Tempat Wisata

Taman Kota Kuningan, tempat terbaik untuk bersantai bersama keluarga

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Veteran No. 36, Kuningan, Kec. Brass, Cab.Kuningan, Jawa Barat; map: pemeriksaan situs

Bagi Anda yang merencanakan liburan sederhana bersama keluarga, Taman Kota Kuningan adalah pilihan terbaik. Seperti namanya, taman ini terletak di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Bukan berarti hanya warga yang datang berkunjung, semua orang punya hak yang sama. Saat akhir pekan tiba, pengunjung yang datang tidak hanya dari kalangan muda tapi juga yang datang bersama keluarga memenuhi taman asri ini.

Taman yang terletak di Jalan Veteran ini dulunya merupakan bangunan plaza dengan berbagai fasilitas. Saat itu banyak hal yang bisa dilakukan antara lain bermain game online, menonton film dan tidak lupa tempat nongkrong anak muda. Namun, setelah tidak digunakan lagi, bangunan tersebut dibongkar dan direvitalisasi menjadi taman kota. Tujuan utamanya adalah sebagai penghijauan, namun tentunya juga sebagai objek wisata.

Taman Kota Kuningan bukan hanya tempat wisata sederhana bagi keluarga dan anak muda, tetapi juga salah satu ikon Kabupaten Kuningan. Penduduk setempat pasti mengetahui keberadaannya dan bahkan mungkin berkali-kali mengunjungi taman ini. Dana 15 miliar dari APBD dibutuhkan untuk pembangunannya saja. Bukan jumlah yang sedikit tentunya untuk ukuran taman yang dibangun di atas tanah pemerintah.

Daya Tarik Taman Kota Kuningan

Atraksi di Taman Kota KuninganKredit Foto: Google Maps Negla Sari

Meski hanya taman pusat kota, namun daya tariknya mampu menarik banyak pengunjung. Setiap hari selalu dipadati pengunjung, namun tak dipungkiri puncak keramaian terjadi pada hari Sabtu dan Minggu. Apalagi saat menjelang sore, para pengunjung dari berbagai penjuru dunia sepertinya tak henti-hentinya mampir. Semua itu tak lepas dari daya tarik Taman Kota Kuningan yang akan dibahas di bawah ini!

1. Patung kuda sebagai icon kota kuningan

Dari kejauhan menuju lokasi taman, terlihat jelas patung kuda terlihat gagah. Mungkin Anda yang bukan penduduk setempat tidak terlalu tertarik dengan patung kuda ini. Namun, jika Anda mengetahui sejarahnya, tentu Anda juga menganggapnya istimewa, seperti penduduk setempat. Bertengger tinggi di atas taman kecil melingkar, kuda kekar ini tampak lebih dari sekadar patung.

Ia adalah Windu, nama kuda kesayangan Adipati Ewangga, seorang panglima perang dari Kuningan. Pada masanya, Windu selalu digunakan untuk berperang oleh panglima tertinggi Adipati Ewangga. Dalam setiap peperangan ia berhasil memukul mundur musuh yang tidak lepas dari peran kudanya. Meski secara umum tidak setinggi kuda, Windu merupakan kuda yang saat ini menjadi salah satu ikon Kabupaten Kuningan karena keuletan dan perannya yang penting.

2. Tugu Kuningan Nol Kilometer

Daya tarik Taman Kota Kuningan atau dikenal juga dengan Alun-alun Kuningan adalah keberadaan Tugu Kilometer Nol Kuningan. Sementara tugu peringatan tidak berada di gedung taman, namun lokasinya tidak jauh. Pengunjung yang penasaran dapat mencapai lokasi dengan berjalan kaki yang terletak di sebelah timur taman. Ada tugu peringatan dengan nol merah besar, itulah tugu peringatan yang dimaksud.

Pembangunan tugu tersebut sempat membuat bingung warga sekitar yang menanyakan fungsinya. Nol berarti titik awal, sehingga bisa diartikan sebagai titik tengah. Diterjemahkan, Tugu Nol Kilometer Kuningan merupakan titik pusat Kabupaten Kuningan. Karena keunikannya, tak jarang pengunjung mengabadikan momen saat berkunjung ke alun-alun kota.

3. Lokasi strategis

Pengunjung yang datang ke lokasi taman wisata ini tak lepas dari lokasinya yang strategis. Berada di pusat kota dengan berbagai akses bantuan, Taman Kota Kuningan sangat mudah ditemukan. Apalagi bila terdapat rambu-rambu yang jelas di berbagai jalan raya yang mengarahkan wisatawan ke tempat tersebut.

Selain mudah ditemukan, mengakses objek wisata lain dari taman cantik ini juga mudah. Lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan, masjid, pasar dan tempat atau fasilitas umum lainnya. Bahkan beberapa pengunjung hanya ingin mampir ke lokasi setelah tujuan utama. Tidak jauh dari kota terdapat hotel atau akomodasi yang dirancang khusus untuk wisatawan di luar daerah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Kota KuninganKredit foto: Google Maps Gun Gun Gunawan

Lokasinya berada di pusat kota, artinya tidak sulit menemukan taman kebanggaan warga Kuningan ini. Bagi anda yang berasal dari Kabupaten Kuningan langsung saja ke alamat Jl. Veteran No. 36, Kuningan, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Banyak juga rute yang bisa ditempuh tergantung dari arah kedatangan.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengambil standar pasar Kepuh Kuningan. Saat ini Anda berada di Jalan Jenderal Sudirman. Arahkan kendaraan ke arah barat hingga menemukan perempatan, ambil jalur kiri menuju Jalan Siliwangi. Lurus terus sampai bertemu perempatan lagi. Kali ini jangan berbelok, lurus saja karena Taman Kota Kuningan sudah di depan mata. Jika Anda masih ragu, silakan gunakan teknologi Google Maps.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket masuk Taman Kota KuninganKredit foto: Google Maps Nikita Jamilah

Meski dibangun dengan budget hingga sepuluh miliar, Anda bisa memasukinya tanpa harus membayar tiket masuk. Hal ini karena taman yang indah ini masih dalam fasilitas kota. Namun bukan berarti tidak ada biaya sama sekali. Untuk parkir Anda harus membayar sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Tarif parkir sepeda motor di Taman Kota Kuningan saat ini dikenakan tarif 2.000 rupiah dan 5.000 rupiah untuk mobil. Anda juga harus membayar biaya tambahan untuk permainan yang tersedia di tempat wisata keluarga ini. Semua berlaku sesuai dengan ketentuan penjual atau pemilik dari permainan yang ada.

Kegiatan menarik di taman kota

Kegiatan di Taman Kota KuninganKredit foto: Google Maps Aan Anshory

Apalagi jika liburan bukan tentang kegiatan seru. Meski bukan wahana seru seperti pemandian atau kolam renang, masih banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Taman Kota Kuningan. Kegiatan inilah yang membuat alun-alun ini selalu ramai pengunjung.

1. Jalan-jalan di sekitar Taman Kota Kuningan

Banyak pengunjung datang hanya untuk berjalan-jalan untuk merasakan suasana taman dengan lebih baik. Kegiatan ini juga wajib dilakukan bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran dari penat seharian. Lokasinya yang cukup luas memastikan Anda tidak bosan dengan pemandangan yang ditawarkan.

Sesekali Anda bisa berhenti jika menemukan sudut yang pas untuk menikmati pemandangan di sekitar taman. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari saat pengunjung belum terlalu ramai. Meski berada di pusat kota, keberadaan tanaman di sekitar lokasi membuat udara terasa nyaman dan menyegarkan.

2. Bersantai bersama keluarga

Saat berlibur tidak harus melakukan aktivitas ekstrim atau yang justru bisa membuat lelah, relaksasi juga bisa menjadi pilihan utama. Berbagai kursi tetap tersedia di sekitar Taman Kota Kuningan, terutama jika Anda bepergian dengan anggota keluarga. Banyak pengunjung yang duduk santai di bundaran di tengah taman bertingkat. Poin ini juga cocok sebagai pilihan pertama jika Anda belum memiliki ide.

3. Berkeliling dengan kuda

Salah satu kegiatan yang pasti disukai anak-anak adalah menunggang kuda. Berbagai jenis kuda tersedia di taman kota ini, Anda tinggal memilih yang sesuai dengan warna favorit anak Anda. Selain anak-anak, ada juga kuda yang bisa ditunggangi orang dewasa. Anda hanya perlu merogoh kocek 15.000 hingga 20.000 rupiah untuk merasakan sensasi menunggang kuda di tengah kota.

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan, jalanan selalu ramai. Kami harap Anda berhati-hati saat mengendalikan kuda, meski ada pemandu yang bersedia mengikuti kuda kemanapun ia pergi. Kegiatan ini bisa Anda lakukan saat sore atau malam hari, jadi pastikan Anda datang ke Taman Kota Kuningan saat itu.

4. Naik kereta kuda yang indah

Kegiatan di Taman Kota KuninganKredit foto: Google Maps Intan Suryani

Selain menunggang kuda, ada juga kereta kuda yang dihiasi lampu warna-warni yang indah. Kalau penduduk setempat menyebutnya Delman yang sudah dihiasi berbagai lampu neon. Nikmati keseruan berkeliling taman dengan menaiki kereta unik bersama keluarga. Fasilitas berbayar ini jarang ditemukan di tempat lain. Harganya juga terjangkau tergantung durasi atau jarak Anda menyewa kereta. Juga, cobalah untuk menegosiasikan harga untuk mendapatkan yang lebih murah.

5. Sewa mobil Gowes

Kegiatan lain yang pastinya menarik dan seru adalah sewa mobil Gowe. Bukan sekedar mobil tentunya, tapi sudah dihiasi dengan lampu warna-warni untuk menarik perhatian kedatangannya. Dengan mobil Anda dapat menjelajahi taman atau tempat-tempat di dekat taman. Harganya tidak terlalu mahal, Anda akan dikenakan biaya 25.000 rupiah selama 15 menit. Kali ini sepertinya cukup, apalagi menjelajahi Taman Kota Kuningan.

6. Wisata kuliner yang enak

Rencanakan anggaran ekstra untuk kegiatan kuliner ini, karena ada banyak suguhan untuk membangkitkan rasa ingin tahu Anda. Beragam warung makan atau warung tersedia di lokasi, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Karena makanan berat terbagi menjadi dua bagian yaitu makanan tradisional dan makanan modern.

Dari keduanya sudah pasti rasanya nikmat dan membuat lidah bergetar, apalagi saat perut sudah lapar setelah berlarian dan bermain di taman. Harganya masih lumayan, meski beberapa pengunjung menganggapnya mahal. Harga tiap menunya masih standar dibanding tempat wisata lainnya.

Fasilitas yang tersedia di area parkir

Fasilitas Taman Kota KuninganKredit Foto: Google Maps Banuaji 999

Taman Kota Kuningan yang juga dikenal dengan nama Tamkot ini tidak hanya dibangun untuk mengisi liburan saja, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Seperti halnya tempat wisata lainnya, ada toilet yang bisa Anda gunakan jika kondisinya wajar, bersih, dan terawat. Tidak jauh dari alun-alun atau Tamkot Kuningan terdapat sebuah masjid yang biasa digunakan sebagai tempat ibadah saat bepergian.

Fasilitas lain yang tentunya tersedia adalah tempat parkir mobil yang luas dengan harga diatas. Di sekitar tempat ini juga banyak terdapat ruko yang menawarkan aneka jajanan dan oleh-oleh khas Kabupaten Kuningan. Anda hanya perlu berjalan kaki untuk sampai ke tempat itu karena letaknya di seberang jalan. Tersedianya JPO (Jembatan Penyeberangan Rakyat) juga bisa dianggap sebagai fasilitas dalam hal keamanan saat menyeberang.

Tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi Taman Kota Kuningan setelah membaca semua penjelasan di atas. Juga merupakan ikon kabupaten Kuningan, taman atau alun-alun ini layak dikunjungi dan menawarkan berbagai atraksi dan aktivitas seru. Sedikit saran, usahakan datang ke lokasi pada malam hari di akhir pekan bagi anda yang suka keramaian.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button