Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas Air Terjun KAKEK BODO Pasuruan Januari 2023

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kakek Bodo : Rp 25.000. Jam buka: 07.00 – 16.00. Nomor telepon : -. Alamat: Jl. Taman Wisata #541, Area Sawah/Kebun, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia, 67157.

Wisata air terjun tidak selalu erat kaitannya dengan jalur gunung yang sulit dan menantang. Di Pasuruan terdapat tempat wisata alam berupa air terjun yang mudah diakses. Meski harus menuruni anak tangga yang cukup melelahkan, wisatawan tidak pernah bosan mengunjungi tempat wisata manapun Air Terjun Kakek Bodo Ini.

Air terjun ini terletak di lereng Gunung Welirang, Pasuruan, Jawa Timur. Ekowisata ini tidak hanya menyuguhkan keindahan air terjun alami setinggi 40 meter, tetapi juga menawarkan tempat rekreasi lengkap yang cocok untuk piknik keluarga.

Tiket masuk Air Terjun Opa Bodo

Harga tiket masuk Air Terjun Opa Bodo sangat terjangkau mengingat semua fasilitas yang ditawarkan. Harga tiket yang berbeda berlaku untuk turis asing.

Biaya masuk
tiket masuk Rp 25.000

Baca: AIR TERJUN PUTUK TRUNO, Tiket Masuk dan Pesona Pasuruan

Buka kali air terjun

Kawasan wisata air terjun ini terbuka untuk umum dari pagi hingga malam hari setiap harinya.

jam operasi
Setiap hari 07.00 – 16.00 WIB

Objek Wisata Air Terjun Kakek Bodo

ekowisata air terjun Opa BodoAir Terjun Kakek Bodo berada di lereng utara Gunung Welirang, Pasuruan, Jawa Timur – Foto: Google Maps/Safitri Siyam Sari

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Agrowisata Bhakti Alam

Air Terjun Kakek Bodo merupakan air terjun yang termasuk dalam Kawasan Wisata Tretes. Air terjun ini berada di tengah hutan lindung yang dikelola RPH Prigen, BKPH Lawang Barat. Air terjun ini mengalir di ketinggian 850 mdpl dan terletak di lereng utara Gunung Welirang.

Nama air terjun ini berasal dari legenda yang mengelilinginya. Selain dihiasi legenda, Air Terjun Kakek Bodo juga memiliki berbagai fasilitas yang lumayan. Ekowisata ini menawarkan pengalaman bersantai dikelilingi alam dengan fasilitas yang nyaman.

Legenda Kakek “Bodoh”

Makam Kakek BodoMakam Kakek Bodo yang dikeramatkan dan tidak boleh sembarangan dikunjungi – Foto: Google Maps/Airin Levina

Baca: Tiket Masuk dan Wahana TAMAN SAFARI PRIGEN

Nama air terjun ini merujuk pada cerita tentang seorang kakek pada zaman Belanda. Namun, ada seorang kakek tua yang mengabdikan hidupnya untuk keluarga Belanda. Selama pengabdiannya, hidupnya terjamin dan berkecukupan.

Namun, suatu hari dia memutuskan untuk menyerahkan semua yang dia miliki. Keluarga Belanda yang dulunya majikannya tidak mengerti dan heran. Mereka mengira kakek bodoh meninggalkan hartanya.

Kakek ini pergi bertapa di bawah air terjun untuk mendapatkan kesaktian. Kekuatan ini digunakan untuk membantu penduduk setempat yang mendapat kesulitan. Air terjun ini kemudian disebut “Kakek Bodo” ​​sesuai julukan yang diberikan Belanda kepada kakek ini.

Makam Kakek Bodo masih ada sampai sekarang. Bentuknya berupa bangunan mirip rumah dengan atap limas. Makam ini dianggap keramat oleh penduduk setempat dan wisatawan tidak bisa sembarangan mengunjunginya.

Perjalanan melawan kebosanan

Tangga menuju air terjunJalur menuju lokasi air terjun Kakek Bodo berupa tangga – Foto: Google Maps/David Webb

Baca: Tiket Masuk dan Wahana ke SAYGON Waterpark

Berwisata ke Air Terjun Kakek Bodo merupakan pengalaman rekreasi alam yang cocok untuk keluarga. Meski berada di tengah hutan, lingkungan sekitar dan jalan akses didesain seperti itu. Jadi perjalanan ke air terjun tidak akan membosankan dan sangat menyenangkan.

Pengalaman ini khusus dimenangkan bagi pengunjung yang datang melalui loket 1. Melewati gapura, pengunjung tidak merasa seperti sedang memulai perjalanan ke tengah hutan. Perjalanan sejauh 1 kilometer ini memang tidak akan terasa melelahkan.

Lingkungan yang asri didukung oleh suasana hutan yang masih terjaga. Di beberapa tempat terdapat spesies monyet liar. Asal tidak mengganggu dan merugikan, wisatawan bisa beristirahat dengan nyaman di kawasan wisata ini.

Surga selfie

Pintu masuk menuju air terjunSelain air terjun, Wana Wisata menawarkan berbagai tempat rekreasi alam lainnya – Foto: Google Maps/uletz bhulu

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas KEBUN PAK BUDI

Jalan setapaknya berupa deretan anak tangga yang lebar dan tertata rapi dihiasi berbagai tanaman hias. Pepohonan tinggi terhampar dan menciptakan suasana teduh. Kadang-kadang jalan ini melintasi jembatan yang melintasi sungai berbatu.

Di sepanjang jalan, pengunjung dapat dengan mudah menemukan toilet, mushola, serta warung dan warung makan. Pengunjung tidak perlu memaksakan diri saat lelah, terutama untuk anak-anak dan orang tua. Pengunjung dapat beristirahat di rest area yang telah disediakan sebelum melanjutkan perjalanan.

kolam renang anakTersedia kolam renang untuk anak-anak yang nyaman dan aman – Foto: Google Maps/rudy atmoko

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi dan Aneka Taman

Ada juga sejumlah spot foto yang sengaja dibangun dengan bahan-bahan yang ada di alam. Jembatan yang dilintasi pun beragam bentuk dan warnanya. Bagi penyuka fotografi, perjalanan ke air terjun merupakan “surga” untuk mengoleksi memorabilia visual.

Dalam perjalanan, wisatawan akan menemukan kolam renang anak. Kolam yang cukup besar dengan air yang jernih ini juga dilengkapi dengan seluncuran. Anak-anak dapat berenang dengan aman dan gembira di tengah alam.

Air Terjun Alami

Air Terjun Kakek BodoAir Terjun Kakek Bodo yang mengalir dari ketinggian 40 meter – Foto: Google Maps/Ips Tio

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Taman Dayu Waterpark

Setelah melewati berbagai spot foto dan tempat tinggal monyet, pengunjung sampai di tempat tersebut. Pengunjung akan disambut oleh air terjun setinggi 40 meter yang mengalir dari Sungai Kaligetik. Airnya jernih dan arusnya mengikuti musim.

Bermain air di danau air terjunPengunjung bermain air dan bersantai di danau yang mengelilingi air terjun – Foto: Google Maps/Nobita Noby

Di bawahnya terdapat kolam alami dengan kedalaman hingga 5 meter. Daerah sekitarnya didominasi oleh bebatuan sungai yang besar dan licin. Pengunjung memiliki banyak kegiatan di sini. Pengunjung bisa berenang, bermain air, atau sekedar duduk santai di atas batu karang sambil menikmati keindahan air terjun.

Akses menuju Air Terjun Opa Bodo

Ada tiga gerbang masuk untuk mencapai air terjun wisata ini. Dari ketiganya, Counter 1 di Pines Garden Resort adalah gerbang yang paling banyak dikunjungi. Gerbang ini memiliki rute terdekat dan termudah.

Sedangkan Saklar 3 merupakan gerbang masuk pendakian Gunung Arjuna. Rute dari gapura ini lebih cocok untuk pendaki berpengalaman karena jaraknya yang jauh.

Sistem air terjun Kakek Bodo

Fasilitas yang ada di Air Terjun Wana Wisata antara lain tempat parkir yang luas, toilet, mushola, bumi perkemahan, kolam renang, taman bunga, amphitheater, dan beberapa warung makan yang tersebar. Tangga atau jalan setapak yang harus dilalui ditata dan ditata sedemikian rupa sehingga mudah dilalui.

Lokasi Air Terjun Kakek Bodo

Properti wisata dengan air terjun ini terletak di kawasan wisata Tretes, tepatnya di desa Pecalukan, kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Ada beberapa gerbang masuk yang bisa dipilih untuk menuju lokasi. Counter 1 terletak di lokasi yang sama dengan gerbang depan Pines Garden Resort. Loket 2 terletak di Taman Safari II Prigen. Counter 3 berada di belakang Hotel Surya.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button