Tempat Wisata

Lokasi dan Rute Menuju Wayang Windu Bike Park Pangalengan Bandung

Lokasi taman sepeda wayang windu mendadak ramai dalam dua bulan terakhir. Hal ini tidak lepas dari tren bersepeda yang semakin meningkat di beberapa daerah termasuk Pangalengan, Bandung. Padahal, tempat ini sudah ada sejak lama dan cukup dikenal oleh para mountain biker. Menariknya, tidak hanya jalur sepeda yang ada, melainkan Wayang Windu Panenjoan atau sering disingkat WWP, tempat menikmati Pangalengan dari ketinggian. Tempatnya instagramable, sejuk dan enak dipandang mata! Apakah Anda yakin tidak ingin datang ke sini?

Taman Sepeda Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan memiliki jalur sepeda di tengah perkebunan teh hijau. Dengan membayar retribusi/tiket masuk, kita bisa berlatih sepanjang perjalanan menikmati keindahan kebun teh. Tempatnya memang istimewa, jarang ditemukan tempat serupa di daerah lain. Kejuaraan bersepeda juga sering diadakan di sini lho, dengan peserta dari Bekasi, Bogor, Jakarta, Bandung, dll.

track atau jalan-jalan di taman sepeda wayang winduLacak atau lari di Wayang Windu Bike Park melalui IG @w2mbikepark

Ada berbagai jenis jalur yang bisa Anda temukan di Wayang Windu Mountin Bike Park. Mulai dari rute mudah hingga rute yang memacu adrenalin seperti rute Cross Country (XC), All Mountain (AM) atau Mini Down Hill (DH). Dengan tingkat kesulitan dan karakteristik yang berbeda, Anda dapat menguji dan melatih keterampilan mengemudi Anda. Untuk panjang rutenya sendiri kran lebih dari 15 km. Buat saja alias Sunmori Berkendara di Minggu pagi.

Setelah pelatihan anda bisa menuju ke lokasi Wayang Windu Harvestjoan alias WWP. Menikmati sejuknya udara Pangalengan sambil beristirahat atau pun mencari foto. Ada beberapa tempat untuk mengambil foto, seperti B. Viewpoints atau jembatan kayu di antara pepohonan teh hijau.

Lokasi Taman Sepeda Wayang Windu

Alamat tepatnya di Banjarsari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Jika Anda datang dari pusat kota Bandung, Anda harus menempuh jarak sekitar 65 km. Lokasinya berada di ketinggian 1.600 hingga 1.800 meter di atas permukaan laut, itulah sebabnya udaranya sangat sejuk. Dari sini kita bisa melihat pemandangan kota Pangalengan dari atas. Dan kalau datang di saat yang tepat bisa seperti di atas awan karena banyak sekali kabutnya.

Wayang Windu Pangalengan juga merupakan tempat yang populer untuk berburu matahari terbenam. Cahaya kuning kemerahan yang mulai memudar di antara hijaunya kebun teh dan pemandangan alam pegunungan sangat disayangkan jika Anda tidak melewatkan bidikan kamera.

Rute Menuju Wayang Windu Pangalengan dari Kota Bandung

Padahal, lokasi Wayang Windu Bike Park sudah tersedia di Google Maps. Bagi yang berasal dari luar kota atau baru jalan-jalan di Bandung bisa membuka melalui aplikasi. Namun jika kebetulan tidak ada kuota atau kesulitan persinyalan, silakan ikuti rute berikut.

Rute menuju WWP Pangalengan dari kota Bandung bisa melalui Dayeuh Kolot – Banjaran. Ikuti saja jalan yang berkelok-kelok, akan sampai di perempatan (ke Kebun Teh PTPN VIII Kertamanah), belok kiri saja. Toko Pia Kawitan menjadi tolak ukur. Ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di Wayang Windu Bike Park. Kondisi jalannya sendiri cukup baik, bisa dilalui roda dua maupun roda empat.

Sedangkan jika ingin menggunakan angkutan umum bisa menggunakan angkutan elf yaitu dari Tegal Lega – Pangalengan. Nanti turun lebih awal di pertigaan Kebun Teh Kertasari. Dari sini bisa dilanjutkan dengan ojek.

Harga Tiket Masuk WWP Pangalengan

Taman Sepeda HTM Wayang Windu cukup bersahabat dengan isi kantong, karena hanya dengan Rp 10.000 saja sudah bisa explore tempat ini. Sedangkan untuk menitipkan kendaraan, Anda hanya perlu membayar Rp 3.000/motor atau Rp 5.000/mobil.

perabot

Fasilitasnya cukup memadai, antara lain tempat parkir mobil yang luas untuk toilet, spot foto, pendopo untuk istirahat, tempat ibadah, view point, dan beberapa fasilitas lain yang menunjang kenyamanan pengunjung.

Galeri foto

Pangalengan bertemu wisata rute ke taman sepeda gunung wayang windu

wp 1800 Syparkmelalui Instagram @wwp1800skypark
titik foto wwp 1800melalui Instagram @wwp1800skypark
Jembatan Kayu Wayang Windu HarvestjoanJembatan Kayu Wayang Windu Harvestjoan

Setelah melihat ulasan di atas, pasti sudah tidak sabar untuk melakukan sunmori di sini, bukan? Jika iya, selalu terapkan protokol kesehatan! Nah, mumpung tempat ini masih di Pangalengan, kaya akan wisata alam lho. Ada beberapa tempat wisata yang terletak tidak jauh dari Taman Sepeda Wayang Windu. Dua di antaranya adalah Glampng Cilenca dan Situ Celuanca. Kedua tempat tersebut juga tak kalah seru dengan menawarkan berbagai atraksi wisata.

Source: travelandword.com

Related Articles

Back to top button