Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas TAMAN TEBLEK BREKSI Januari 2023

Biaya masuk ke Taman Tebing Breksi: Rp 10.000. Jam buka: 06.00 – 21.00 WIB. Nomor telepon: +62 821-3330-9120. Alamat: gunung. Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55572.

Schlager dan kekinian, mungkin itu yang menggambarkan sebuah destinasi wisata Taman Tebing Breksi Yogyakarta Ini. Bagaimana tidak, tempat wisata yang diluncurkan pada tahun 2015 ini menjadi salah satu destinasi yang banyak diminati tidak hanya warga Jogja tetapi juga wisatawan dari luar daerah.

Sebuah kawasan wisata unik dan artistik yang menyuguhkan tempat wisata berbeda dengan tempat lainnya. Kawasan taman ini merupakan bekas tambang batu alam yang tercipta akibat aktivitas Gunung Api Purba Nglanggeran. Atas rekomendasi ahli geologi, kegiatan penambangan dihentikan karena berbahaya jika dilakukan terus menerus.

Baca: Tiket dan Wahana SINDU KUSUMA Edupark

Agar tetap bisa dijadikan sumber pendapatan warga, pemerintah setempat akhirnya menyulap kawasan bekas tambang itu menjadi tempat wisata bertema geowisata.

Biaya masuk Taman Tebing Breksi

Pengunjung yang mengunjungi taman di puncak tebing ini dikenakan biaya masuk. Harga tiketnya juga sangat murah.

Biaya masuk Taman Tebing Breksi
tiket masuk Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas TAMAN RAINBOW Yogya

Jam buka Taman Tebing Breksi

Taman hiburan ini buka mulai pukul 6 pagi. Ini masih sangat pagi mengingat salah satu daya tarik wisata disini adalah sunrise. Sedangkan untuk jam 9 malam WIB tutup.

jam buka
jam buka 06.00 – 21.00 WIB

Beragam aktivitas dan atraksi menjadi daya tarik utama dari objek wisata ini. Inilah beberapa di antaranya.

Baca: TEMPAT WISATA DI JOGJA: 49 Destinasi Anti Mainstream

mengukir dinding batu

Taman wisata ini, seperti namanya, menyajikan bebatuan breksi yang didominasi warna putih. Menariknya, dinding tebing tersebut tidak dibiarkan begitu saja melainkan dipahat dengan tema yang berbeda-beda.

Ukiran tebing breksiPahatan batu merupakan salah satu daya tarik Taman Tebing Breksi. Foto: Irlando Moggi Prakoso

Ada yang bercerita tentang Taman Tebing Breksi itu sendiri, ukiran wayang, dan yang cukup mencolok adalah ukiran berbentuk naga raksasa. Tak ayal, karya seni ukir ini sangat menggoda pengunjung untuk dijadikan background foto.

Matahari terbit dan terbenam dari atas tebing

Agar lebih variatif, dibangun pula anak tangga yang memungkinkan pengunjung untuk naik ke atas tebing. Dari atas Anda bisa melihat pemandangan alam Jogja yang indah. Waktu terbaik untuk mendaki ke puncak tebing berbatu ini adalah saat matahari terbit atau terbenam.

Baca: Tiket Masuk WORLD MARKS dan Aktivitas Merapi Park Kaliurang

Di kedua waktu tersebut, pengunjung akan beramai-ramai menikmati suguhan panorama yang menawan. Jangan khawatir jika Anda harus datang sepagi mungkin untuk melihat matahari terbit karena Taman Tebing Breksi sudah dibuka sejak pukul 5 pagi.

Amfiteater / Happy Tlatar

Di sisi lain, di kaki bukit dibangun undakan dengan kursi-kursi membentuk setengah lingkaran ampiteater ditelepon Senin di LatarG. Di tengahnya terdapat panggung rumput berbentuk lingkaran besar.

kawasan amfiteater Amfiteater juga sering digunakan untuk berbagai pertunjukan. Foto: Archadius Budi Adi Santosa

Biasanya, kawasan ini digunakan sebagai tempat pertunjukan atau panggung hiburan. Beberapa konser dan festival telah diselenggarakan di Tlatar Seneng, antara lain Campursari, Hadroh, Perkusi dan Festival Seni Tari. Acara santai Ngabuburit juga digelar dengan menampilkan musisi lokal dan nasional.

Aktifitas lain

Bagi pengunjung yang menyukai olahraga ekstrim, di kawasan tebing Breksi juga terdapat area yang dikhususkan untuk panjat tebing dan bersepeda gunung. Tentunya kegiatan ini khusus untuk mereka yang sudah terlatih atau berasal dari masyarakat.

Area restoran dan tempat masakFasilitas di tempat ini juga cukup lengkap, seperti: B. ketersediaan restoran dan stand. Foto: Handika Cipta

Selain itu, karena tebing breksi ini sangat unik, sering dijadikan lokasi prewedding. Fotografer di Jogja biasanya mengetahui tempat dan waktu terbaik untuk mengambil foto.

Fasilitas Penunjang

Tempat parkir mobil di Tebing Breksi cukup memadai dan saat ini sedang diperluas untuk menampung jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat. Fasilitas pendukung lainnya juga telah dibuat dan dikembangkan lebih lanjut. Warung Nasi yang dikelola oleh warga setempat, kini memiliki toilet dan mushola untuk memberikan kemudahan bagi semua pengunjung.

Lokasi Taman Tebing Breksi

Situsnya sendiri terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, sekitar 15 km dari pusat kota Yogyakarta.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button