Berita Wisata

Penanganan Abrasi Pantai Kuta Masih Tahap Lelang

Badung

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida Eka Nugraha Abdi mengatakan penanganan abrasi Pantai Kuta belum bisa dilakukan. Memang, paket kerja program tersebut masih dalam tahap lelang.

“Untuk saat ini belum karena kita masih dalam tahap pemanggilan tender on line di BP2JK (Pusat Pelaksanaan Pemilihan Jasa Bangunan),” kata Eka Nugraha detikBali di Denpasar, Jumat (13/1/2023).

“Para konsultan melarikan diri dari Jepang, setelah pemenang tender baru (dibuat),” tambahnya.

BWS Bali-Penida memiliki tiga tahap pengembangan yang terbagi dalam 3 paket. Paket 1 untuk kawasan Candidasa Karangasem, Paket 2 untuk kawasan Tanjung Benoa termasuk Pantai Kuta, dan Paket 3 untuk kawasan Nusa Dua.

Nantinya penanganan abrasi Pantai Kuta akan menggunakan sistem makanan pasir yang seharusnya dilakukan pertama kali di Bali. “Pertama kali di Bali. Kami ingin ditiru masyarakat, padahal yang ingin kami lakukan adalah paket kedua. Proyek Konservasi Pantai Bali (BBCP) Tahap 2,” tambahnya.

Sedangkan penanganan abrasi pantai saat ini Paket 1 di Pantai Candidasa dan Paket 3 di Nusa Dua sudah dilakukan. “Karena itu untuk G20, kita akan bergegas,” ujarnya.

Mengingat pantai harus bertahan dengan pasir yang dibutuhkan sebagai daya tarik wisata. Seperti pasir alam karena dibuat menggunakan teknologi rancangan negara Jepang.

“Mereka menawarkan bantuan berupa pinjaman (pembiayaan) dari organisasi, itu pendanaan negara (pinjaman) tapi dulu didanai pinjaman dari Jepang.” dia berkata.

“Saat ini tahap konsultasi dan pengembangan sedang berjalan, tahap pengembangan ini sudah berjalan dan masih berlangsung, selanjutnya skenario untuk memasang pengerahan pengadaan untuk lelang konsultan diawasi oleh Jepang,” katanya.

Sementara itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan langkah jangka pendek dan menengah untuk mengatasi abrasi di Pantai Kuta.

Langkah-langkah jangka pendek termasuk mengaktifkan tanggap darurat dan upaya pembersihan pantai secara besar-besaran. Sedangkan dalam jangka menengah yaitu dukungan terhadap program pengembangan Pantai Kuta, pengelolaan destinasi dan pengembangan wilayah kawasan Pantai Kuta.

Tonton video “pantai Kuta, nikmati indahnya cahaya matahari terbenam, Bali”
[Gambas:Video 20detik]
(atau/gsp)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button