Berita Wisata

Keindahan Air Terjun Bangkong di Kuningan

Kuningan

Berbicara tentang objek wisata alam di Kabupaten Kuningan memang tidak ada habisnya. Pasalnya, kawasan ini memiliki segudang destinasi wisata menarik dan unik yang wajib dikunjungi.

Salah satu tempat wisata di Kabupaten Kuningan yang paling populer adalah Air Terjun Bangkong. Sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter yang memiliki pesona tersendiri.

Air Terjun Bangkong terletak di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan. Lokasi dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi, mobil atau sepeda motor. Untuk mencapai lokasi, wisatawan dapat memulai perjalanan melalui pusat Kabupaten Kuningan menuju Waduk Darma.

Nantinya, dengan memasuki beberapa belokan yang berkelok-kelok, wisatawan bisa menemukan petunjuk arah menuju lokasi Air Terjun Bangkong di desa Kertawirama. Ikuti saja jalan desa tersebut hingga sampai di titik tujuan.

Curug Bangkong menjadi populer di kalangan wisatawan dalam beberapa tahun terakhir. Tata letak tempat yang bersih dengan kondisi asri membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Dari pantauan detikJabar di lokasi, hijaunya pepohonan di sekitar dan suasana persawahan yang syahdu akan menyambut pengunjung. Sesampainya di loket masuk, wisatawan diharuskan berjalan kaki sepanjang 200 meter.

Suara air terjun yang mengalir bisa terdengar dari jauh. Sehingga rasa lelah berjalan kaki akan terbayar ketika sudah sampai di lokasi utama.

Keindahan air terjun ini terletak pada keadaan alamnya yang masih terjaga. Hal tersebut kemudian menjadi magnet yang menarik wisatawan dari luar daerah untuk berkunjung ke tempat ini.

Sebut saja Andri (23 tahun), turis asal Indramayu yang lebih memilih mengisi waktu luangnya dengan datang ke sini. Ia mengaku baru pertama kali mengunjungi Curug Bangkong.

Menurutnya, Curug Bangkong memiliki pemandangan yang menawan. Meski ukurannya tidak besar, kondisinya sangat cocok untuk dijadikan tempat berobat sambil bersantai dari hiruk pikuk kehidupan kota.

“Baru pertama kali ke sini. Pemandangannya bagus, apalagi tata letaknya cukup rapi. Kita juga bisa bersantai di gazebo-gazebo sekitar sini,” kata Andri kepada detikJabar, Sabtu (14/1/2023).

Untuk menikmati panorama alam Curug Bangkong, wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Karena hanya dengan Rp 5.000 pengunjung sudah bisa bersantai sambil mengagumi pesona air terjun.

Seperti yang disampaikan oleh pengelola air terjun Bangkong, Dede Susanto, kawasan ini tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang indah. Pasalnya, wisatawan bisa melakukan kegiatan piknik keluarga. Pasalnya, di Curug Bangkong terdapat beberapa gazebo yang bisa disewa.

Untuk fasilitas lainnya, kata Dédé, kawasan wisata ini menawarkan musala dan beberapa paket wisata. Misalnya, pengunjung bisa memesan nasi liwet yang bisa disantap bersama keluarga.

“Tiket di sini murah, hanya Rp 5.000. Fasilitas kit antara lain gazebo, mushola dan lain-lain,” kata Dede.

Diakui Dede, kawasan wisata Curug Bangkong akan dikembangkan lebih lanjut dengan menambah beberapa situs agar pengunjung betah berada di tempat ini.

Bahkan, pengunjung menikmati wahana river tubing yang disediakan di lokasi ini. Hanya saja untuk musim hujan seperti sekarang, debit air yang mengalir di Curug Bangkong tidak sebanyak saat musim panas.

“Kami punya kendaraan papalidan, tapi karena debit air di sini rendah, tidak bisa dilakukan dulu,” pungkasnya.

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke sini, cukup berwisata ke lokasi Air Terjun Bangkong. Keindahan alamnya dijamin membuat penyembuhan menjadi sempurna.

(mso/mso)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button