Berita Wisata

6 Tempat Minum Kopi Sambil Menikmati Kota Tua Denpasar

Denpasar

Kawasan wisata Kota Tua atau yang kini lebih dikenal dengan sebutan Denpasar Heritage ini memiliki catatan sejarah yang cukup signifikan. Kawasan wisata ini menampilkan bangunan komersial tua dari jaman dahulu.

Ada banyak jenis usaha yang dijalankan dari bangunan ruko di Jalan Gajah Mada, Kota Denpasar, Bali. Apalagi keberadaannya dekat dengan pasar Badung dan pasar Kumbasari yang menjadi pusat perekonomian masyarakat.

Bisnis kafe atau kedai kopi di kawasan heritage Denpasar juga menjadi primadona bagi masyarakat. detikBali meneliti berbagai kafe yang populer di kalangan penduduk setempat.

Berbasis penelitian detikBaliinilah enam kafe yang ada di kawasan cagar budaya Kota Denpasar.

1. Kafe Gajah Mada

Seperti namanya, Kedai Kopi Gajah Mada terletak di kawasan cagar budaya utama kota Denpasar. Lokasi kafe ini berada di Jalan Gajah Mada nomor 41.

Kafe Gajah Mada di Denpasar.Kafe Gajah Mada di Denpasar. Foto: I Wayan Sui Suadnyana/ detikBali

Kafe Gajah Mada mudah ditemukan. Detikers yang mau kesana tinggal jalan lurus saja di Jalan Gajah Mada dari barat ke timur. Keberadaannya setelah Pasar Badung.

Setelah melewati Pasar Badung, detikers bisa berjalan sedikit lebih lambat. Kafe Gajah Mada berada di sisi kanan jalan. Tempatnya cukup mudah ditemukan karena memiliki tanda kotak hitam.

2. Bhineka Djaja

Bhineka Djaja adalah salah satu kafe legendaris di kota tua Denpasar. Sebenarnya, perusahaan kopi Bhineka Djaja dimulai pada tahun 1935 oleh seorang etnis Tionghoa bernama Bian Ek Hoo.

Bhineka Djaja Denpasar.Bhineka Djaja Denpasar. Foto: I Wayan Sui Suadnyana/ detikBali

Sama seperti Warung Kopi Gajah Mada, Bhineka Djaja juga berada di kawasan inti Denpasar Heritage Zone. Kafe ini terletak di Jalan Gajah Mada nomor 80, setelah Pasar Badung. Bhineka Djaja berada di utara Jalan Gajah Mada.

Detikers, jangan sampai kelewatan kalau ingin mencoba kopi legendaris Bhineka Djaja, pemilik merek kopi kemasan Butterfly Bola Dunia. Memang, Bhineka Djaja buka mulai pukul 09:00 WITA hingga 15:00 WITA.

3. Warisan Nadhi

Kafe Nadhi Heritage adalah salah satu yang paling unik dibandingkan yang lain. Keberadaan kafe ini seperti permata tersembunyi atau permata tersembunyi.

Nadhi Warisan Denpasar.Nadhi Warisan Denpasar. Foto: I Wayan Sui Suadnyana/ detikBali

Saat datang ke Nadhi Heritage, detikers tidak akan langsung menemukan kopi. Memang toko ini berada di lantai dua sebuah bangunan tua di kawasan Cagar Budaya Denpasar. Sedangkan di lantai satu adalah toko buku dan alat tulis.

Jadi kalau ke kafe Nadhi Heritage masuk ke toko buku dan alat tulis Nadhi Heritage di lantai satu. Di belakang, terdapat tangga menuju lantai dua, tempat Nadhi Heritage Cafe berada.

4. Ritual kopi

Kedai Kopi Ritual sebenarnya tidak berada di kawasan Jalan Gajah Mada Denpasar. Lokasinya ada di Jalan Arjuna nomor 8. Namun cukup dekat dengan kota tua yang berada di sebelah timur bank BNI di Jalan Gajah Mada.

Ritual Kopi Denpasar.Ritual Kopi Denpasar. Foto: I Wayan Sui Suadnyana/ detikBali

Cukup mudah untuk menemukan kafe ini. Pengunjung dapat berjalan kaki dari Jalan Gajah Mada kemudian belok ke utara di Jalan Arjuna. Namun bila membawa kendaraan, sebaiknya pengunjung datang dari arah utara di Jalan Arjuna dan berhenti terlebih dahulu lampu lalulintas timur Bank BNI Gajah Mada.

5. Suasana kafe

Mood Coffee terbilang sebagai salah satu kafe terbaru di tempat wisata Kota Tua Denpasar. Warung ini juga tidak berada di Jalan Gajah Mada, melainkan berada di Jalan Sumatera nomor 44.

Mood Cafe Denpasar.Suasana Kafe Denpasar. Foto: I Wayan Sui Suadnyana/ detikBali

pengawasan detikBali Di tempat tersebut, Mood Coffee cukup ramai sekitar pukul 04.34 WITA. Berbagai kendaraan terlihat terparkir di sana, didominasi sepeda motor. Pengunjungnya cukup banyak. Pengunjung didominasi oleh anak muda.

6. Kafe Goodang

Sama seperti Mood Coffee, kafe ini juga tidak berada di Jalan Gajah Mada melainkan berada di Jalan Pulau Sumatera Nomor 6 Kota Denpasar. Namun lokasinya sangat dekat dengan kawasan Jalan Gajah Mada.

Kafe Goodang Denpasar.Kafe Goodang Denpasar. Foto: I Wayan Sui Suadnyana/ detikBali

Jika ingin ke sana, jalan lurus di Jalan Gajah Mada ke arah timur dan belok kanan ke selatan menuju Jalan Pulau Sumatera. Pastikan untuk melambat saat berbelok di Jalan Pulau Sumatera karena kafe ini sangat dekat dengan perempatan.

Tak hanya siang hari, detikers yang ingin menikmati kota tua Denpasar hingga malam hari pun bisa ke sana. Sebab, menurut informasi dari Google, Goodang Kopi buka mulai pukul 08.00 WITA hingga 23.00 WITA.

Nah, itulah enam tempat menikmati kawasan heritage Kota Tua Denpasar. Adakah detikers yang pernah kamu kunjungi?

Simak videonya “Penjelasan Psikolog Lato-lato Bikin Anak Ketagihan”
[Gambas:Video 20detik]
(irb/gsp)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button