Berita Wisata

Merupakan tempat wisata religi yang baru diselenggarakan di desa Sirnajaya Rajadesa Ciamis, situs Samida mulai dikenal warga

BERITA DARI PRIANGAN – Wisata Religi dan Edukasi Situs Samida di Desa Sirnajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis kini sudah dikenal dan dikunjungi banyak orang. Warga yang datang tidak hanya dari lingkungan sekitar kecamatan setempat tetapi juga dari luar kecamatan Rajadesa.

Selain memiliki keindahan alam, Situs Samida di Dusun Babakan kini telah dikembangkan oleh Pemerintah Desa Sirnajaya dan Desa Sirnajaya Pokdarwis, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Ketua Pokdarwis Desa Sirnajaya, Abdul Haris mengatakan, situs Samida ada hubungannya dengan Kerajaan Pajajaran. Kini, di situs Samida terlihat beberapa bangunan pendukung seperti pendopo dan kolam renang sedang dibangun.

Baca Juga: Divonis 2 Tahun 6 Bulan Penjara Tahun 2021, Kini Terdakwa Kasus Penipuan CPNS di Ciamis Dihukum Hukuman yang Sama

“Situs Samida sangat membutuhkan campur tangan pemerintah Kabupaten Ciamis. Saya sangat berharap pemerintah Kabupaten Ciamis bisa membantu agar harapan masyarakat desa kami bisa cepat terwujud,” ujarnya. .

Menurut Abdul, jika situs Samida dikelola dengan baik, maka akan mendatangkan banyak manfaat ekonomi, tidak hanya bagi masyarakat Desa Sirnajaya, tetapi juga bagi masyarakat Kabupaten Rajadesa.

“Masyarakat bisa berjualan makanan dan aneka oleh-oleh khas kabupaten Rajadesa di sekitarnya,” ujarnya.

Baca Juga: Modus Konsultan Fiktif, 2 Terdakwa Kasus Smart City Discominfo Kota Tasikmalaya Divonis di Pengadilan Negeri Tipikor Bandung

Sementara itu, menurut Kepala Desa Sirnajaya Ananda, situs Samida bukan hanya milik masyarakat desa Sirnajaya namun kini menjadi milik masyarakat kabupaten Rajadesa. Sehingga sangat membutuhkan bantuan dana dari pihak lain.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button