Berita Wisata

Wisata Budaya Cagar Alam Papringan Wisanggeni Diluncurkan

Sejumlah Atraksi Hiburan Destinasi Wisata Budaya dan Pelestarian Alam Papringan Wisanggeni (Foto: Tim)

TEMANGGUNG, BIDIKNASIONAL.com – Pasca pandemi Covid, warga lereng Gunung Sumbing menggeliat menciptakan destinasi wisata baru. Dinamakan Wisata Budaya dan Pelestarian Alam Papringan Wisanggeni.

Tempat wisata pedesaan ini terletak di Dusun Limbangan, Desa Tanjungsari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung.

Lokasi wisata berupa kebun bambu seluas satu hektar milik warga sekitar. Konsepnya adalah memelihara taman bambu yang dilengkapi dengan pentas seni. Sejumlah sudut dilengkapi dengan kios-kios UMKM untuk warga desa.

Kedepannya, Papringan Wisanggeni berharap dan berkeinginan menjadi destinasi para pelancong dari berbagai daerah, yang menginginkan kunjungan yang orisinil dan bernuansa kampung. “Mengingat, dengan pola kehidupan masa lalu.

Menurut Kepala Desa Tanjungsari, Drs. Bandrio Susilo Utomo, ide wisata ini sudah lama diidamkan warganya. Wabah yang terjadi selama dua tahun ini nyaris membuat harapan mereka pupus.

“Kemudian ternyata ada hikmahnya. Sekarang bisa meluncurkan Wisata Papringan Wisanggeni dengan potensi desa sepenuhnya. Kita ingin masyarakat desa ini sejahtera dengan menumbuhkan kesadaran pariwisata. disana potensi alamnya masih asri, sejuk dan menarik.

Adalah kekuatan desa untuk mengubah keadaan statis menjadi lebih atraktif dengan wisata yang satu ini,” ujar Bandrio penuh harap.

Peluncuran Wisata Papringan Wisanggeni dihadiri ratusan pengunjung. Sejumlah atraksi hiburan berdiri di tengah taman bambu. Pengunjung dapat menikmati tarian kubro, jalinan kuda anak, musik gamelan, akustik Villa Coustik yang menawan dan hiburan lainnya.

Kepala Desa Bandrio memperkirakan, kunjungan yang diprakarsai Rizal warga Dusun Limbangan itu akan dilengkapi gazebo sebagai tempat istirahat pengunjung dan stand UMKM yang lebih artistik. Lanskap taman bambu selalu ditata lebih nyaman bagi pengunjung.

Laporan: Ahmad Mukhlis/pembebasan

Penerbit: Budi Santoso

Lanjut membaca

Source: bidiknasional.com

Related Articles

Back to top button