Tempat Wisata

Kebun Teh Nglinggo, Menikmati indahnya panorama alam hijau di Kulon Progo

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 07.00 – 18.00 WIB, Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Di beberapa tempat di Indonesia, kebun teh hanya dimanfaatkan sebagai perkebunan untuk produksi produk teh. Namun tidak demikian jika anda berkunjung ke kawasan Kulon Progo, dimana terdapat Kebun Teh Nglinggo yang juga merupakan objek wisata alam yang cukup terkenal. Tak hanya berlibur, beberapa wisatawan yang berada di sekitar lokasi juga ingin menikmati keindahan taman secara langsung.

Lokasinya masih berada di dalam kompleks perbukitan Menoreh, sehingga sudah pasti mendapatkan udara yang sejuk dan asri di tempat wisata ini. Meski tidak cukup luas, hanya sekitar 136 hektar, keindahan alam dapat dilihat dari ciri khas perkebunan hijau. Sebenarnya sudah ada cukup lama namun baru dijadikan objek wisata sekitar tahun 2015.

Karena keindahan dan kreatifitas warga setempat, kebun teh yang masih termasuk wilayah kecamatan Kuon Progo ini mendapat penghargaan sebagai Wisata Masyarakat Terbaik oleh Pemerintah Pariwisata Republik Indonesia. Bukan hanya karena keindahannya, tentu saja, tetapi juga berbagai fasilitas dan tempat-tempat menarik di taman ini berbicara mengapa penghargaan ini sangat berharga.

Daya tarik perkebunan teh Nglinggo

Daya tarik perkebunan teh NglinggoSumber gambar: Google Maps Wisata Jogja

Ada alasan menarik mengapa Perkebunan Teh Nglinggo semakin menarik minat banyak orang untuk mengunjunginya. Apalagi kalau bukan berbagai atraksi yang diberikan. Sepintas, informasi di atas mungkin tidak cukup untuk memberi Anda gambaran. Untuk itu dibawah ini akan kami ulas atraksi utama ojek wisata alam di ujung barat Daerah Istimewa Yogyakarta ini!

1. Indahnya pemandangan hamparan kebun teh

Sangat jelas hampir semua wisatawan yang berkunjung pasti ingin menikmati keindahan kebun teh ini. Either way, Anda akan melihat hamparan taman hijau sejauh mata memandang. Jika Anda melihat sedikit ke atas, Anda akan melihat panorama pegunungan tinggi. Bukan hanya satu gunung, tetapi beberapa yang bisa Anda alami secara langsung.

Saat cuaca cerah, pemandangan terbentang dari pegunungan hingga terlihat 8 gunung. Delapan gunung tersebut antara lain Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Sidoro, Andong, Telomoyo, Merbabu, Ungaran dan Gunung Prau. Pemandangan ini hampir pasti tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain, terutama di luar wilayah Jawa Tengah.

2. Suasana sejuk dan asri khas perkebunan

Selain pemandangan yang indah, banyak pengunjung yang datang ke Kebun Teh Nglinggo untuk menikmati suasana asri dan menyegarkan. Jenis atmosfer ini tidak ditemukan di daerah perkotaan. Seperti diketahui, polusi dari knalpot mobil dan berbagai pabrik telah mencemari udara di kota tersebut.

Bukan hanya hijaunya kebun teh yang membuat udara disekitarnya sangat sejuk, tapi juga berbagai pepohonan yang ada disana. Meski tidak banyak dan ukurannya tidak terlalu besar, namun cukup mendukung suasana nyaman yang didapatkan setiap pengunjung. Kesegaran semakin terasa, karena tempat wisata ini jauh dari hiruk pikuk kota.

3. Dilengkapi dengan berbagai berkendara off-road

Fasilitas Kebun Teh NglinggoKredit foto: Google Maps Galih Idcard

Dua tempat wisata di atas masih belum menggoda Anda untuk segera berkunjung? Mungkin Anda bisa memutuskan lebih banyak lagi dengan wahana off-road yang ditawarkan. Di sini kreativitas pengelola mampu menarik perhatian banyak wisatawan.

Pembangunan berbagai wahana tersebut tak lepas dari kontur perkebunan teh Nglinggo dengan jalanan yang tajam dan terjal. Bagi Anda yang menyukai tantangan, permainan ini sangat cocok karena dapat memacu adrenalin. Tidak perlu membawa kendaraan sendiri karena pihak pengelola menyediakan jenis jip khusus. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari 200.000 hingga 700.000 rupiah tergantung paket yang dipilih.

4. Temukan spot foto dengan panorama alam yang indah

Selain membangun wahana menantang dengan mengendarai jip di atas kontur tanah yang tidak rata, pengelola juga menawarkan berbagai spot foto cantik bertema pemandangan alam. Ada spot mirip pendopo yang memang sengaja dibangun untuk spot foto. Rumahnya sangat sederhana namun unik dengan atap bambu.

Tak jauh dari tempat ini ada tempat yang tak kalah uniknya yaitu tulisan I Love U yang terbuat dari ruas bambu, ukurannya cukup besar untuk di tengah tulisan. Tempat paling populer dan tulang punggung manajemen adalah sudut pandang. Namun, tidak sedikit pengunjung Kebun Teh Nglinggo yang memanfaatkan wildspot karena dinilai lebih mengesankan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Perkebunan Teh NglinggoSumber Gambar: Google Maps Apris Kiswandi

Anggap saja Anda sudah tertarik dengan bagian atraksi di atas. Oleh karena itu, pastikan untuk pergi ke alamat Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta untuk mengunjungi situs tersebut. Dari pusat kota Jogja dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak 35 kilometer. Medan terjal begitu memasuki kawasan perkebunan menjadi tantangan tersendiri.

Cara tercepat menuju Kebun Teh Nglinggo adalah melalui Jalan Godean karena jalannya bagus dan tidak ada lampu merah. Arahkan kendaraan ke arah Tugu Jogja yang berakhir di Kulon Progo, setidaknya menempuh jarak sekitar 18 kilometer. Setelah menjumpai lampu merah, arahkan kendaraan ke kanan hingga sejauh 18 kilometer atau ke lampu merah berikutnya.

Saat berkendara, pastikan melewati Jembatan Kali Progo yang letaknya tidak jauh dari lampu merah. Belok kiri setelah sampai di lampu merah yang dikenal dengan Dekso Junction. Sekitar 10 kilometer jauhnya Anda akan menemukan pasar Plono. Dari sini silahkan ikuti petunjuk untuk sampai ke lokasi.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket masuk Kebun Teh NglinggoKredit foto: Google Maps Flowscent

Layaknya tempat wisata yang dikelola dengan baik oleh pemerintah dengan dukungan warga setempat, Kebun Teh Nglinggo mengenakan biaya pemakaian sebagai syarat masuk. Dibandingkan dengan tempat wisata lainnya, tentunya cukup murah. Kali ini Anda hanya perlu membayar 5.000 rupiah per orang dengan tiket masuk 2.000 rupiah dan sisanya untuk biaya perlindungan lingkungan.

Selain harga tiket masuk, ada juga biaya yang harus dikeluarkan saat membawa kendaraan pribadi. Untuk sepeda motor atau roda dua dikenakan biaya parkir sebesar 2.000 rupiah, sedangkan tiket parkir mobil dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah. Selain itu, beberapa wahana yang tersedia tidak gratis, sehingga Anda perlu menyiapkan uang lebih jika ingin menikmatinya.

Aktivitas menarik di Kebun Teh Nglinggo

Kegiatan di Kebun Teh NglinggoSumber gambar: Google Maps Agus Widodo

Selain menikmati keindahan kebun teh yang sangat luas, tentunya banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Aktivitas yang dimaksud bisa santai atau menyenangkan dan menantang. Sebenarnya bisa dibayangkan hal menarik apa saja yang bisa dilakukan saat berada di Kebun Teh Nglinggo, mungkin seperti kegiatan berikut ini!

1. Pelacakan pendakian gunung

Ada dua bukit yang menghiasi kawasan wisata ini yang secara administratif termasuk wilayah Magelang. Dua bukit yang dimaksud adalah Bukit Kendeng dan Kukusan. Ketinggian bukit tersebut membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin mendakinya. Bukan hal yang mudah tentunya mengingat kontur bukit dengan sudut yang cukup curam. Ketika Anda sampai di puncak, mungkin masalahnya adalah turun.

Kegiatan ini sangat menarik, terbukti dengan banyaknya pengunjung yang rela bangun pagi untuk mendakinya. Pasalnya, di puncak bukit terdapat pemandangan yang tak kalah indah. Apalagi saat bisa melihat matahari terbit, meski tidak sesempurna itu karena tertutup pegunungan di sekitarnya.

2. Memacu adrenalin dengan medan ekstrim

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebagai atraksi, Anda bisa melakukan aktivitas seru untuk menguji keberanian. Mengendarai jeep di kawasan Kebun Teh Nglinggo tentunya tidak mudah meski sudah mahir mengemudi. Jalanan yang terkadang terjal dan terjal menghiasi setiap belokan sepeda berulang kali.

Selain itu, jalur yang harus ditempuh cukup panjang karena melewati berbagai pepohonan yang tumbuh subur di sekitar tempat tersebut. Meski terkesan menakutkan, Anda bisa mendapatkan pengalaman berharga sekaligus indah di saat yang bersamaan. Pemandangan yang didapat tidak hanya kebun teh, tetapi juga keindahan terasering yang tersusun berundak-undak.

3. Lihat panen teh

Objek wisata yang dimiliki Perkebunan Teh NglinggoKredit foto: Google Maps Melkey ​​​​Binaro

Aktivitas di Kebun Teh Nglinggo sekilas mungkin terlihat kurang menarik. Namun, jika Anda menyaksikannya secara langsung, kemungkinannya bisa sangat menarik. Memetik teh tidak boleh sembarangan, ada teknik yang perlu dipelajari. Keseruan di sini adalah menyaksikan para petani memanen. Bukan sekedar melihat tentunya, tapi juga mempelajari tekniknya.

Sayangnya, Anda tidak dapat mengalami pemandangan ini setiap hari. Hanya pada waktu-waktu tertentu daun teh sudah siap dipanen. Oleh karena itu, jangan pernah ketinggalan jika ada petani yang siap panen, segera hubungi mereka. Jika bisa, tawarkan untuk membantu memetik daun tehnya juga.

4. Nikmati teh yang baru dipetik

Selain proses pemanenan kebun teh, Anda bisa menikmati kesegaran teh alami yang langsung diproses setelah dipanen. Di Kebun Teh Nglinggo terdapat beberapa kedai teh dengan bangunan bambu yang cukup sederhana. Karena itu, toko ini juga cukup unik dan memiliki keindahan tersendiri.

Konsepnya natural, sehingga kesan yang didapatkan semakin nikmat ketika sedang bersantai menikmati secangkir teh panas atau dingin. Kedai ini juga menawarkan kopi bagi mereka yang tidak suka teh. Rasa teh semakin manis dengan suasana dan udara sejuk di sekitar tempat wisata. Sebagian besar pengunjung memanfaatkan momen ini untuk beristirahat sejenak sebelum melakukan aktivitas seru lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kebun Teh NglinggoSumber gambar: Google Maps Maful Ipul

Seiring berjalannya waktu, fasilitas Kebun Teh Nglinggo semakin lengkap dan bisa disebut standar tempat wisata. Terdapat tempat parkir yang menyambut Anda saat pertama kali memasuki kawasan perkebunan ini. Ada juga toilet yang nyaman dan bersih bagi mereka yang ingin bersih-bersih sendiri.

Selain itu, keberadaan mushola melengkapi fasilitas penunjang wisata. Meski tidak terlalu besar, namun tetap bisa digunakan sebagai tempat ibadah. Fasilitas lainnya adalah warung makan dengan berbagai menu yang bisa ditemukan, terutama makanan khas Jogja. Harga terjangkau, masih ramah kantong untuk harga properti sekelas wisata.

Setelah penjelasan mengenai objek wisata, harga tiket dan berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan, apakah ada alasan lain untuk tidak mengunjungi Kebun Teh Nglinggo? Jika sudah dekat dengan lokasinya, tentu Anda penasaran dan ingin segera mengunjunginya. Dengan kata lain, tidak ada alasan untuk menyangkal keindahan dan panorama alam yang disajikan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button