Berita Wisata

Saat menjelajahi Gua Nua Waka, terdapat sebuah ruangan berbentuk rumah adat

Mangarai Barat

Selain Taman Nasional Komodo, masih banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Labuan Bajo. Salah satunya mengunjungi Desa Wisata Loha di Kecamatan Macanggirl, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Perjalanannya kurang lebih dua jam dari Labuan Bajo. Di sana, traveler bisa merasakan sensasi menyusuri gua sepanjang kurang lebih satu kilometer.

Di dalam goa yang disebut Nua Waka ini terdapat balai besar yang menyerupai rumah adat Manggarai, Mbaru Gendang. Pada jarak 250 meter dari goa terdapat ratusan burung dan sarang burung walet.

“Jelajahi alam desa wisata Loha, Anda akan menemukan gua bersejarah bernama Nua Waka. Gua Nua Waka merupakan salah satu gua terpanjang di Labuan Bajo, sekitar satu kilometer,” kata Rhony Sumarno, animator lapangan program Fasmadewi Barat Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Budaya Kabupaten Manggarai, Sabtu (7/1/2023).

Selain Goa Nua Waka, wisata alam lain yang bisa dijelajahi seperti Tiwu Roh dan Tiwu Ndeleng. Air yang mengalir dari ketinggian sekitar lima meter terlihat berwarna putih. Salah satu tempat terbaik untuk foto.

“Yang lagi hits sekarang ini adalah air terjun Sunsa Namo,” kata Rhony.

Selain menikmati wisata alam, traveler juga bisa merasakan kehidupan masyarakat setempat dari dekat dengan mengunjungi desa Kokor Gola. Traveler bisa melihat produksi gula merah yang dihasilkan dari pohon aren yang menjadi mata pencaharian sebagian besar penduduk setempat.

Traveler akan mendengar cerita mereka tentang asal-usul pembuatan gula merah. Anda bisa membeli produk gula merah sebagai oleh-oleh khas di Desa Wisata Loha.

Saat berkunjung ke desa wisata Loha, traveler akan disambut dengan Tuak Reis (arak untuk diminum), sebagai tanda penghormatan kepada para tamu. Wisatawan dapat tinggal di homestay atau rumah milik penduduk yang berfungsi sebagai akomodasi.

Di homestay, Anda bisa mencicipi kuliner tradisional yang disajikan oleh para ibu rumah tangga. Seperti muku tuk, muku gula merah, lemet, serabe, rebok dan nasi bambu.

Simak Video “RS Siloam Labuan Bajo Sediakan Layanan Wisata Kesehatan Internasional”
[Gambas:Video 20detik]
(ni/iws)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button