Berita Wisata

Ruang Misteri 308 Pelabuhan Ratu disebut Petilasan oleh Nyi Roro Kidul

Liputan6.com, Sukabumi – Kamar Pelabuhan Ratu 308 yang terletak di sebuah hotel di Sukabumi, Jawa Barat, menyimpan misteri. Rupanya kamar itu didedikasikan untuk Nyi Roro Kidul.

Pasalnya, di pendopo terdapat sesajian dan lukisan karya Nyi Roro Kidul. Bagian dalam bilik juga dihias dengan warna hijau yang identik dengan ratu pantai selatan.

Kamar 308 ternyata masih ada kaitannya dengan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno. Menurut sejarah guide Room 308, ruangan khusus tersebut merupakan wujud perwujudan kesepakatan yang terjalin antara Presiden Soekarno dan Nyi Roro Kidul.

Menurut penuturan pemandu kamar 308, Abah Zaenal, keberadaan kamar khusus 308 itu lahir dari pertemuan Presiden Soekarno dengan Nyi Roro Kidul yang digelar di Karang Kursi. Usai pertemuan tersebut, pada tahun 1962, Presiden Soekarno segera meluncurkan Proyek Pembangunan Pantai Grand Inna Samudra untuk memenuhi janjinya kepada Ratu Pantai Selatan.

Banyak versi cerita mengenai fungsi dan kegunaan kamar 308. Ada yang mengatakan ruangan ini sebagai bentuk penghormatan Presiden Soekarno kepada Nyi Roro Kidul. Namun, beredar pula mitos bahwa ruangan tersebut merupakan pintu gerbang kerajaan sakti Nyi Roro Kidul. Beberapa orang juga percaya bahwa kamar 308 adalah tempat peristirahatan Nyi Roro Kidul.

Ruang Misteri 308 Pelabuhan Ratu identik dengan lukisan Nyi Roro Kidul yang konon masih hidup. Menurut pengakuan beberapa orang yang berkunjung ke ruangan tersebut, beberapa diantaranya mengalami kejadian mistis.

Pengunjung ruangan merasakan beberapa lukisan Nyi Roro Kidul, terutama mata, seolah bergerak, mengamati setiap gerak-gerik pengunjung. Tak hanya pengunjung, para pelukis yakni Basuki Bawono dan Basuki Abdullah juga mengalami kejadian luar biasa. Basuki Abdullah menuturkan, saat meninggalkan lukisannya beberapa saat, tiba-tiba muncul tusukan dan keris di samping lukisan Nyi Roro Kidul.

Pengarang: Resla Aknaita Chak

Mobile Legends: Bang Bang atau game MLBB memperkenalkan hero baru Indonesia bernama Kadita yang terinspirasi dari South Coast Sea Queen alias Nyi Roro Kidul.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button