Berita Wisata

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinamakan Kulon Progo karena kabupaten ini terletak di sebelah barat Sungai Progo. Dalam bahasa jawa kulon berarti barat sedangkan progo adalah sungai progo sehingga jika digabungkan disebut kulon progo.

Kabupaten Kulon Progo berdiri pada tanggal 15 Oktober 1951 dan menginjak usia 71 tahun. Kulon Progo penuh dengan spot dan tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari wisata alam, wisata air hingga wisata perkotaan. Berikut sejumlah tempat yang wajib Anda kunjungi saat berwisata ke Kabupaten Kulon Progo.

1. Puncak Saka

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib DikunjungiPotert Wisata Puncak Saka dilihat dari atas (instagram.com/satriajnugroho)

Wisata Puncak Saka merupakan wisata lereng bukit yang belakangan ini viral. Tempat ini terletak 40 km dari pusat kota Jogja tepatnya di Klanjuran, Tanjungharjo, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo. Menara ini terletak di ketinggian kurang lebih 700 m.

Suasananya yang sejuk dan tenteram membuat tempat ini sering dijadikan sebagai tempat berkumpul atau rekreasi keluarga. Apalagi menjelang sore menjelang malam wisata Puncak Saka banyak pengunjung karena tidak panas dan pada malam hari bisa menikmati kerlip lampu Kabupaten Kulon Progo.

Tiket masuk Wisata Puncak Saka gratis dengan jam buka mulai pukul 08:00 hingga 21:00 WIB. Banyak fasilitas yang ditawarkan di Wisata Puncak Saka seperti tempat parkir, spot foto, mushola, kopi, warung makan dan kamar kecil.

2. Pantai Glagah

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib DikunjungiIkon pemecah ombak Pantai Glagah Indah (instagram.com/areadiy)

Kulon Progo yang berbatasan langsung dengan lautan tak lepas dari pantai. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Glagah Indah. Pantai ini terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 10 km dari pusat Kota Wates. Dengan biaya masuk Rp 6.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam Pantai Glagah Indah. Jam operasional Pantai Glagah adalah 24 jam. Biasanya, pengunjung memadati wisata ini pada pagi dan sore hari.

Pantai Glagah Indah juga memiliki berbagai fasilitas. Mulai dari mushola, toilet, wahana kiddie, ruang makan dan masih banyak lagi. Pengunjung juga bisa menikmati wahana air seperti naik perahu di danau-danau yang ada di kawasan wisata. Salah satu ikon pantai Glagah Indah adalah susunan batu pemecah gelombang yang sering dijadikan spot foto favorit wisatawan.

Baca Juga: Pantai Congot Kulon Progo: Informasi Rute, Lokasi, Harga dan Tips

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

3. Kedung Pedut

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib DikunjungiKunjungi Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo (instagram.com/setyobudiu

Wisata ini terletak sekitar 50 km dari pusat kota Yogyakarta di sebelah barat, tepatnya di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sirkuit ini dibuka pada tahun 2015 dan mulai diapresiasi oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata ini dibuka mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Harga tiket masuk Air Terjun Kedung Pedut juga terjangkau, hanya Rp11.000 per orang.

Untuk mencapai tempat wisata tersebut, cukup berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir melalui jalan setapak. Di sana kita tidak hanya menemukan air terjun, tetapi pengunjung dapat mencoba permainan yang tersedia seperti rubah terbang.

4. Sungai Mudal

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib DikunjungiEkowisata sungai Mudal dengan perairan biru jernih (instagram.com/ideliburan_)

Ekowisata sungai mudal merupakan wisata air alami dengan warna air yang super jernih dan kebiruan. Tempat ini terletak di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sungai Mudal adalah kunjungan populer bagi banyak wisatawan dari berbagai usia di luar negeri. Ekowisata Sungai Mudal juga sering digunakan untuk acara-acara seperti mengumpulkan, seminar atau piknik.

Harga tiketnya Rp 10.000 per orang dengan jam buka mulai pukul 08:30 hingga 15:30 WIB. Ekowisata Sungai Mudal menawarkan berbagai wahana dan atraksi seperti air terjun, area berkemah, dan Rubah terbang. Berbagai fasilitas yang cukup lengkap disediakan di Ekowisata Sungai Mudal seperti toilet, mushola, tempat parkir, gazebo, WiFi dan warung makan.

5.Jalan Kemiri

5 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib DikunjungiSuasana Jalan Kemiri Wates di sore hari (instagram.com/rifqisandi28

Meski tidak dicap sebagai tempat wisata, setelah proyek perluasan dan perbaikan, Jalan Kemiri menjadi ramai pengunjung, terutama kalangan muda. Jalan Kemiri sendiri berada di pusat Kota Wates, tepatnya di Terbah, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Banyak pengunjung yang ingin berfoto dan menikmati suasana asri di sini, apalagi di sore hari yang tidak terlalu terik. Pengunjung juga bisa merasakan sensasi melihat kereta melintas dari jarak yang cukup dekat, sambil menikmati jajanan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Tempat ini juga cocok untuk Anda yang ingin mengajak teman atau keluarga untuk menikmati sunset di akhir pekan.

Nah, itulah 5 tempat yang wajib kamu kunjungi jika datang ke Kulon Progo. Tunggu apa lagi, segera rencanakan liburanmu di Kulon Progo, ya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button