Berita Wisata

Raih Nuansa Baru, Set Hutan Bambu Penglipuran

BANGLI, NusaBali
Pengelola objek wisata Desa Adat Penglipuran, Desa Kubu, Kabupaten Bangli kini mengelola kawasan hutan bambu di kawasan wisata setempat.

Penataan ini untuk menciptakan nuansa baru di tempat wisata yang terkenal bersih ini. Selain itu, paket wisata Penglipuran Authentic Dinner juga akan dikembangkan. Pengelola Objek Wisata Desa Penglipuran I Wayan Sumiarsa mengatakan pada tahun 2023 Desa Wisata Penglipuran juga akan mengembangkan hutan bambu, sebagai ikon baru Desa Wisata Penglipuran. Disebutkan, daya tarik wisata hutan bambu ini berupa spot foto yang tidak ditemukan di tempat lain. Spot foto berupa lorong-lorong bambu sepanjang 250 meter.

“Meski berada di hutan bambu, konsep awal kami tetap menjaga kelestarian lingkungan, sehingga hanya digunakan ruang-ruang tertentu saja,” jelasnya, Minggu (8/1).

Lanjutnya, selain spot foto, hutan bambu juga akan dilengkapi dengan warung UMKM bernama Pasar Pelipur Lara. Stand UMKM ini juga dibangun dari bambu, namun tidak terlalu besar. UMKM ini menjual produk khas Penglipuran. “Pengembangan hutan bambu sudah tercapai, dengan target selesai akhir Maret 2023. Rencananya kita buka pada Hari Api Nyepi. Karena bertepatan dengan Ngembak, jumlah kunjungan meningkat. Selama Pembukaan juga direncanakan untuk menata tempat-tempat wisata,” ujarnya.

Untuk makan malam otentik Penglipuran, Wayan Sumiarsa mengatakan bahwa paket wisata ini harus memberikan pengalaman berbeda bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana desa Penglipuran di malam hari. Makan malam dikemas dalam konsep magibung atau makan bersama.

Makanan yang disajikan khas Penglipuran. Harga per orang mulai dari Rp 250.000. Pihaknya fokus pada menu lokal di Penglipuran. Semua hidangan ini disiapkan oleh penduduk asli desa Penglipuran, karena tujuan utamanya adalah untuk memberdayakan masyarakat setempat.

“Setelah melalui tiga masa uji coba paket wisata ini sejak September 2022, kami sudah siap. Selama masa uji coba, cukup banyak agen perjalanan yang mengajukan pertanyaan,” akunya. *sebuah

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button