Tempat Wisata

Tiket & Atraksi KAWAH PUTIH Januari 2023

Harga tiket masuk Kawah Putih: Rp 28.000 hingga Rp 162.000. Jam buka: 07.30-16.30 WIB. Telepon : 0812-2006-8486. Alamat: Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40972.

Kawah Putih merupakan kawah hasil letusan Gunung Patuha, Ciwidey, Bandung. Warna putih kawah ini disebabkan kandungan beberapa unsur yang bercampur belerang. Keunikan panoramanya yang romantis menjadi alasan mengapa kawasan ini digemari wisatawan.

Obyek wisata ini terletak di dataran kawasan pegunungan pada ketinggian sekitar 2.430 mdpl. Dengan demikian, suhu di kawasan wisata ini sangat sejuk berkisar antara 15 – 22º Celcius.

Baca: 49 Tempat Wisata di Bandung Lengkap

Tiket masuk Kawah Putih Ciwidey

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena biaya masuknya cukup terjangkau.

Tiket masuk Kawah Putih Ciwidey
Tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp 28.000
Tiket Masuk Turis Internasional Rp 81.000
Tiket masuk untuk turis domestik pass Rp40.000
Tiket Masuk Domestik + Ontang Anting PP Rp57.000
Tiket Masuk Wisata Internasional + Anting Ontang PP Rp 110.000
Tiket Masuk Domestik + Ontang Anting PP Rp69.000
Jasa Lingkungan (tempat parkir R4 di Crater Center) Rp 162.000
Wahana di tengah kawah
Menunggang kuda Rp 50.000
panahan Rp 20.000
taman bermain mini Rp 20.000
Dek Pengamatan Ibu Sunan Rp 11.000
Jembatan Apung Rp 15.000
Layanan fotografer profesional Rp 10.000
Mengisi sesi foto/prewedding Rp 500.000
menembak muatan Rp3.000.000
Tiket parkir kendaraan di bawah ini
Karcis parkir motor Rp 8.000
tiket parkir Rp 15.000
Tiket Parkir Bus Rp35.000

Baca: Tiket dan Aktivitas Ranca Upas Ciwidey

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung:

  1. Kawah Putih Ciwidey terbuka untuk semua wisatawan dari berbagai daerah.
  2. Anak-anak berusia 5 tahun ke atas memiliki tiket masuk reguler yang valid.
  3. Pengunjung dapat membeli tiket langsung di loket.

Bagi wisatawan mancanegara, baca artikel ini untuk informasi lebih lanjut mengenai destinasi ini.

Jam Buka Kawah Putih Bandung

Tempat wisata ini terbuka untuk umum setiap hari dari pagi hingga malam hari.

Durasi
Senin minggu 07.30 – 16.30

Beragam kegiatan wisata

Kabut tipis sering menyelimuti Kawah Putih seperti udara pegunungan yang dingin. Posisinya yang berada di Puncak Ciwidey menambah nuansa indah keindahannya. Pada waktu-waktu tertentu, kabut tebal dapat turun dan mengurangi jarak pandang.

Obyek wisata ini menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan dari dalam dan luar negeri. Sebab, jumlah wisatawan pada hari libur reguler per hari berkisar antara 1.500 hingga 2.000 orang. Saat libur panjang, jumlahnya bisa mencapai 5.000 orang sehari.

Menikmati keindahan danau

Kawah Putih Bandung terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Patuha dengan endapan tuf putihKawah Putih Bandung terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Patuha dengan endapan tuf putih. Foto: Google Maps/Bhisma Puput

Kawah Putih adalah danau yang tercipta akibat letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan ke-12. Kontur tanahnya berwarna putih yang muncul secara alami dari sedimen tuff (Abu vulkanik). Air danaunya jernih berwarna putih kehijauan.

Kawah ini dikelilingi pasir putih dengan ombak yang dipenuhi asap dan sesekali semburan lumpur hidup. Warna kawah bisa berubah tergantung kandungan belerang, suhu dan cuaca di daerah tersebut. Kadang warnanya hijau apel, kebiruan, cokelat susu hingga putih keruh.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Pemandian Air Panas Ciwidey

Di sini wisatawan mencium bau belerang yang menyengat dari asap yang keluar dari kawah. Dengan tarif keasaman tinggi pada kisaran pH 0,5 – 1,3. Ada larangan mandi bagi wisatawan karena airnya memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi yang dapat membahayakan wisatawan.

Naik ontang-anting menuju kawah

Saat memasuki area tempat wisata ini, para wisatawan naik ban menuju area utama. Kendaraan ini merupakan moda transportasi yang dimodifikasi oleh manajemen untuk menuju pintu masuk. Selain sebagai moda transportasi, moda transportasi ini unik bagi wisatawan.

Harga tiket masuk Kawah Putih juga sudah termasuk biaya kost ontang anting. Dengan wahana ini, wisatawan bisa menikmati udara segar kawasan yang masih alami. Dalam perjalanan Anda akan melihat hutan alam khas pegunungan.

Kisah Kawah Putih Mitologi Sunda

Pepohonan di sekitar kawah memberikan kesan eksotik yang sangat cocok sebagai latar belakang foto para wisatawan di Kawah Putih BandungPepohonan di sekitar kawah memberikan kesan eksotik yang sangat cocok dijadikan latar foto bagi para wisatawan. Foto: Instagram/ade_alman11

Menurut legenda, puncak Gunung Patuha, tempat Kawah Putih berada, merupakan tempat tinggal para arwah leluhur. Gunung purba di Bandung ini dijuluki “Orang Tua” karena diyakini lebih tua dari Gunung Sunda. Letusan Gunung Sunda sendiri mengakibatkan Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang.

Keyakinan mitologis ini dibuktikan secara ilmiah oleh ekspedisi Franz Wilhelm Junghuhn pada tahun 1837. Gunung Patuha dulunya dianggap sebagai gunung yang disihir dan puncaknya merupakan kawasan suci yang tidak boleh dimasuki. Hal ini diyakini karena tidak ada satupun burung yang melintasi Gunung Patuha, apalagi puncaknya.

Baca: Tiket dan Aktivitas Ciwidey Valley Resort

Junghuhn juga menemukan bahwa hal tersebut disebabkan oleh unsur-unsur yang terkandung di kawasan Kawah Putih. Hal ini mengingatkan pada kata “Sunda” yang berasal dari bahasa Sansekerta Cuda berarti “putih”. Akibat letusan Gunung Sunda, Dataran Priangan tertutup sedimen tuff Putih.

Berburu foto di Spot Sunan Ibu

Nikmati matahari terbit dari spot Sunan Ibu Kawah Putih BandungNikmati matahari terbit dari Spot Sunan Ibu.
Foto: Instagram/bandunginframe

Di Kawah Putih Bandung, warna dominan putih sangat terasa. Sangat cocok bagi wisatawan yang suka berburu spot foto Instagramable. Ini memiliki nuansa romantis dan unik, dan merupakan latar belakang yang populer bagi wisatawan untuk mengambil foto. Panorama alamnya yang indah menjadi daya tarik bagi wisatawan, khususnya pasangan muda untuk mengabadikan momen tersebut.

Selain itu, latar belakang kawah dan alam yang eksotik semakin memperkuat kesan natural hasil foto. Destinasi wisata ini juga menjadi terkenal sebagai lokasi syuting film Heart pada tahun 2006 lalu. Lokasi ini juga sering digunakan untuk lokasi foto prewedding.

Baca: Tiket dan Aktivitas Barusen Hills Ciwidey

Salah satu spot foto yang menarik adalah Sunan Ibu Sudut Pandang Matahari Terbit. Tempat ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan khususnya pecinta foto untuk mengejar matahari terbit. Disini wisatawan bisa menikmati keindahan alam dari atas dan melihat matahari terbit dari ketinggian 2430 mdpl.

perabot

Kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai bagi wisatawan. Tempat parkir luas dan aman. Ada berbagai macam warung makan bagi mereka yang ingin makan.

Di sekitar kawah juga terdapat pedagang yang menjual abu belerang dan batu-batuan khas kawah. Oleh-oleh ini ampuh menyembuhkan penyakit kulit hingga menghilangkan jerawat.

mengakses

Akses jalan menuju Kawah Putih Ciwidey terbilang mudah. Tempat wisata ini terletak pada jarak 44 km sebelah selatan kota Bandung. Tepatnya di kiri jalan raya km 41 Ciwidey – Rancabali, depan bumi perkemahan Ranca Upas.

Ada dua jalur alternatif yaitu dari Cimahi via Baros dan lewat Soreang. Alternatif lain menuju Ciwidey dari jalan raya Kopo – Soreang. Kondisi jalan tidak terlalu macet dalam perjalanan dari Cimahi ke Ciwidey, hanya saja itinerary akan lebih melingkar. Sementara itu, melewati ruas tol Kopo – Soreang akan menghemat waktu Anda.

Anda juga bisa menggunakan angkutan umum jurusan Kawah Putih. Tepat di gerbang masuk, wisatawan akan menemukan papan petunjuk yang berisi petunjuk cara memasuki kawasan wisata.

Lokasi Kawah Putih

Kawasan wisata ini terletak di Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button