Berita Wisata

Ada objek wisata unik di Sukabumi, namanya Karang Kontol

Belum lama ini publik dihebohkan ketika sebuah tempat wisata unik di Sukabumi bernama Karang Kontol menjadi online.

Obyek wisata Karang Kontol ini terletak di kawasan Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Karang Kontol sempat heboh di media sosial karena kata yang artinya alat kelamin laki-laki atau penis.

Dalam akun media sosial Facebook bernama Arjuna Ketiga, mengunggah postingan objek wisata tentang Karang Kontol. Dalam keterangannya disebutkan bahwa tempat wisata Karang Kontol.

Baca Juga: Sebut Anggaran Negara Boros Sepanjang Sejarah RI, Rizal Ramli Sentil Jokowi: Sangat Peluk Oligarki

“Objek wisata yang VIRAL, di geopark Ciletuh ada KARANG KONTROL, di Ciamis ada PASIR HEUNCEUT, apalagi yang ada,” tulis akun yang dikutip jaringan Jabarnews – Suara.com.

Akun yang diketahui anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana juga mengunggah dua foto pemandangan terumbu karang yang di salah satu sudutnya memperlihatkan karang berbentuk alat kelamin pria.

Foto tersebut juga disertai dengan tulisan Coral Kontol Geopark Ciletuh dan satu lagi pemandangan alam kawasan rekreasi baru Pasir Nowut di kawasan Kabupaten Ciamis.

Andri menuturkan, keberadaan dan sebutan terumbu karang ini dalam konteks komunitas Geopark Ciletuh atau Palangpang, Kabupaten Ciemas memang merupakan nama yang sudah melekat sejak lama.

Padahal, lanjut Andri, penyebutan nama objek wisata itu bukan berumur dua puluh tahun, tapi kemungkinan sudah ratusan tahun yang lalu.

“Tidak ada yang tahu persis kapan dan di mana proses itu dimulai, tetapi faktanya itu adalah bentukan alam asli yang tidak dirancang oleh manusia atau manusia. Itu terjadi, sehingga masyarakat di sana menyebut terumbu karang bukan hal baru atau tabu,” kata Andri, Senin. (01/09/2023).

Karang Kontol, lanjut Andri, beras di tempat-tempat sekitar pantai Ciletuh tepatnya pantai Cikepuh Jarak dari pantai Palangpang desa Ciwaru sekitar 30 menit.

“Tidak hanya terumbu karang saja yang ada, antara lain pulau kunti, batu batik, batu punggung naga, mungkin saat ini namanya agak aneh tapi ini bukan jadian, sebenarnya penyebutan itu bukan nama jadian”, jelasnya .

Andri menjelaskan, nama Karang Kontol merupakan nama yang diberikan masyarakat setempat dengan menyesuaikan bentuk karang menyerupai alat kelamin laki-laki.

“Ada mitos juga informasi yang berkembang, mungkin seminggu atau sebulan sekali, banyak pengunjung disana melakukan semacam ritual, konon kalau laki-laki berkunjung ke sana atau seperti masalah mistis, katanya mereka akan menjadi laki-laki sakti. dalam urusan ranjang, begitu juga sebaliknya kalau perempuan yang pergi ke sana seharusnya mendapatkan laki-laki yang diinginkannya,” jelasnya.

Memuat…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button