Berita Wisata

Lagi cari foto solo yang instagramable seharian, bisa kemana aja? halaman semua

KOMPAS.com – Solo merupakan kota budaya dan wisata yang memiliki banyak daya tarik bagi wisatawan. Bagi penggemar fotografi, Solo menawarkan sejumlah tempat yang bagus untuk dikunjungi mengejar (menemukan) gambar.

Jika Anda punya waktu seharian di Solo, ada sejumlah spot foto Instagrammable yang dapat dikunjungi untuk mengejar Foto.

Baca juga: Kebun Binatang Jurug di Kota Solo Dibuka Kembali Akhir Januari 2023

Mengejar Foto instagrammable sendirian sepanjang hari

Ini tempatnya mengejar Foto instagrammable di Solo yang bisa dikunjungi dalam satu hari, dari pagi hingga sore hari.

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta HadiningratSHUTTERSTOCK Keraton Surakarta Hadiningrat

Ikon wisata budaya ini tidak boleh dilewatkan mengejar lokasi foto instagrammable sendiri. Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Surakarta terletak di Jalan Kamandungan, Kecamatan Baluwarti, Pasar Kliwon, Surakarta.

Keraton Surakarta dibangun oleh Pakubuwono II sebagai pengganti Keraton Kartasura yang hancur akibat gejolak Pecinan pada tahun 1743. Hingga saat ini Keraton Surakarta berfungsi sebagai tempat tinggal para sunan dan rumah tangga kerajaan.

Baca juga: Keraton Solo Damai, Museum Terbuka untuk Wisata?

Pengunjung dapat menjelajahi kawasan Keraton Surakarta sambil mengejar Foto Instagrammable tema sejarah dan budaya.

Misalnya bangunan keraton bergaya Jawa, koleksi barang-barang bersejarah seperti mobil, tandu, arca, senjata kuno dan lain-lain.

Selain keindahan bangunan dan koleksi artefak sejarah, Keraton Surakarta juga menawarkan wisata budaya seperti upacara adat, tarian sakral, dan musik tradisional.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Kota Solo yang Bisa Dibawa Anak-Anak Saat Libur Sekolah

2. Candi Mangkunegaran

Ilustrasi Keraton Mangkunegaran, Solo.shutterstock.com/martantosh Ilustrasi Keraton Mangkunegaran, Solo.

Setelah itu berakhir mengejar foto di Keraton Surakarta, Anda bisa melanjutkan berburu foto Instagrammable tema budaya lainnya di Candi Mangkunegaran.

Lokasinya berjarak kurang lebih 3,2 kilometer (km) dari Keraton Surakarta, dapat ditempuh dengan mobil selama 10 menit. Tepatnya di Jalan Ronggowarsito No. 83, Keprabon, Banjarsari, Surakarta.

Suasananya tidak jauh berbeda dengan Keraton Surakarta. Penggemar fotografi dapat mengabadikan keindahan arsitektur Jawa di Candi Mangkunegaran.

Jika beruntung, wisatawan bisa menyaksikan latihan tari tradisional yang sangat bagus untuk difilmkan. Ada juga koleksi gamelan, museum dan perpustakaan yang bisa dijadikan objek foto Instagrammable tema budaya.

Baca Juga: 8 Wisata Dekat Candi Mangkunegaran Solo, Dari Keraton Hingga Pasar Sejarah

Tari Bedhaya Ketawang Keraton SurakartaTribunnews.com Tari Bedhaya Ketawang Keraton Surakarta

3. Museum Keris Nusantara

Keris Kyai Tengara, keris sumbangan Presiden Joko Widodo dipajang di lantai empat Museum Keris Nusantara.Jateng/Tribun Akbar Hari Mukti Keris Kyai Tengara, keris sumbangan Presiden Joko Widodo dipajang di lantai empat Museum Keris Nusantara.

Memasuki siang hari, Museum Keris Nusantara bisa menjadi tempat alternatif mengejar gambar berikutnya. Karena siang hari adalah salah satu waktu yang paling sulit untuk memotret, terutama di luar ruangan karena cahaya yang ekstrim.

Dengan demikian, koleksi keris museum bisa menjadi obyek alternatif mengejar Foto.

Pengunjung dapat melihat koleksi 409 keris dengan berbagai jenis dan ukuran di museum yang dibuka pada tahun 2017 ini. Ada keris yang berusia ratusan tahun.

Lokasi Museum Keris Nusantara berada di Jalan Bhayangkara No. 2, Sriwedari, Laweyan, Surakarta. Jarak tempuh dari Candi Mangkunegara sekitar 2 km atau 6 menit dengan mobil.

Baca juga: 5 Hotel Murah di Solo untuk Tahun Baru, Mulai Rp 100.000

4. Pasar besar

Pasar Gede yang terletak di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Kelurahan Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah ini memiliki lokasi yang strategis.  Solo merupakan kota yang mendapat predikat Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan sejak 2018.Fristin Intan/Kompas.com Pasar Gede yang terletak di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Kelurahan Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah ini memiliki lokasi yang strategis. Solo merupakan kota yang mendapat predikat Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan sejak 2018.

Setelah puas berburu foto bertema sejarah dan budaya, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pasar Gede.

Di pasar tradisional ini, Anda bisa mengabadikan foto tematik kepentingan manusia seperti aktivitas pedagang dan pembeli atau orang yang lewat.

Pasar yang dibangun pada tahun 1927 ini juga memiliki arsitektur bergaya Belanda sehingga bisa menjadi pilihan prop foto.

Pastikan untuk beristirahat sejenak dari warung makan di sekitar Pasar Gede sebelum melanjutkan perjalanan. Anda bisa mencicipi berbagai makanan khas Solo antara lain nasi liwet, timlo, tengkleng, asem brambang dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Aturan Mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed Solo Saat Dibuka

5. Istana Warisan

The Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan tempat wisata di sebuah bangunan klasik bergaya Eropa yang merupakan bekas pabrik gula Peron. Instagram @theheritagepalace The Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan objek wisata bangunan bergaya Eropa klasik bekas pabrik gula

Lokasi hunting foto terakhir adalah The Heritage Palace. Lokasinya memang bukan di Solo, melainkan di Sukuharjo yang tidak begitu jauh dari Solo. Tepatnya di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo Rt.002 Rw. 008, Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Dari Pasar Gede jaraknya sekitar 10 km atau 21 menit dengan mobil. Jadi pastikan Anda sudah istirahat dan makan sebelum melanjutkan perjalanan.

The Heritage Palace adalah objek wisata bergaya Eropa klasik yang menawarkan banyak hal persegi Foto instagramable.

Direktur Pemasaran dan Operasional Franky Hardy mengatakan: “Bangunan Heritage Palace merupakan pabrik gula tua peninggalan Belanda yang didirikan pada tahun 1899.

“Bangunan tersebut merupakan peninggalan kolonial Belanda yang awalnya didirikan pada tahun 1899 sebagai pabrik gula dengan nama PG Gembongan,” jelasnya mengutip Kompas.comSenin (01/02/2023).

Baca Juga: The Heritage Palace: Harga Tiket, Jam Buka & Fasilitas

Kawasan interior Keraton Sukoharjo, Solo merupakan objek wisata berupa bangunan bergaya klasik Eropa yang merupakan bekas pabrik gula. Peron. Instagram @theheritagepalace Ruang interior Heritage Palace Sukoharjo, Solo merupakan objek wisata bangunan bergaya Eropa klasik bekas pabrik gula

Pengunjung bisa berburu foto pedalaman dan di luar. di daerah pedalaman wisatawan dapat menikmati fasilitas tersebut persegi foto tiga dimensi, Museum Angkut yang berisi mobil antik, dan Omah Kwalik yaitu persegi foto bertema terbalik yang unik.

Selama di daerah di luarpengunjung bisa berfoto di taman dengan latar belakang bangunan cantik bergaya klasik Eropa.

Jam buka Heritage Palace adalah pukul 09:00 hingga 16:30 WIB untuk penjualan tiket. Namun, pengunjung yang sudah berada di dalam Cagar Budaya diperbolehkan mengunjungi kawasan tersebut hingga pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: 4 Tips Berkunjung ke Heritage Palace untuk Mendapatkan Foto yang Bagus

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button