Berita Wisata

Berhasil Kembangkan Potensi Alam, Desa Tuan Rumah PLN Raih Penghargaan Desa Mandiri PDTT 2022

Berita Surabaya

SURYA.co.id, SURABAYA – PT PLN (Persero) Unit Distribusi Induk (UID) Jawa Timur mengumumkan salah satu desa tuan rumah meraih Penghargaan Desa Mandiri Tahun 2022 dari Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Desa tersebut adalah Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember yang terkenal sebagai desa wisata di kawasan Jalan Selatan Jember – Banyuwangi.

Direktur Senior Komunikasi dan Umum PLN UID Jatim Hamzah mengatakan, program desa wisata Sidomulyo menjadi salah satu program unggulan yang meraih prestasi melalui penghargaan ISDA tahun 2022.

“PLN tentu senang jika apa yang kami berikan kepada masyarakat benar-benar memberikan manfaat yang luas. Terutama bagi perekonomian desa,” kata Hamzah, Senin (9/1/2023).

Lebih lanjut Hamzah mengatakan, desa ini telah dibantu oleh PLN UID Jawa Timur sejak tahun 2018.

Dikembangkan sebagai desa wisata karena letaknya yang berada di kaki Gunung Gumitir, serta potensi alamnya yang bagus, dengan lahan perkebunan yang subur dan menjadi penopang ekonomi utama bagi masyarakat sekitar.

“Masyarakat yang melakukan perjalanan dengan kendaraan melalui Jember menuju Banyuwangi, seringkali menjadikan lokasi desa sebagai tujuan yang tepat untuk beristirahat sebelum memasuki kawasan pegunungan,” jelas Hamzah.

Saat ini sudah ada paket wisata desa yang bisa dinikmati pengunjung hanya dengan membayar Rp 50.000, mereka bisa berkeliling desa ke tempat beternak domba, melihat kerajinan akar alami, bertanya tentang kopi dan pengolahannya, mengunjungi rumah batik dan menuju ke Sendang Tirto. Gumitir.

“Melalui kegiatan wisata ini, masyarakat desa Sidomulyo diberdayakan sepenuhnya untuk memberikan kegiatan edukasi, melakukan kegiatan usaha penunjang yang menunjang pemulihan ekonomi desa wisata, seperti penginapan homestay, persewaan sepeda untuk kegiatan khusus bersepeda di hutan pinus, dan menjadi pelaku industri kreatif untuk mendukung wisata budaya,” jelas Hamzah.

Melalui kerjasama antara PLN Peduli dengan Desa Sidomulyo sejak tahun 2018 berhasil mendorong perekonomian desa dengan membentuk sejumlah Usaha Mikro Kecil (UMK) baru untuk mendukung wisata alam.

Lurah Sidomulyo Kamiluddin menambahkan dengan dukungan PLN Peduli Desa Sidomulyo ini diharapkan terus meningkatkan pemerataan ekonomi masyarakat dan mendorong kemandirian ekonomi desa.

“Berbagai prestasi mengantarkan Desa Sidomulyo memperoleh status Desa Mandiri dari Kementerian Desa pada tahun 2022. Memiliki status mandiri menunjukkan secara ekonomi, sosial dan lingkungan baik sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan menjadikan masyarakat lebih sejahtera,” kata Kamiluddin.

Adanya pariwisata dan berdirinya UMK baru di desa ini membawa perubahan besar bagi masyarakat.

“Banyak orang yang mendapatkan mata pencaharian baru, menjadi lebih mandiri, dan dapat menyalurkan kreativitasnya melalui kegiatan yang bernilai ekonomi,” pungkas Kamiluddin.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button