Tempat Wisata

Wisata Alam Kalibiru, destinasi wisata alam hits & kekinian di Jogja

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 08.00 – 16.00 WIB, Alamat: Waduk J L. Sermo, Hargowilis, Kalibiru, Kec. Kokap, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Tentunya sangat menarik untuk menikmati pemandangan alam sambil mencoba wahana seru untuk mengisi liburan. Jika Anda tertarik, ada objek wisata bernama Wisata Alam Kalibiru di Kulon Progo, Yogyakarta. Panorama alam eksotis yang membuat semua orang terpana menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang mengunjunginya. Selain itu, beberapa waktu lalu, seorang sosialita mengunggah foto liburannya ke akun media sosialnya.

Pesona alam yang indah sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk memikat siapapun untuk datang. Udara sejuk dan segar saat pertama kali menginjakkan kaki. Bagaimana tidak, tempat wisata ini dibangun di atas lahan yang luas dengan ketinggian 450 mdpl. Rindangnya pepohonan dengan warna hijau menjadi pemandangan yang pasti untuk dilihat.

Wisata Alam Kalibiru dulunya merupakan hutan yang subur dengan berbagai pepohonan menghiasinya. Namun seiring berjalannya waktu, penebangan liar membuatnya jauh dari cantik. Dengan dukungan warga sekitar, pemerintah berhasil melakukan penggarapan kembali sebagai objek wisata yang sedang diminati. Berbagai jenis pohon juga menghiasi lanskap perbukitan alami ini, antara lain pohon jati, pinus, dan kayu putih.

Daya tarik wisata alam Kalibiru

Obyek wisata alam KalibiruKredit foto: Google Maps Kevin Arf

Ada alasan lain kenapa banyak pengunjung yang memilih menghabiskan waktu liburannya di sini. Alasan tersebut bermula dari daya tarik Kalibiru Jogja yang membuat semua orang mengaguminya. Selain itu tentunya ada beberapa hal lain yang tidak kalah menarik untuk dibahas.

1. Pesona wisata alam Kalibiru yang menakjubkan

Sudah bukan rahasia lagi kalau Kalibiru Jogja memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Aneka tanaman rindang tumbuh di sepanjang jalur saat fajar menyingsing sebagai penghias alam. Ada juga beberapa tanaman hias yang sengaja dirawat seperti anggrek, mawar, lili dan masih banyak lagi lainnya.

Dari atas bukit Anda dapat dengan jelas melihat pesona alam dari bawah yang terdiri dari hamparan hutan yang sangat luas. Di sisi lain terdapat waduk sermo dengan kontur berliku-liku yang menampakkan keindahan alam. Waduk ini digunakan sebagai pusat pengairan sawah dan juga untuk kebutuhan air masyarakat Jogja.

Di beberapa tempat terdapat menara observasi di atas pohon pinus. Bentuknya yang bervariasi menjadi daya tarik tersendiri. Ada bentuk lingkaran biasa, bentuk hati, dan kotak sederhana. Fungsi bangunan menara observasi tidak lain adalah sebagai tempat di mana Anda dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan dari ketinggian.

2. Suasana sejuk alami khas perbukitan

Selain pemandangan alamnya yang indah memukau wisatawan, suasana sejuk alami menjadi daya tarik lain yang patut diperhitungkan. Memang tidak ada ruginya mengunjungi wisata alam Kalibiru dengan suasana asri dan hijau. Pemandangan alam berupa semak belukar dan tanaman hias menghiasi setiap mata yang melihatnya.

Letaknya yang cukup jauh dari pusat kota membuatnya lebih sejuk tanpa polusi polusi udara. Dari ketinggian hampir setengah kilometer, udara di lokasi tersebut tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Apalagi jika Anda datang setelah musim hujan, suasana sejuk dan asri ditambah dengan warna hijau dedaunan setelah hujan.

3. Berbagai wahana yang menantang dan seru

Jika pemandangan dan suasana yang indah masih belum cukup memikat Anda untuk datang ke Wisata Alam Kalibiru, keberadaan wahana di tempat ini pasti akan membuat Anda tertarik. Sebagian besar wahana ini sangat menantang dan bisa memompa adrenalin. Sebut saja Flying Fox yang mengharuskan Anda bergelantungan di tali dari ketinggian tertentu.

Sebagian besar pengunjung pasti akan melihat sekilas salah satu permainan high wire terpenting, yaitu jembatan gantung, dari tempat wisata ini. Ada sebuah jembatan dengan pondasi kayu yang diperkuat dengan tali. Pinggirannya yang juga berfungsi sebagai pegangan terbuat dari tali. Saat Anda melewati ketinggian, Anda benar-benar merasakan goyangan jembatan yang memberikan perasaan menyenangkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Alam KalibiruSumber gambar: Google Maps Terence Luk

Lokasinya strategis, sehingga mencari tempat wisata yang berada di tengah pemandangan alam ini tidaklah sulit. Jalan Waduk Sermo, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, inilah alamat lengkap yang harus Anda kunjungi untuk mengunjungi wisata alam Kalibiru. Jaraknya sekitar 35 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dengan sepeda motor atau mobil.

Sebagai titik awal, anggap saja Anda berada di Molioboro sekarang, lalu ambil arah ke Purworejo. Langsung dari jalan utama anda tiba di Terminal Wates, lanjutkan berkendara hingga tiba di Waduk Sermo. Ambil rute ke Kalibiru yang hanya memakan waktu beberapa menit. Begitu sampai di Kalibiru, silakan lihat papan petunjuk yang akan memandu Anda ke tempat tujuan.

Biaya masuk ke objek wisata

Harga tiket wisata alam KalibiruKredit foto: Google Maps Fauzi Anggoro

Siapkan biaya sebelum masuk ke tempat wisata alam di Kalibiru karena ada biaya masuk untuk setiap pengunjung. Untuk wisatawan lokal, biaya masuknya adalah 10.000 rupiah. Turis asing, sementara itu, dikenakan bea ganda sebesar 20.000 rupiah. Parkir kendaraan juga tidak gratis, meski sebenarnya cukup murah. Mobil berharga 5.000 rupee, kendaraan roda dua 2.000 rupee.

Selain biaya yang disebutkan, kamu juga harus mengeluarkan biaya lebih jika ingin menggunakan spot foto tertentu. Harganya bervariasi tergantung tempat yang disediakan. Yang termurah harganya sekitar 10.000 rupiah sedangkan yang termahal bisa mencapai hingga 30.000 rupiah. Tidak masalah jika Anda tidak ingin menggunakan spot foto yang dimaksud, karena banyak spot liar yang menawarkan pemandangan indah.

Aktivitas Menarik di Wisata Alam Kalibiru

Aktivitas di wisata alam KalibiruSumber gambar: Google Maps Wisata Kalibiru

Tentunya dengan perpaduan keindahan alam dan berbagai wahana atau permainan yang ada, banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Wisatawan yang datang ke Kalibiru Jogja pasti akan melakukan hal-hal seru berikut ini!

1. Tracking seru ke tempat-tempat wisata

Jarak minimum yang Anda tempuh saat berkendara adalah sekitar 1,5 kilometer, sedangkan jarak terjauh adalah 7 kilometer. Dengan jarak tersebut, aktivitas tracking menjadi lebih nyaman. Tentunya dengan pemandangan indah yang selalu menemaninya. Pepohonan hijau yang rindang selalu menyejukkan mata, begitu pula berbagai hewan liar menghiasinya.

Beberapa hewan yang mudah ditemukan adalah burung, monyet, landak dan juga serangga. Saat berada di puncak bukit yang merupakan bentangan terpanjang sepanjang 7 kilometer ini, Anda bisa melihat indahnya panorama perbukitan dari bawah. Waduk Sermo merupakan salah satu tempat wisata yang ditunggu-tunggu oleh banyak wisatawan.

2. Kegiatan outbond yang menantang

Termasuk daya tariknya, fasilitas pintu keluar yang disediakan oleh Pengelola Wisata Alam Kalibiru menjadi kegiatan wajib yang harus Anda lakukan. Flying Fox adalah salah satu hal terpenting yang harus ditaklukkan terlebih dahulu. Kegiatan ini bisa memacu adrenalin dan tidak semua orang berani melakukannya. Anda tidak perlu khawatir tentang masalah keamanan karena semuanya sesuai dengan standar keamanan saat ini.

Jika kurang menantang, jembatan gantung mungkin akan membuat nyali Anda ciut. Lagi pula, jembatan penyeberangan yang harus Anda lewati tidak terlalu besar. Dengan setiap langkah, jembatan selalu bergoyang tanpa arah. Apalagi saat angin kencang membuat perasaan semakin seram. Tiang-tiang balok kayu siap menghalangi langkah dan bahkan mungkin membuat Anda tersandung.

Namun, mungkin ada hal-hal yang mengalihkan perhatian Anda saat berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya. Dari bawah Anda memiliki pemandangan indah tanpa batas. Untuk menguji nyali dengan permainan ini, anak-anak membayar biaya sebesar 5.000 rupiah sedangkan orang dewasa membayar 10.00 rupiah. Tentunya harga tersebut masih sangat murah dibandingkan dengan sensasi seru yang Anda dapatkan.

3. Hunting foto dengan panorama perbukitan

Aktivitas menarik di wisata alam KalibiruSumber gambar: Google Maps Wisata Kalibiru

Dibangunnya spot-spot foto keren berbagai bentuk ini ditujukan bagi para wisatawan yang ingin mengabadikan momen-momen seru dalam liburannya. Sebagian besar berupa gardu induk atau menara pengintai yang dibangun di atas pohon pinus. Tentu saja, posisi spot tempat dibangunnya spot tersebut tidak sembarangan, karena langsung mengarah pada pemandangan alam yang indah.

Keamanannya juga terjamin, jadi Anda tidak perlu khawatir. Sedangkan tingginya bisa dikatakan lumayan, ada tali yang digunakan sebagai pengaman. Tali tersebut akan diikatkan pada pengunjung Wisata Alam Kalibiru sebagai tindakan pencegahan. Seperti yang telah disebutkan, diperlukan biaya tambahan untuk menaiki menara.

4. Berburu kuliner

Setelah menikmati pemandangan indah dari atas bukit, aktivitas selanjutnya yang juga cocok adalah menikmati makanan khas Jogja. Kali ini tentu berbeda jika Anda menikmatinya di tempat lain. Sambil menyantap hidangan lezat, pemandangan dan suasana yang asri juga menjadi momen yang tak terlupakan.

Jika merasa cuaca sedang dingin, silahkan pesan kopi atau teh panas. Ada juga minuman khas Jogja berupa wedang jahe yang sangat baik untuk menghangatkan tubuh. Harganya juga bersahabat, tidak terlalu mahal untuk sekelas tempat wisata alam. Jika kurang yakin, silahkan tanyakan terlebih dahulu berapa harga yang ditawarkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas wisata alam KalibiruSumber gambar: Google Maps Ibnu Adi

Wisata Alam Kalibiru menyediakan fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Seperti halnya tempat wisata lainnya, toilet yang bersih dan nyaman bisa Anda gunakan untuk buang air besar atau kebutuhan lainnya. Di sudut lain terdapat mushola, yang meskipun kecil, tetap bisa digunakan sebagai tempat ibadah.

Sebelum memasuki tempat wisata alam yang indah ini, terdapat tempat parkir yang cukup luas dengan keamanan yang terjamin. Juga warung makan di sekitar tempat wisata merupakan fasilitas wajib yang harus ada di setiap tempat wisata. Kalaupun harus membayar dengan nilai tertentu, harganya masih relatif murah.

Masih di spot yang sama, terdapat tempat duduk yang bisa Anda gunakan sebagai tempat istirahat sementara sebelum melanjutkan aktivitas. Sebagian besar pengunjung juga menggunakannya untuk spot foto liar karena pemandangan di sekitarnya masih asri dan cukup asri. Tentunya kali ini tidak ada biaya tambahan, seperti halnya jika menggunakan spot foto menara observasi.

Sangat menarik membicarakan wisata alam Kalibiru Jogja dengan pesona alamnya yang luar biasa. Tentu saja, setelah Anda mengetahui berbagai atraksi dan aktivitas yang dapat Anda lakukan, Anda mungkin ingin segera berkunjung. Setidaknya bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk melengkapi koleksi objek wisata di nusantara.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button