Berita Wisata

Tak Hanya Dieng, Ini Deretan Tempat Wisata Menakjubkan di Wonosobo Solopos.com

Berikut deretan tempat wisata di Wonosobo yang tidak hanya berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng saja.

Sabtu, 7 Januari 2023 – 21:45 WIB


Penulis:
Dela Annisa

Editor: Pendeta Yuda Saputra | Solopos.com

SOLOPOS.COM – Sudut pandang Dieng. (dieng-kejajara.wonosobokab.go.id)

Solopos.com, WONOSOBO — Mendengar nama Wonosobo Jawa Tengah (Jawa Tengah), sebagian besar orang atau wisatawan pasti langsung tertuju pada tempat wisata yang sering disebut Bumi di Atas Awan, yaitu Dieng. Namun, rupanya tempat wisata di Wonosobo tidak hanya Dieng saja. Berikut deretan tempat wisata di Wonosobo kecuali Dieng.

Berwisata ke Wonosobo, pikiran kita pasti akan tertuju pada Dieng. Wajar jika nama Dieng sangat populer di kalangan wisatawan, lokal maupun mancanegara.

Pasalnya, Dieng dikenal sebagai dataran tinggi nan indah yang menawarkan sederet tempat wisata eksotis. Namun, Wonosobo tidak hanya menjadikan Dieng sebagai objek wisata.

Wonosobo juga memiliki sejumlah tempat wisata yang tak kalah indahnya. Berikut daftar tempat wisata yang bisa wisatawan temukan saat berkunjung ke Wonosobo, khususnya di sekitar dataran tinggi Dieng.

  • Kunjungan lapangan 9 Sidengkeng Dieng

Bentang alam Dataran Tinggi Dieng memang terkenal dengan keindahan alamnya yang memikat. Apalagi jika dilihat dari tempat yang lebih tinggi dan strategis, dilihat dari Petak 9 Dieng. Wisata Petak 9 Sidengkeng Dieng merupakan sebuah bukit kecil di kawasan wisata Telaga Warna yang menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan. Di sini wisatawan bisa melihat pemandangan Telaga Warna dari atas. Dari puncak Bukit Sidengkeng, Telaga Warna yang gemerlap matahari bisa terlihat lebih jelas.
Pemukiman penduduk atau pepohonan yang rindang bukanlah halangan bagi mata kita untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan ini. Apalagi saat kabut tidak terlalu tebal. Spot indah ini langsung menjadi favorit para penikmat alam dan pecinta fotografi.

Keindahan air terjun atau Curug Winong ini wajib dilihat saat berkunjung ke Wonosobo. Dilansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, Curug Winong bagaikan permata tersembunyi di tengah hutan. Ketinggian air terjun mencapai 100 meter. Air yang jatuh dari tebing kemudian mengalir ke sungai menciptakan suara gemericik alami yang menenangkan. Di sekitar air terjun juga terdapat batu-batu besar yang tersusun secara alami dan berbentuk jalan atau tangga menuju ke bawah.

Dengan ketinggian 2565 mdpl, Gunung Prau memiliki banyak keindahan yang cocok untuk didaki. Gunung ini merupakan puncak tertinggi di Dataran Dieng. Konon, pemandangan matahari terbit dari puncak Gunung Prahu disebut-sebut sebagai yang terbaik di Asia Tenggara. Jika ingin mendaki Gunung Prau terdapat 5 jalur pendakian diantaranya melalui Patak Banteng, Dieng, Kalilembu, Dwarawati dan Wates.

Danau ini merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi para wisatawan. Telaga warna ini terlihat begitu menarik karena airnya bisa berubah warna. Perubahan warna danau ini disebabkan oleh kandungan belerang yang tinggi. Konon juga ada cerita di balik Telaga Warna ini. Dari berbagai sumber, konon danau ini menjadi bukti tenggelamnya kerajaan dan seluruh penduduknya karena perilaku durhaka seorang anak terhadap orang tuanya.

  • Batu Ratapan Angin

Telaga Warna memang menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke Wonosobo. Namun untuk menikmati keindahannya, Batu Pandang Ratapan Angin adalah jawabannya. Berlokasi di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, jarak tempuhnya bisa mencapai sekitar 27 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam dari Kota Wonosobo. Berada di selatan Telaga Warna pada ketinggian 2100 mdpl, Batu Pandang Ratapan Angin menjadi tempat yang menarik untuk menikmati pemandangan alam sekitarnya.

Berada di ketinggian sekitar 1789 mdpl, wisatawan bisa melihat keindahan Dataran Tinggi Dieng di sini. Tempat ini merupakan tempat yang paling cocok untuk menyaksikan indahnya matahari terbit dan alternatif bagi wisatawan yang tidak sempat mendaki bukit Sikunir untuk melihat Golden Sunrise.

Berita Terkait

Baca juga beritanya

Menarik lainnya

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button