Berita Wisata

Museum Ullen Sentalu, tempat wisata estetik, belajar tentang budaya dan kehidupan bangsawan kerajaan Mataram

JURNALACEH.COM- Museum Ullen Sentalu merupakan museum yang menampilkan budaya dan kehidupan bangsawan Dinasti Mataram yaitu Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Mangkunegaran Praja, dan Kadipaten Pangkualam yang juga mengoleksi berbagai jenis batik Jogja dan Solo.

Nama Ullen Sentalu sebenarnya berasal dari akronim bahasa Jawa yaitu “ULating BLENcong SEjatiNe TAtaraning Lumaku” yang berarti nyala lampu blencong yang berfungsi sebagai pedoman manusia untuk berjalan dan meniti kehidupan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Wisata Unik Boyolali yang Bikin Kamu Puas, Yuk Intip!

Di dalam museum ini pengunjung bisa melihat banyak lukisan dan foto para bangsawan dari kerajaan Mataram, koleksi kain batik Solo dan Jogja, gamelan kuno, arca Hindu dan Buddha, serta peninggalan lainnya.

Meski memiliki banyak koleksi unik, pengunjung tidak diperbolehkan mengambil foto apapun di hampir semua area museum ini.

Tapi jangan khawatir, sudah disediakan spot foto khusus di luar museum yang tentunya instagenic.

Salah satu spot foto yang banyak diminati pengunjung adalah replika miring relief candi Burobudur. Replika ini dibuat sedemikian rupa untuk benar-benar menggambarkan menurunnya minat generasi muda terhadap seni budaya Jawa.

Baca juga: Sangat Instagramable! Inilah tempat wisata di Kudus yang cocok untuk dikunjungi di tahun 2023

Kehadiran objek wisata Ullen Sentalu ini bisa menjadi ajang pamer peradaban seni dan budaya Jawa yang pernah berjaya pada masanya dengan berbagai koleksinya.

Museum Ullen Sentalu terletak di kawasan pegunungan Sleman dan berdiri di atas lahan seluas 1,2 hektar. Karena terletak di lereng Gunung Merapi, udara di sekitar museum ini sejuk dengan suhu sekitar 25 derajat Celcius.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button