Berita Wisata

10 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Murah Dan Seru Untuk Traveling

TEMPO.CO, Jakarta – Bicara soal Jakarta pasti lekat dengan kemacetan dan gedung pencakar langit. Namun dibalik itu, Jakarta memiliki beragam destinasi wisata yang bisa dijadikan destinasi untuk mengisi waktu liburan Anda.

Banyaknya tempat wisata di Jakarta tak hanya memaksa Anda pergi ke luar kota untuk menikmati suasana liburan. Ada beberapa pilihan tempat wisata di Jakarta yang bisa Anda nikmati dan layak untuk dikunjungi bersama keluarga.

Tempat wisata di Jakarta menawarkan beragam destinasi, mulai dari wahana, alam, taman, pantai, tempat bersejarah hingga tempat belanja. Destinasi tersebut juga tersebar di beberapa wilayah Jakarta sehingga bisa disesuaikan dengan lokasi pemukiman terdekat.

Pemandangan & Tengara di Jakarta

Berikut sejumlah tempat wisata di Jakarta yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi liburan atau bersantai.

1. Wisata Alam Mangrove PIK

Taman wisata mangrove alami ini berada di kawasan pantai Kapuk Indah (PIK). Di sini terdapat ekosistem mangrove yang menjadi habitat berbagai jenis unggas air. Selain sebagai tempat wisata, taman wisata ini berfungsi sebagai sarana pelestarian mangrove. Harga tiket sangat terjangkau. Orang dewasa dikenakan biaya Rp 25.000 sedangkan anak-anak dikenakan biaya Rp 10.000.

2. Hutan Kota GBK

Pengunjung bersantai sambil mengagumi pemandangan gedung-gedung bertingkat di hutan kota GBK, Jakarta pada 3 September 2022. Hutan kota ini menjadi alternatif warga untuk piknik bersama keluarga atau teman di akhir pekan. TEMPO/Januari Subuh

Tempat wisata unik ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin bersantai dari hiruk pikuk Jakarta. Hutan kota ini merupakan objek wisata alam yang terletak di jantung ibu kota Jakarta. Suasana sejuk ditemani pepohonan rindang umumnya dimanfaatkan masyarakat untuk bersantai atau berolahraga ringan.

3. Taman Suropati

Taman ini terletak di kawasan Menteng, di pusat kota Jakarta. Taman Suropati merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang bisa Anda manfaatkan untuk sekadar bersantai dari hiruk pikuk Jakarta. Di taman ini, Anda akan disuguhkan pemandangan tanaman yang terawat dan air mancur yang berada tepat di tengah taman.

4. Monumen Nasional (Monas)

Tidak lengkap rasanya jika Anda berwisata ke Jakarta tanpa mengunjungi monumen nasional atau yang biasa dikenal dengan Monas. Tugu ini merupakan salah satu landmark kota Jakarta sekaligus tempat bersejarah yang memiliki banyak arti. Di sini Anda bisa menemukan relief sejarah Indonesia, Gedung Kemerdekaan dan mendaki ke puncak monumen nasional untuk melihat pemandangan kota Jakarta.

5. Desa Ondel-Ondel

Kampung Ondel-Ondel terletak di Jalan Kembang Pacar di Jakarta Pusat. Tempat wisata ini menjadi rumah bagi komunitas seniman dan pengisi acara ondel-ondel legendaris yaitu Sanggar Betawi Mamit CS. Di sini, Anda bisa melihat proses pembuatan ondel-ondel sambil mencicipi jajanan Betawi seperti dodol Betawi dan kerak telor.

6. Velodrom Internasional Jakarta

Suasana Jakarta International Velodrome (Sumber: shutterstock.com) Bagi Anda yang gemar berolahraga, tempat wisata di Jakarta yang satu ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Jakarta International Velodrome terletak di Kawasan Remaja Rawamangun. Di sini Anda bisa berwisata sekaligus berolahraga di arena outdoor. Arena tersebut dapat digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga seperti voli, bulu tangkis, futsal, dan jogging.

7. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau Dufan yang terletak di kawasan Ancol Jakarta Utara merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati masyarakat. Di sini kamu bisa memainkan berbagai jenis permainan mulai dari santai hingga memompa adrenalin.

8.sarina

Sarinah adalah salah satu pusat komersial bersejarah di Jakarta. Sarinah merupakan mal pertama di Indonesia. Kini Sarinah telah direvitalisasi dan menampilkan diri dengan wajah baru yang kekinian. Tak hanya sebagai tempat berbelanja, Sarinah juga berfungsi sebagai ruang perkantoran, ruang kuliner, dan ruang budaya.

9. Kota Tua

Sejumlah warga berada di kawasan Kota Tua, Jakarta pada Minggu, 25 Desember 2022. Libur Natal dimanfaatkan warga untuk mengunjungi sejumlah tempat di kawasan kota tua, seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik. , Museum Wayang, di Museum Bank Indonesia. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Tempat wisata Jakarta yang satu ini tak diragukan lagi menjadi destinasi wisata andalan ibu kota. Kota tua merupakan kawasan peninggalan dari zaman penjajahan Belanda. Tentunya banyak sekali bangunan peninggalan Belanda disini. Tak hanya dikunjungi wisatawan lokal, Kota Tua juga menjadi rujukan wisatawan mancanegara.

10. Masjid Istiqlal

Jakarta juga menawarkan destinasi wisata religi bagi masyarakat, salah satunya Masjid Istiqlal. Masjid ini terletak di Jakarta Pusat dan merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid Istiqlal terletak di sebelah Gereja Katedral. Letak keduanya yang berseberangan merupakan simbol toleransi beragama di Indonesia.

VIVIA AGARTA F | RIZKI DEWI AYU

Baca juga : Delman tidak dilarang di Monas, tapi operasinya dibatasi

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Pembaruan Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button