Berita Wisata

Dear turis, Dilarang berenang di 3 pantai di kawasan Nusa Penida ini!

Denpasar

Dalam dua pekan terakhir, 3 turis asing hanyut saat berenang di Diamond Beach, Kabupaten Klungkung, Bali. Pemkab mengambil tindakan cepat, melarang pengunjung berenang. Tidak hanya di Diamond Beach, tapi juga di Kelingking Beach dan Angel Billabong!

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan Pantai Diamond, Pantai Kelingking dan Angel Billabong memiliki arus yang kuat. Tidak cocok untuk berenang. Objek wisata ini hanya bisa diapresiasi dari pemandangannya.

“Kami tegaskan kawasan itu bukan untuk berenang,” kata Suwirta kepada detikBali, Jumat (13/1/2023).

Suwirta menjelaskan, kawasan tersebut tetap buka seperti biasa. Wisatawan dapat menikmati suasana dan pemandangan. Saya tidak bisa turun dan berenang. Hal ini mengantisipasi kemungkinan terburuk, yaitu pengunjung tersapu arus.

Pekan lalu, Selasa (tepatnya 1/3/2023), wisatawan asal Jerman dan Austria tersapu ombak di Diamond Beach. Sejauh ini, tidak satupun dari mereka telah ditemukan. Sebelumnya pada Rabu (28/12/2022), seorang turis asal Malaysia tewas diterjang ombak di lokasi yang sama.

Putu Widiada, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung, menjelaskan pantai seperti Diamond Beach di Desa Pejukutan dan Pantai Kelingking di Desa Bunga Mekar berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga ombak di sana besar dan kuat.

Ciri-ciri sebagian besar pantai di Nusa Penida berada di bawah tebing yang sempit dan garis pantai yang tidak panjang. Kondisi ini tentu berbeda dengan kawasan pantai lain di daratan Bali.

“Di beberapa daerah ini sudah kami pasang rambu-rambu peringatan bagi wisatawan dan pemandunya untuk tidak berenang jika cuaca buruk. Ini sudah kami lakukan sejak 2018. Ini masih perlu diperkuat,” kata Putu Widiada.

Simak Video “Momen Panik Puluhan Wisatawan Saat Jembatan Dermaga Nusa Penida Runtuh”
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/sgp)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button