Berita Wisata

Jadwal Pemerintah Kabupaten Magetan 145 Kegiatan wisata dan budaya

Sejumlah agenda diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Magetan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN – Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur menjadwalkan 145 kegiatan pariwisata dan budaya digelar dalam Calendar of Events atau CoF sepanjang tahun 2023.

“Guna mendukung sektor pariwisata dan perekonomian Magetan, untuk tahun 2023 direncanakan sebanyak 145 kegiatan,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan Joko Trihono, di Magetan, Minggu. (15/1/2023).

Menurutnya, sejumlah agenda diharapkan dapat meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke Magetan pada tahun 2023. Selain itu, pada awal tahun 2023 pemerintah resmi mencabut penerapan PPKM yang tentunya akan berdampak positif bagi sektor pariwisata daerah.

“Semua agenda yang terekam dalam CoE 2023 dapat diakses di website tourismandculture.magetan.go.id,” dia berkata.

Pihaknya menambahkan CoE 2023 dengan segala agendanya merupakan salah satu program strategis Pemkab Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan. Tujuannya adalah untuk mempromosikan pariwisata di Magetan kepada masyarakat.

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto mengajak masyarakat Magetan untuk turut mensukseskan dan memeriahkan kegiatan CoE 2023. Magetan bisa menjadi peluang untuk lebih memajukan usaha pariwisata di Magetan,” ujar Suprawoto.

Ia juga ingin semua agenda yang dicanangkan pada CoE Magetan 2023 dapat hidup dan mampu mengharumkan nama Kabupaten Magetan serta wisata Magetan lebih dikenal. “Saat ini Magetan juga akan memimpin pariwisata hijau untuk mendukung pelestarian lingkungan. Salah satunya menanam 40 pohon beringin berumur 13 tahun. Diharapkan kedepannya menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang unik dan tematik,” ujarnya.

Menurut data, destinasi wisata di Magetan beragam, mulai dari wisata alam, sejarah dan budaya, wisata kuliner, hingga desa wisata. Misalnya Air Terjun Tirto Sari, Taman Refugia, Taman Wisata Genilangit, Tirto Gumarang, Taman Hutan Raya Mojosemi, Hutan Hijau Lawu, Desa Susu Singolangu, Desa Wisata Jabung, Desa Wisata Sumber Dodol dan Desa Wisata Tepi Pantai Sumber Sawit.

Selain itu, ada Taman Magetan, Wisata Pemandian Gorang Gareng, Kuliner Sumber Bening, Wisata Desa Madigondo, dan Kuliner Ayam Bakar Gandu. Seiring semakin dikenalnya pariwisata di Magetan, diharapkan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

sumber: ANTARA

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button