Berita Wisata

Dermaga Pantai Kalibaru di Jakarta Utara akan dibangun di area publik

Jakarta, CNNIndonesia

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mempertimbangkan pembangunan ruang ketiga atau ruang publik di kawasan tersebut tanggul pantai yang terletak di kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

Rencana lokasi pembangunan kelurahan ketiga itu ditinjau Wali Kota Administrasi Jakarta Utara bersama perwakilan Kementerian PUPR pada Rabu (4/1).

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, bagian ketiga yang dikonsepkan menyusul selesainya pembangunan tanggul pantai sepanjang 3,2 kilometer di Desa Kalibaru.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Menurut tata letak (layout) Rencana pembangunan hall ketiga, terdapat sejumlah fasilitas umum, antara lain taman, lapangan futsal, lapangan voli, taman bermain anak, hingga destinasi wisata.

“Langkah selanjutnya adalah mengembangkan kawasan yang tentunya menjadi fasilitas publik untuk dinikmati masyarakat,” kata Ali seperti dikutip dari laman resmi Pemkot Jakarta Utara, Jumat (6/1).

Ali mengimbau masyarakat setempat untuk tidak menggunakan kawasan tanggul pantai untuk kepentingan pribadi.

Ia mengatakan, Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta akan segera memasang pagar dan rambu-rambu peninggian tanah di sekitar tanggul pantai agar tidak dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan pribadi.

“Kami mohon pengertian dari seluruh warga yang ada agar paham bahwa lokasi ini akan kami gunakan untuk kepentingan bersama,” ujarnya.

Dari Plaza Kalibaru ke kolam retensi krematorium

Sementara itu, Kepala Satker NCICD Kementerian PUPR, Ferdinanto mengatakan, prinsip National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) tidak hanya mengendalikan kenaikan muka air laut dan banjir, tetapi juga memperbaiki kondisi lingkungan dengan adanya dari ruang ketiga. konsep.

Dia mengatakan NCICD di kawasan Kalibaru dipastikan sepanjang sekitar 3,2 kilometer dari Alun-alun Kalibaru hingga kolam penampungan krematorium.

“Prinsip NCICD tidak hanya mengendalikan banjir tapi juga memperbaiki kondisi lingkungan. Untuk itu akan dibangun sejumlah fasilitas bagi masyarakat,” ujarnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, pembangunan tanggul di bawah program NCICD, baik tanggul pantai maupun tanggul laut, harus segera diselesaikan untuk menjamin keamanan kota Jakarta dari ancaman banjir rob. .

“Mau Jakarta aman atau tidak. Kalau mau Jakarta aman, kita harus bangun tanggul atau tanggul raksasa dan tanggul pantai,” kata Heru beberapa waktu lalu.

(yoa/anak)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button