Tempat Wisata

Pesona Pantai Matras, surga laut yang tersembunyi dan eksotis di Bangka

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pantai J L. Matras, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Cab.Bangka, Kepulauan Bangka-Belitung; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Berbicara tentang pesona alam yang ada di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung memang tidak ada habisnya. Misalnya dari sektor pariwisata berupa pantai, ada Pantai Matras dengan pesona alamnya yang eksotis. Pantai ini adalah salah satu yang tertua di pulau yang juga dikenal sebagai Babel. Tak heran jika banyak wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang berkunjung setiap hari, meskipun hari sedang aktif.

Kegiatan liburan seharusnya tidak hanya mengisi waktu, tetapi juga menyegarkan pikiran dari kesibukan sehari-hari. Pilihan terbaik untuk menghilangkan rasa bosan adalah dengan menikmati pemandangan alam, terutama pantai. Apalagi jika pantai yang dikunjungi menawarkan panorama alam yang mempesona, seperti yang akan kita bahas bersama kali ini.

Begitu menginjakkan kaki di Pantai Matras, Anda sudah bisa merasakan pesona alam yang hadir dengan sendirinya. Dedaunan pohon kelapa yang menjulang tinggi melambai menghiasi objek wisata ini dengan sangat jelas. Deretan pohon rindang yang indah terlihat dari balik pohonnya, selalu menyejukkan mata. Tentu bukan hanya itu alasan mengapa banyak turis datang, melainkan karena daya tariknya.

Daya tarik itu milik Pantai Matras

Atraksi pantai kasurSumber Gambar: Google Maps Apeade _e

Pasti Anda bertanya-tanya apa sebenarnya daya tarik dari pantai yang juga menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Bangka ini. Pasalnya, hampir setiap objek wisata berupa pantai menyuguhkan pemandangan alam yang sama. Ada benarnya juga, tapi tentu saja luas dan kontur pantainya berbeda. Silakan lihat objek wisata Pantai Matras berikut untuk detailnya!

1. Indahnya pesona air jernih Pantai Mat

Dari jauh, setelah sampai di tempat itu, Anda bisa melihat jernihnya air dari pantai yang indah ini. Kejernihan airnya memiliki warna kebiruan, hampir mirip dengan warna biru langit. Anda bahkan mungkin mengira bahwa warna tersebut berasal dari pantulan langit. Tentu tidak, karena pada dasarnya air di pantai ini sebenarnya berwarna bening kebiruan.

Ini adalah salah satu atraksi paling memikat bagi wisatawan. Seperti yang Anda tahu, tidak semua pantai memiliki air biru jernih. Apalagi jika pantai tersebut berada di kawasan perkotaan yang sudah tercemar limbah pabrik atau habitat air lautnya sudah rusak. Bahkan dari kejernihan airnya, Anda bisa melihat bebatuan kecil bercampur pasir terhampar di bawah air.

2. Hamparan pasir putih yang luas

Daya tarik selanjutnya adalah pantainya yang luas dengan pasir putih yang indah bertekstur halus. Pantai Matras membentang lebih dari 3 kilometer dan lebarnya sekitar 20 hingga 30 meter. Bagi yang sering mengunjungi tempat wisata berupa pantai, kawasan ini tentu menjadi pemandangan yang tidak bisa ditandingi oleh pantai lainnya.

Ada dua bagian pantai panjang, yaitu utara dan selatan. Di utara, pasir pantai seolah tiada habisnya. Ada alasannya, karena jarak 3 kilometer bukanlah jarak yang pendek. Di sisi lain, di bagian timur terlihat jelas batu-batu granit dengan berbagai ukuran yang menambah eksotisme pantai.

3. Susunan batu granit di pantai

Batuan granit di sepanjang pantai Matras cukup banyak sehingga Anda bisa melihatnya dengan jelas. Ada titik di mana batu-batu itu tersusun rapi, mulai dari yang terbesar di bawah hingga yang terkecil di atas. Para wisatawan yang datang berkunjung pun tidak mau melewatkan kesempatan indah ini dengan menjadikannya sebagai background foto.

Seperti diketahui, bebatuan granit memang menjadi ciri khas objek wisata pantai di Kepulauan Bangka Belitung. Berbeda dengan tempat lain yang justru dihuni oleh koloni batu karang. Granit memiliki permukaan yang halus dan tidak tajam, sehingga Anda juga dapat berjalan tanpa alas kaki dengan aman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai kasurKredit foto: Google Maps Agus Makmun Assyari

Pastikan Anda pergi ke Jl. Pantai Matras, Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung jika ingin mengunjungi objek wisata ini. Usahakan membawa kendaraan sendiri, baik sepeda motor atau mobil. Hal itu karena angkutan umum masih jarang ditemukan, meski memang ada beberapa yang bisa mengantarkan Anda ke pantai.

Jarak yang harus Anda tempuh setidaknya 40 kilometer dari Bangka Belitung yaitu Pangkalpinang. Estimasi waktu tempuh untuk rute ini antara 1 jam sampai 1,5 jam tergantung kecepatan kendaraan. Jika Anda berada di titik kota Sungaililiat, jaraknya sekitar 7 kilometer. Jika Anda datang dari jauh dan tidak memungkinkan membawa kendaraan sendiri, tersedia persewaan mobil dengan harga yang cukup terjangkau.

Biaya masuk ke objek wisata

Harga tiket Mattress BeachKredit Foto: Google Maps Ramadhani Prastyantoro

Hampir setiap objek wisata memungut harga sebagai tiket masuk, seperti halnya Pantai Matras. Dibandingkan dengan pantai lain yang masih ada di Kepulauan Bangka Belitung, biaya yang harus Anda keluarkan relatif lebih murah. Dengan tiket masuk sebesar 5.000 rupiah, Anda bisa menikmati panorama alam yang indah sepuasnya.

Selain parkir kendaraan, hampir tidak ada biaya lain yang perlu dikeluarkan. Hal ini juga berlaku jika Anda datang dengan kendaraan pribadi. Ada biaya parkir sebesar 2.000 rupiah untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor. Hal ini tentu saja berbeda dengan tarif roda empat atau mobil yang dikenakan biaya parkir 5.000 rupiah di tempat wisata.

Aktivitas menarik di pantai Matras

Aktivitas di Pantai KasurKredit foto: Google Maps Stefanus Dedy

Bukan hanya daya tariknya yang membuatnya selalu dipadati pengunjung. Berbagai kegiatan yang bisa dilakukan juga menjadi alasan kuat. Berikut beberapa aktivitas yang paling cocok saat menghabiskan liburan di Pantai Kasur!

1. Berenang di permainan air

Tentunya aktivitas yang berhubungan dengan air menjadi hal yang paling penting saat mengunjungi pantai. Arus air laut yang tenang menjadi alasan lain wisatawan untuk berenang. Apalagi saat ombak di pantai cantik ini tidak terlalu besar. Namun, setiap pengunjung diharapkan selalu berhati-hati dalam melakukan aktivitas ini. Cukup banyak kasus yang memakan korban saat mereka memutuskan untuk berenang.

Jika Anda khawatir, sebaiknya lakukan aktivitas ringan seperti bermain air di pantai. Meski mudah, kegiatan ini cukup menyenangkan dan banyak juga dilakukan oleh wisatawan. Supaya terlihat lebih berisi, bermain air bersama keluarga pasti menyenangkan.

2. Serunya bermain pasir pantai

Tak hanya sekedar berenang atau bermain air, lembutnya pasir Pantai Mat juga asyik untuk dimainkan. Anda bisa mengajak anak membuat benda dari pasir. Tentunya untuk membangun sebuah objek anda harus mengambil pasir di pinggir pantai yang terkena air laut. Bahkan ada beberapa pengunjung yang membangun terowongan pasir dan menyelam ke dalamnya. Jika tertarik, Anda juga bisa meniru kegiatan seru ini.

3. Olahraga ringan di pantai

Meski berupa pantai, bukan berarti tidak bisa dijadikan sarana olahraga. Anda bisa berjalan-jalan santai menyusuri pantai sepanjang 3 kilometer, tentu saja jaraknya tidak pendek. Kegiatan ini sangat menyehatkan, apalagi suasana pantai dengan udara sejuk yang masih alami, jauh dari polusi. Sesekali Anda bisa menikmati indahnya panorama yang disuguhkan.

4. Sensasi camping di pantai Matras

Kegiatan Pantai MatKredit foto: Google Maps Irwan Syah

Kawasan pantai memiliki sesuatu yang menarik yang tidak Anda dapatkan dari tempat lain. Kawasan ini juga menawarkan tempat perkemahan yang tidak jauh dari pantai. Pengunjung yang berminat dapat menyewa tenda dengan harga relatif murah dari pihak pengelola dengan harga yang telah ditentukan.

Kali ini bukan angin gunung yang kamu rasakan, melainkan angin laut yang terkadang sejuk namun kebanyakan membuat kulit menjadi kering. Kegiatan ini tentu kurang seru jika dilakukan seorang diri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa rombongan saat berwisata ke pantai yang mempesona ini.

5. Nikmati kelezatan makanan khas Bangka Belitung

Jangan lupa nikmati makanan khas Bangka Belitung dengan cita rasa yang nikmat. Ada beberapa warung makan di lokasi dengan harga terjangkau. Jika ingin sesuatu yang istimewa, ada juga restoran yang menawarkan aneka seafood dan jenis makanan lainnya. Bagi yang tidak ingin pulang dengan tangan kosong pasti harus membeli oleh-oleh di Hawker Center yang juga tidak jauh dari pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai MatKredit foto: Google Maps Dhany Ayu

Liburan di pantai Matras menjadi semakin nyaman dengan berbagai fasilitas yang disediakan pengelola. Ada beberapa fasilitas penting yang wajib ada di setiap tempat wisata, semuanya juga tersedia di pantai cantik ini. Toilet yang bersih dan selalu ada air mengalir, kamar siram tertutup untuk menjaga privasi, dan musala sebagai tempat ibadah.

Selain ketiga fasilitas tersebut, ketersediaan tempat parkir juga menjadi hak setiap wisatawan. Warung dan restoran di atas juga merupakan fasilitas yang bisa Anda gunakan. Tersedia juga akomodasi mulai dari harga termurah hingga termahal. Gazebo di beberapa spot pantai juga bisa dijadikan tempat istirahat sebelum melakukan aktivitas menarik lainnya.

Ini adalah beberapa hal menarik yang perlu Anda ketahui dan yakinkan diri Anda sebelum berkunjung. Mulai dari atraksi, fasilitas, harga tiket hingga aktivitas seru yang bisa dilakukan, semuanya sudah dibahas secara detail. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya bagi anda yang masih meragukan keindahan dan keeksotisan Pantai Matras.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button