Berita Wisata

Telusuri 7 pesona Pantai Ngobaran di Gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul terkenal dengan pesona pantainya yang eye catching. Salah satu pantai di Gunungkidul yang menawarkan perpaduan antara keindahan alam dan unsur budaya adalah Pantai Ngobaran. Pantai ini cukup unik dibandingkan pantai-pantai lain di Gunungkidul. Memang, Pantai Ngobaran menawarkan pemandangan alam yang eksotis dan suasana yang membuat Anda serasa berada di Bali.

Ingin tahu lebih banyak tentang Pantai Ngobaran? Yuk simak deretan informasi terkait Pantai Ngobaran pada ulasan berikut ini!

1. Salah satu pantai selatan yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta

Melihat 7 Pesona Pantai Ngobaran di Gunungkidul ini memang benar-benar bernuansa BaliPantai Ngobaran saat matahari terbenam (instagram.com/andreas_sutono)

Pantai Ngobaran merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi pantai Ngobaran berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dan membutuhkan waktu antara 1,5 hingga 2 jam untuk sampai ke pantai ini.

Harga tiket masuk objek wisata Pantai Ngobaran terbilang cukup murah. Berdasarkan ewisata.gunungkidulkab.go.id, Untuk bisa menikmati pesona pantai ini, wisatawan cukup membayar Rp 5.000 saja.

Baca Juga: 9 Pesona Pantai Slili, Destinasi Menawan di Gunungkidul

2. Memiliki ukuran pantai mini yang terlihat seperti pantai pribadi

Melihat 7 Pesona Pantai Ngobaran di Gunungkidul ini memang benar-benar bernuansa BaliHamparan pasir di Pantai Ngobaran (instagram.com/anggraiti)

Pantai Ngobaran merupakan pantai kecil yang dikelilingi tebing tinggi. Karena pantainya kecil, kita seperti berada di pantai pantai pribadi tersembunyi. Selain itu, saat air laut surut, ganggang dan rumput laut juga bisa terlihat di sepanjang pantai.

3. Dikelilingi tebing tinggi

Melihat 7 Pesona Pantai Ngobaran di Gunungkidul ini memang benar-benar bernuansa BaliPemandangan laut dari atas tebing (instagram.com/siti_mustamiroh)

Pantai Gunungkidul terkenal dengan tebing karangnya yang indah. Itu juga milik Pantai Ngobaran. Tebing karang yang menjulang tinggi menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ngobaran. Tak sedikit wisatawan yang memilih menikmati pemandangan laut dari atas tebing.

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

4. Pintu gerbang menuju pantai yang sarat akan budaya Bali

Melihat 7 Pesona Pantai Ngobaran di Gunungkidul ini memang benar-benar bernuansa BaliGerbang Pantai Ngobaran (instagram.com/bhilleyaaa)

Sebelum memasuki kawasan pantai Ngobaran, wisatawan akan disambut gapura dan patung dewa-dewa agama Hindu. Gapura ini menjadi salah satu hal yang membuat pantai Ngobaran berbeda dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul. Dari pintu depan sudah serasa di Bali ya?

Baca Juga: Pantai Buron Gunungkidul: Informasi Lokasi, Harga Tiket & Tips

5. Tidak hanya pemandangan laut, di pantai ini juga terdapat pura

Melihat 7 Pesona Pantai Ngobaran di Gunungkidul ini memang benar-benar bernuansa BaliPura Segara Wukir di Pantai Ngobaran (instagram.com/triana.diyan)

Nuansa budaya Bali semakin kental dengan keberadaan sebuah pura bernama Pura Segara Wukir. Menurut legenda, tempat ini dulunya dipercaya sebagai tempat Raja Brawijaya V melakukan ritual bakar diri. Sekitar hari-hari keagamaan Hindu, sejumlah upacara adat dilakukan di pura ini.

5. Selain candi, ada juga candi yang disebut Candi Mojodipo

Melihat 7 Pesona Pantai Ngobaran di Gunungkidul ini memang benar-benar bernuansa Baliilustrasi foto keluarga di depan candi Mojodipo (instagram.com/ririnserin94)

Di kawasan Pantai Ngobaran, terdapat sebuah pura yang letaknya tidak jauh dari pura. Candi tersebut bernama Candi Mojodipo. Pura ini umumnya digunakan oleh penganut aliran Kejawen untuk beribadah.

7. Punya banyak spot foto keren!

Melihat 7 Pesona Pantai Ngobaran di Gunungkidul ini memang benar-benar bernuansa BaliTebing Pantai Ngobaran (instagram.com/ak12_official)

Berkunjung ke pantai ini Anda akan menemukan berbagai spot foto yang tentunya sangat indah instagrammable. Dasar laut ditambah dengan bangunan seperti kuil dan tempat suci akan menghasilkan foto yang unik dan menarik. Selain itu, tebing-tebing tinggi juga menjadi salah satu latar foto favorit para wisatawan.

Nah itulah 7 pesona keindahan Pantai Ngobaran di Gunungkidul. Keindahan alam yang memanjakan mata dan sarat dengan unsur budaya menjadi keunikan Pantai Ngobaran. Tak heran jika pantai ini menjadi tujuan wisata alternatif saat berlibur di Yogyakarta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button