Berita Wisata

Pantai Makessing ni Tauwwa Merpati

BugisPos, Bulukumba,- Ruang publik lain di Kota Bulukumba adalah tempat bertemunya warga Bulukumba dengan pengunjung dari luar. Tempat ini merupakan kawasan pantai Merpati yang saat ini sedang diselesaikan.

Itu pernah rusak dan dapat dianggap sebagai area yang terabaikan. Saat itu hanya ada kegiatan nelayan dan budidaya rumput laut, bahkan tempat tersebut sering menjadi pusat pembuangan limbah.

Saat ini, seiring berjalannya waktu, kawasan pantai Merpati menjelma menjadi kawasan yang digemari masyarakat, terutama untuk menikmati senja sore hari.

“Membuat Pantai Merpati Tauwwa” (Baik mi Pantai Merpati),” kata Andi Mawar, yang akrab disapa Karaeng Bau.

Salah satu visi dan misi Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf untuk menata kawasan pesisir menjadi program pencegahan dan penanggulangan permukiman kumuh perkotaan.

Masyarakat sangat antusias untuk berbondong-bondong menyaksikan kehadiran senja, atau sekedar datang untuk jalan-jalan santai sambil menikmati kuliner di pesisir pantai. Tempat ini juga menjadi tempat jogging pagi dan sore.

Akhirnya Pantai Merpati Kabupaten Bulukumba mulai dilirik pengunjung. Tampak ramai di sepanjang pantai. Menurut seorang pengunjung, dirinya sangat terpesona dengan tata letak kawasan Pantai Merpati.

“Saya sangat salut dengan terobosan Pemda Bulukumba, terutama ide-ide cemerlang bupati dan camat serta dinas yang mengurusi pekerjaan ini karena Pantai Merpati yang dulunya hanya ‘perkampungan kumuh’ saja. kawasan yang terbengkalai, kini menjadi objek wisata yang bisa dinikmati oleh saya dan masyarakat Bulukumba maupun luar Bulukumba,’ kata Farid, salah seorang pengunjung.

Tata letak kawasan Pantai Merpati dirancang menjadi kawasan multifungsi sebagai taman, sarana olahraga, dan tempat kuliner. Kemudian menjadi wadah kerjasama dengan seniman, pelaku UMKM dan masyarakat pesisir untuk mendapatkan ruang yang tepat dan tepat sasaran.

Menurut Sarif selaku pengawas, pantai Merpati ramai pengunjung setelah tahun baru.

“Pengunjung datang berbondong-bondong setelah tahun baru padahal sebelumnya pengunjung sudah mulai dan ini akan menjadi icon baru di Bulukumba untuk mendongkrak PAD dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Bulukumba dan sekitarnya,” ungkapnya.

Andi Ayatullah Ahmad, Humas Diskominfo Bulukumba, mengatakan penataan kawasan pantai Merpati merupakan komitmen pemerintah saat ini sebagai bagian dari upaya peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Akan ada tempat wisata, olah raga, dan kegiatan ekonomi masyarakat. Saya yakin kawasan ini menjadi tempat berkumpulnya seluruh elemen masyarakat seni, pelaku ekonomi, olah raga, bahkan akan menjadi ikon baru Bulukumba,” dia berkata. Menjelaskan.

Sebelumnya, Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf mengatakan, di kawasan ini akan dibuatkan ruang bagi para seniman atau galeri seni untuk memajang karya-karyanya yang bisa dinikmati warga dan pengunjung, terutama di akhir pekan.

Redaktur Suaedy

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button