di Labuhanbatu utara yang salah satunya bernama Gomara Swis Labura tour ini akan banyak dikunjungi wisatawan baik domestik bahkan mancanegara.

“Kelola wisata ini dengan baik, jangan sampai ada pungutan liar di jalanan kecuali retribusi yang sudah ditetapkan oleh peraturan daerah, dan saya yakin wisata ini akan berkembang,” kata Hendriyanto.

Usai peresmian, bupati melanjutkan mencoba wisata arung jeram didampingi langsung oleh seorang juragan profesional.

Hadir dalam acara tersebut Bupati H. Samsul Tanjung, Sekda H. Muhammad Suib, Anggota DPRD Hasan Basri, Ali Borkat Sinaga, Tokoh Masyarakat Sumut H. Kharuddin Syah, Ketua TP PKK Ny. dr. Rama Dhona Hendriyanto Sitorus, Ketua OPD, Camat, Forkopimca dan Lurah.

Adapun 6 desa wisata yang telah diresmikan antara lain, wisata alam gomara swiss, desa simonis, wisata alam aek buru, desa batu tunggal, wisata goa kaca, desa meranti omas,
Wisata Air Terjun Siparau, Desa Pematang,
Wisata Air Terjun Aek Parapat, Desa Poldung, dan Wisata Alam Gua Kembar, Desa Silumajang.

Reporter: AO.Sihombing

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button