Berita Wisata

Banjir sampah Pantai Citepus Sukabumi, begini keadaannya

Honda-Divine-Power-Motor

SUKABUMI – Akibat hujan deras akhir-akhir ini, dampak timbunan sampah berserakan di kawasan objek wisata Pantai Citepus Muara yang terletak di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Dengan semakin banyaknya sampah yang berserakan di sekitar kawasan pantai Citepus Muara dikhawatirkan jika dibiarkan terlalu lama akan semakin sulit untuk dibersihkan atau ditangani, seperti yang terjadi di kawasan pantai. Loji, Kecamatan Simpenan.

Keprihatinan diungkapkan oleh Nuraeni (39) warga Palabuhanratu yang mengatakan, menurut pengamatannya, tumpukan sampah yang berserakan di kawasan itu sudah lama terjadi dan semakin hari semakin bertambah, padahal sejumlah orang sudah dilakukan upaya untuk mengatasinya.

Nuraeni menduga, tumpukan sampah yang sebagian besar berupa ranting kayu dan juga sampah plastik, botol pop, dan sampah rumah tangga itu disebabkan masyarakat yang sembarangan membuang sampah ke sungai.

“Kalau terlalu lama didiamkan, bukan tidak mungkin, kalaupun setiap hari ada upaya pembersihan semakin banyak, bisa seperti di sana (muara Cimandiri-red),” ungkapnya.

“Walaupun menjadi kawasan wisata setiap akhir pekan atau libur panjang selalu ramai pengunjung, semoga segera ada penanganan dengan menggunakan alat berat agar bersih kembali,” imbuhnya.

Sementara itu, warga Asep Edom Saepulloh mengungkapkan, tumpukan sampah di muara pantai Citepus akibat banjir rob serta air sungai yang beberapa hari ini meluap, membawa sampah dari hulu sungai.

“Ya, akhirnya sampah-sampah yang terbawa dari sungai itu berakhir di pantai kemudian tersapu ombak dan akhirnya berserakan di sekitar muara Citepus,” ujarnya.

“Dalam upaya menjaga kebersihan, selama ini sudah ada petugas DLH binaan masyarakat dengan beberapa kegiatan kemarin menjelang tahun baru, mungkin karena terlalu banyak dan tidak terlihat jejaknya,” lanjutnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button