Tempat Wisata

10 Pantai Terindah Di Padang Yang Wajib Dikunjungi

Inilah daftar pantai terindah di Indonesia padang, Sumatera Barat. Destinasi wisata laut eksotis, populer dan favorit yang wajib anda kunjungi saat liburan bersama orang tersayang.

Saat mendengar kata Padang, pasti yang terlintas di benak Anda adalah makanan khasnya. Namun siapa sangka ibu kota provinsi Sumatera Barat ini memiliki segudang keindahan alam yang sungguh menakjubkan. Padang memiliki beberapa pantai yang indah dan bisa memanjakan mata siapapun yang mengunjunginya. Juga deretan pantai di kota ini pasti memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri.

Penasaran pantai apa saja yang bisa dikunjungi? Berikut sejumlah wisata pantai populer di Padang yang bisa Anda pilih selama liburan.

1. Pantai Nirwana

Atraksi di Pantai NirvanaKredit foto: Google Maps Indra Hutagalung

Salah satu destinasi wisata pantai di Pandang dengan keunikan panoramanya adalah Pantai Nirvana. Pemandangan sunset menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Deburan ombak pantai yang cukup tenang berpadu dengan putihnya pasir pantai menjadikan paket lengkap yang disediakan oleh Pantai Nirwana. Tak ayal, banyak fotografer yang mengunjungi pantai ini hanya untuk memotret keindahannya.

Dari sisi pantai, Anda juga bisa mendapatkan objek pemotretan yang unik, yaitu hiruk pikuk aktivitas kapal yang berlabuh di Dermaga Teluk Bayur. Untuk mengunjungi pantai yang satu ini anda tidak perlu membayar biaya apapun atau tiket masuk alias gratis. Jam operasional Pantai Nirvana adalah dari pukul 06.00 hingga 18.00. Sebagai saran, Anda bisa berkunjung ke pantai ini pada sore hari saat matahari terbenam.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

2.Pantai Padang

Biaya masuk ke Pantai PadangKredit foto: Google Maps Firmansyah

Seperti namanya, destinasi wisata pantai ini sebenarnya terletak di pusat kota administratif Padang. Pihak manajemen dan pemerintah daerah telah hadir dengan konsep yang lebih modern dan ingin menarik minat masyarakat untuk berkunjung. Saat berkunjung ke Pantai Padang, Anda akan disuguhkan fasilitas dan pusat kuliner dengan cita rasa makanan yang dijamin menggoyang lidah.

Untuk menikmati keindahan dan panorama pantai ini anda hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp. Hanya 5 ribu. Dengan harga tiket yang sangat murah, Anda juga bisa melihat langsung keindahan Gunung Padang, kawasan perbukitan yang mengelilingi pantai. Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi pantai adalah bermain layang-layang, bersepeda, berbelanja, dan lainnya.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

3. Pantai Carocok Painan

Pantai Carocok PainanSumber Gambar: Google Maps Muhammad Sopyan

Salah satu destinasi wisata alam yang juga menawarkan pemandangan tak kalah indah dari pantai lainnya adalah Pantai Carocok Painan. Pantai dengan sentuhan modern ini juga menawarkan pemandangan perbukitan sekitar yang menarik. Banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh siapa saja dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah bersantai dan berjemur di bawah terik matahari.

Pantai Carocok juga menawarkan pesona pantai yang sangat cocok sebagai tempat melepas penat atau sekadar berburu kuliner lezat di sekitar pantai. Jika anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata alam ini, anda tinggal mengeluarkan kocek anda untuk membayar tiket masuk sekitar Rp. Hanya 10 ribu. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda bisa menikmati keindahan alam 24 jam nonstop.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Painan, Kec. IV Jurai, Cab.Pantai Selatan, Sumatera Barat.

4. Pantai berpasir Jambak

Pantai berpasir JambakKredit foto: Google Maps Eza Lenza

Salah satu daya tarik yang ditawarkan pantai ini adalah pasirnya yang berwarna coklat. Rindangnya pohon kelapa di pinggir pantai juga membuat suasana lebih tenang dan nyaman. Untuk menuju Pantai Pasir Jambak, Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus, angkutan umum atau kendaraan pribadi. Lokasi Pantai Pasir Jambak berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Padang.

Saat Anda berkunjung Anda bisa melihat deretan perahu nelayan yang terparkir di pinggir pantai. Anda juga bisa menyusuri pesisir pantai dan berinteraksi langsung dengan para nelayan penangkap ikan. Jika lapar setelah jalan-jalan di pantai, Anda bisa mencicipi kuliner khas di beberapa spot pantai. Secara umum rasa masakan yang dijual sangat enak dan menggugah selera.

harga tiket: Rp2.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

5. Pantai Sako

pantai sakkoKredit foto: Google Maps untuk Abduhuu

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, Pantai Sako bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk memotret objek. Pasalnya, lokasi pantai ini dekat dengan beberapa bukit dan kawasan hutan yang masih sangat asri. Beberapa kegiatan yang sering dilakukan saat berkunjung ke pantai adalah surfing, piknik, camping, hunting foto atau sekedar menikmati waktu santai. Pepohonan yang rindang dengan suara deburan ombak memberikan ketenangan tersendiri.

Destinasi wisata yang satu ini memang belum banyak diketahui orang. Oleh karena itu, saat Anda berkunjung, Anda akan merasa berada di pantai pribadi yang nyaman. Untuk bisa masuk ke kawasan pantai ini anda akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp. Rp 5.000, hanya 10 ribu. Saat musim liburan tiba, kawasan Pantai Sako akan dipenuhi oleh tenda-tenda camping yang dibangun oleh para pengunjung lokal maupun mancanegara.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Bungus Barat, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

6. Pantai Pasumpahan

Pantai PasumpahanSumber gambar: Google Maps Dhedi Saputra

Kata Pasumpahan berasal dari salah satu nama pulau yang mengelilingi pantai. Namun destinasi wisata pantai ini memiliki pemandangan terbaik di Kota Padang. Jernihnya air laut dengan pasir putih yang bersih merupakan perpaduan yang sempurna untuk membebaskan pikiran Anda dari kejenuhan aktivitas sehari-hari. Tempat wisata ini juga sangat cocok sebagai tempat pelarian dari hiruk pikuk kota.

Untuk bisa berkunjung ke pantai terindah di kota Padang ini, cukup membayar tiket masuk sekitar Rp 15.000, setelah itu naik perahu menuju Pantai Pasumpahan. Dengan tiket masuk yang terjangkau, Anda bisa menikmati pemandangan indah nonstop selama 24 jam. Pada saat ini, saat matahari mulai terbenam, sentuhan warna jingga dan ungu akan menghiasi langit.

harga tiket: Rp35.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sungai J L. Banana, Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

7. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata PariamanSumber gambar: Google Maps Alfonsus Leonard

Pantai Kata Pariaman memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya. Keunikannya terletak pada bebatuan warna-warni yang menyerupai pelangi. Pewarnaan dilakukan manajemen agar masyarakat lebih tertarik untuk berkunjung. Tak hanya itu, suasana panorama matahari terbit dan terbenam menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Kata Pariaman.

Seperti pantai pada umumnya, berbagai aktivitas olahraga air juga ditawarkan. Termasuk menyelam dan snorkeling. Airnya yang bersih dan jernih membuat snorkeling dan diving semakin seru. Keanekaragaman biota laut juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Karang, karang lunak, ikan kecil, dan krustasea menjadikan snorkeling dan menyelam sebagai suatu keharusan.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Taluk, Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

8. Pantai Bungus

Pantai BungusSumber Gambar: Iklan Armadial Google Maps

Pantai Bungus terkenal dengan spot paralayang favorit warga Padang. Hamparan perbukitan yang mengelilingi pantai tampak seperti menara yang menghadap ke laut lepas. Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di tempat ini antara lain berenang, menyelam, berjemur, boat trip dan berjemur. Bentuk pantainya menyerupai bulan sabit dengan kondisi air jernih kebiruan.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Padang Pesiran Km 21, Pantai Bungus, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

9. Pantai Air Manis

Objek wisata Pantai Air ManisKredit foto: Google Maps Caesario Kisty

Masih ingat dengan legenda Minang Malin Kundang? Di Pantai Air Manis Anda akan menemukan bebatuan menyerupai orang sujud, lengkap dengan bebatuan yang diyakini sebagai bangkai kapal Malin Kundang yang karam. Wisata yang sarat dengan legenda anak durhaka ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun lokal hanya untuk melihat patung Malin Kundang di pinggir pantai.

Selain melihat Batu Malin Kundang, masih banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Pantai Air Manis. Aktivitas tersebut antara lain bermain ATV, berenang, bermain pasir, dan lainnya. Untuk masuk ke kawasan Pantai Air Manis, Anda harus membayar biaya masuk yaitu sekitar Rp 5.000. Dengan harga yang sangat terjangkau anda bisa menikmati keindahan pantai selama 24 jam sehari.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Pantai Air Manis, RT.1/RW.1, Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

10. Pantai Carolina

Pantai KarolinaKredit foto: Google Maps Selamat tinggal QlinikPhone

Pantai Caroline atau yang lebih dikenal dengan Pantai Teluk Bungus merupakan destinasi wisata alam yang keindahannya tak terbantahkan. Wisata alam ini tergolong masih tersembunyi. Oleh karena itu, kondisi kawasan pantai ini masih sangat bagus dan terawat. Belakangan ini, Pantai Caroline menjadi salah satu destinasi wisata alam primadona bagi masyarakat Padang.

Berada di Jalan Padang Painan, Bungus Selatan, Pantai Caroline memiliki lokasi yang cukup tersembunyi. Salah satu daya tarik yang ditawarkan Pantai Caroline adalah bentuk pantainya yang menyerupai huruf W atau berbentuk hati. Tak jarang, banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai dengan mengajak orang-orang tersayang. Ombak yang pecah dan angin sepoi-sepoi yang khas menjadi perpaduan sempurna bagi Anda yang ingin bersantai.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: JL Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Itulah rekomendasi wisata pantai di Kota Padang yang menawarkan pemandangan pemandangan yang unik dan menarik. Jika Anda berkesempatan mampir ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu pantai ini. Pasalnya, semua destinasi wisata pantai di Padang memiliki keindahan alamnya masing-masing. Mulai dari tempat yang bisa dijadikan tempat relaksasi hingga tempat bersilaturahmi bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Pantai Padang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button