Berita Wisata

Dari kota pelajar hingga kota seniman, inilah arti dari 4 julukan kota Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta memang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang diapresiasi karena keragaman karakteristiknya. Predikat khusus yang diberikan kepada Yogyakarta dimulai pada masa pendudukan pemerintah Belanda.

Saat itu, Yogyakarta berperan penting dalam memperjuangkan Indonesia. Selain disebut kota istimewa, berikut sederet julukan kota Yogyakarta.

1. kota pelajar

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Julukan itu diberikan karena banyak pusat pendidikan yang berdiri di kawasan ini.

Hal ini membuat banyak siswa tertarik untuk belajar di Yogyakarta. Salah satu pusat pendidikan di Yogyakarta adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) yang pada awal pendiriannya bernama Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Nasional.

Selanjutnya makna julukan kota Yogyakarta sebagai kota pelajar juga terdapat pada simbol-simbol fisik dan sosial Yogyakarta. Institusi pendidikan di Yogyakarta dinilai cukup lengkap.

2. Kota Gudeg

Yogyakarta memang dikenal memiliki beragam kuliner khas, salah satunya yang mengenyangkan. Gudeg adalah makanan olahan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan.

Saat berkunjung ke Yogyakarta, gudeg menjadi salah satu menu yang wajib dicoba. Karena itulah Yogyakarta akhirnya dijuluki kota Gudeg.

3. Kota wisata

Tidak diragukan lagi bahwa Yogyakarta adalah salah satu tujuan yang paling banyak dikunjungi selama musim liburan. Bahkan, kota ini juga banyak diminati pada hari-hari biasa.

Pasalnya, di kota ini terdapat banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi. Anda bisa menikmati berbagai destinasi wisata mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata seni, wisata pendidikan, dll.

4. Kota Seniman

Kesenian dan Yogyakarta adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Berbagai pertunjukan seni diselenggarakan secara rutin di sana. Selain itu, kota ini juga kerap melahirkan seniman-seniman besar Indonesia, yakni Nyi Tjondrolukito, Bagong Kussudiardja, Hendra Cipta, Linus Suryadi AG, Butet Kertaradjasa, Djaduk Ferianto, Garin Nugroho, Pongki Barata, Sheila on 7, Letto, Kunto Aji, et al. .

(Resla Aknita Chak)

Puncak peringatan HUT Kota Yogyakarta ke-262 dimeriahkan dengan diadakannya Karnaval Malam Wayang Jogja ke-3 yang dipusatkan di Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button