Berita Wisata

Terpesona Indahnya Wisata Sentono Gentong Pacitan, Khofifah : Bak Orkes Semesta : Okezone Travel

GUBERNUR Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku terpesona dengan keindahan dan eksotisme wahana wisata alam Sentono Gentong di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Kekaguman itu ia sampaikan, Rabu atau sehari setelah kunjungannya bersama rombongan di kawasan wisata religi ini, di sela-sela kunjungan kerjanya.

“Sentono Gentong seperti orkestra alam semesta karena memiliki keindahan alam yang lengkap berpadu dengan sejarah dan spiritualitas,” ujar Khofifah mengungkapkan ketakjubannya, dikutip dari Termasuk antara.

Khofifah singgah di Pacitan dalam rangka kunjungan kerja, meresmikan dua jembatan darurat di kawasan Desa Kembang, Kota Pacitan dan Desa Wonodadi, Kecamatan Ngadirojo.

Infografis Pantai Tulungagung

Ia pun berkesempatan bekerja sama dengan rombongan menikmati destinasi wisata unggulan di kampung halaman Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), salah satunya wisata alam Sentono Gentong.

“Jawa Timur penuh dengan tempat-tempat yang menawarkan keindahan bagi penikmat wisata alam, religi dan kuliner, serta tantangan bagi penikmat dan atlet paralayang. Sentono Gentong biasanya buka sekitar bulan Maret menyesuaikan arah angin. Sentono Gentong adalah tempat wisata yang punya sejarah kuat, bisa dibilang wisata alam ya alam, religi ya religi, olahraga ya olahraga,” ujarnya.

“Kalau ingin melihat ‘kemitraan yang harmonis’, ini contohnya. Kalau kita ingin melihat wisata alam dan para atlit paralayang selain punya warisan religi, ini salah satunya,” lanjut Khofifah. .

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Sebagai wisata religi, Sentono Gentong merupakan tempat ziarah. Di dalamnya terdapat gentong berisi tulang belulang yang dibawa Syekh Subakir dari Persia untuk mengusir roh jahat di Pulau Jawa agar agama Islam berkembang.

Khofifah kemudian mencontohkan, konektivitas ke Kabupaten Pacitan dan wilayah lain di Mataraman perlu mendapat perhatian khusus.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

Dengan begitu, keindahan Pacitan dapat lebih dipromosikan, sehingga wisatawan baik domestik maupun mancanegara dapat menikmati indahnya pesona wisata Pacitan.

“Gua di Pacitan juga banyak. Mulai dari wisata alam, religi, kuliner, dan olah raga, Pacitan bisa menjual banyak. Yang terpenting adalah pembangunan infrastruktur dan daya tarik investor yang baik. Dengan ini semua wisatawan bisa menikmatinya. keindahan Pacitan lebih banyak lagi, baik wisatawan lokal maupun mancanegara,” tutupnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button