Berita Wisata

Lanal Morotai Gandeng Instansi Vertikal Bangun Kampung Bahari Nusantara di Pulau Koloray – Seconds of Event

Morotai – Berkolaborasi dengan instansi vertikal di kabupaten. Pulau Morotai, Lanal Morotai yang saat ini diperintah oleh Letkol TNI (P) Amin Wibowo ST, membangun dan membangun Desa Koloray, Desa Lanal Morotai sebagai Kampung Bahari Nusantara pada Sabtu (24/09/2022).

Instansi lain yang terlibat adalah Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Kesbangpol, Dinas PMD, BNN, BPS Pulau Morotai, dll. yang memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung sepenuhnya pembangunan Kampung Bahari Nusantara.

Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai mencoba membuat terobosan baru untuk membuat program pengembangan “desa wisata plus plus”.
Desa wisata Plus-Plus tidak hanya berbasis pada pengembangan sektor pariwisata alam dan ekonomi kreatif, tetapi dikembangkan sebagai desa wisata yang cerdas dan sehat, desa wisata literasi, desa wisata anti narkoba, dll. yang positif, sehingga berbeda dengan desa wisata lain di daerah tersebut.
Diharapkan dari program tersebut, desa wisata yang bersangkutan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, dapat hidup dan berkembang tanpa bantuan pemerintah atau pihak ketiga, sehingga dapat membangun desanya secara mandiri. Kembangkan segala potensi yang ada, sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung dan wisatawan sehingga terjadi pemulihan ekonomi di desa.
Harapan yang sama dengan perkembangan Kampung Bahari Nusantara.

Dalam sebuah wawancara, Kepala Dinas Pariwisata, Bapak Kalbi Rasyid, mengatakan:
“Kami berterima kasih kepada Lanal Morotai yang telah mengikuti program Kampung Bahari Nusantara. Kami berharap kerjasama ini dapat diperkuat dan dimantapkan, sehingga Kab. Pulau Morotai dapat menjadi contoh bagi daerah lain,” ujarnya.

Dinas Pariwisata juga mengharapkan dukungan instansi vertikal lainnya, sehingga kerjasama yang telah dibangun dapat memberikan dampak yang lebih baik bagi desa binaan.

Rencana ke depan, sebagai bagian dari pengembangan sumber daya manusia untuk pengelolaan Kampung Bahari Nusantara, Lanal Morotai bekerjasama dengan Badan Pariwisata dan tidak mengesampingkan keterlibatan instansi lain, akan mengadakan aksi Sapta Pesona, dalam rangka melatih dan mendorong masyarakat kesadaran akan pelestarian lingkungan,” katanya.

(Tim/Merah)

Source: www.detikperistiwa.com

Related Articles

Back to top button