Tempat Wisata

Air Terjun Putri Malu Way Kanan – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket Masuk

harga tiket: Rp20.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Banjit, Kec. Banjit, Cab. Way Kanan, Lampung.

Mengeksplorasi pesona wisata alam di Provinsi Lampung memang selalu menyenangkan. Ada berbagai destinasi wisata alam mulai dari pegunungan, lautan, lembah, taman, hutan, air terjun dan lainnya. Salah satu tempat wisata alam yang terkenal di daerah Lampung adalah air terjun. Air Terjun Putri Malu.

Nama Putri Malu berasal dari mitos yang dipercaya masyarakat setempat bahwa dahulu ada seorang putri yang tinggal di sebuah air terjun. Putri ini tidak pernah menampakkan diri kepada orang lain karena malu dengan wajahnya, sehingga tempat itu dinamakan Air Terjun Putri Malu yang berada di Way Kanan. Lokasi air terjun ini berada di ketinggian 100 meter di atas permukaan laut.

Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara telah mengunjungi air terjun cantik ini. Lokasinya yang berada di daerah pegunungan membuat kawasan air terjun yang populer ini terasa alami, terselip di hutan tropis yang sejuk. Menakjubkan adalah kata yang tepat untuk menggambarkan air terjun yang populer di kalangan wisatawan ini.

Daya tarik air terjun Putri Malu

Daya tarik air terjun Putri MaluKredit foto: Google Maps Janwar Adventure

1. Dikelilingi bebatuan tinggi

Air terjun eksotis ini dikelilingi bebatuan tinggi yang sangat epic sebagai spot foto. Air terjun yang mengalir deras dan permukaan batu di sebelahnya merupakan daya tarik yang tidak boleh diabaikan. Bebatuan inilah yang menjadi daya tarik air terjun di Way Kanan.

2. Air terjun dengan ketinggian 80 meter

Air terjun yang indah ini memiliki ketinggian 80 meter, aliran airnya cukup deras, sehingga suara yang dihasilkan memenuhi indera pendengaran Anda. Keindahan air yang jatuh dari ketinggian ini menjadi pemandangan utama yang memikat indera pengunjung.

3. Air jatuh langsung ke kolam

Air Terjun Putri Malu bukanlah air terjun yang berjenjang, sehingga sensasi air yang jatuh dari ketinggian langsung disambut oleh kolam utama yang cukup lebar namun tidak terlalu dalam. Kesegaran air pegunungan dapat menghilangkan rasa lelah saat berkendara.

4. Tracking terlebih dahulu untuk menuju lokasi air terjun

Daya tarik lainnya adalah air terjun Putri MaluKredit foto: Google Maps Venom Neo

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan air terjun harus melalui jalur tracking yang cukup melelahkan. Namun, jangan hanya membayangkan berada jauh di sana, namun di setiap mata Anda bisa menemukan pemandangan keindahan alam yang tak kalah indahnya seperti gunung, kebun teh, pohon jambu, jembatan penyeberangan dan masih banyak lagi.

5. Ada fasilitas Ojek Gunung

Untuk menikmati keindahan air terjun, wisatawan perlu menyusuri bagian bawah yang jaraknya cukup jauh. Begitu pula dengan kondisi di air terjun Lampung. Bagi Anda yang mungkin merasa kurang kuat untuk berjalan kaki cukup jauh, Anda bisa menggunakan fasilitas ojek gunung yang ada. Keberadaan ojek gunung menjadi daya tarik tersendiri untuk merasakan berkendara motor di medan jalan yang kasar.

6. Lokasi strategis dekat dengan tempat wisata lainnya

Wisata alam dekat Air Terjun Putri Malu lainnya adalah pemandian air panas di dekat Sungai Neki dan Curup Bukit Sit. Puas dengan keindahan air terjun yang menawan ini, wisatawan bisa menyempatkan diri mengunjungi objek wisata lain yang tak kalah mempesona.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Putri MaluSumber gambar: Twitter Yopie Pangkey

Tempat wisata populer di Kabupaten Lampung ini, mencari alamat air terjun ini tidaklah sulit. Alamatnya di kawasan Way Kanan, terdaftar di Daftar Hutan 24 di perbatasan antara Sumatera Selatan dan Lampung. Akses jalan menuju lokasi air terjun terbilang mudah meski berada di lokasi terpencil.

Jalur menuju lokasi air terjun bagi wisatawan yang datang dari kota Bandar Lampung bisa melalui jalur via Kotabumi dari Bandar Lampung – Bukit Kemuning. Setelah itu melanjutkan perjalanan ke Baradatu yang masih harus dilanjutkan ke jalur pasar Banjit menuju desa Juku Batu.

Bagi wisatawan roda empat, perjalanan hanya bisa sampai di Juku Batu, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menyewa ojek gunung. Jarak tempuh dari Bandar Lampung ke Baradatu kurang lebih 4 jam. Ojek gunung yang sepeda motornya telah dimodifikasi sehingga dapat dengan mudah melakukan perjalanan di daerah pegunungan.

Sementara itu, wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor dapat melanjutkan perjalanan menuju pintu masuk Air Terjun Putri Malu. Namun, kondisi sepeda motor dan jalan yang dilaluinya harus diperhatikan. Kondisi jalan yang sempit dan licin menjadi tantangan bagi pengendara roda dua.

Harga sewa ojek gunung rata-rata Rp 100.000 per motor Untuk menghemat biaya, satu motor dapat dikemudikan oleh dua orang dengan harga yang harus dinegosiasikan terlebih dahulu dengan pihak ojek. Selain untuk mengangkut penumpang, ojek juga bisa berfungsi sebagai pemandu atau pemandu selama perjalanan.

Berkendara dari Juku Batu ke Air Terjun Putri Malu memakan waktu sekitar 30 menit dengan sepeda motor, dan akan memakan waktu lebih lama jika wisatawan memutuskan untuk menikmati suasana tracking. Bagi wisatawan yang mengendarai ojek gunung juga akan mendapatkan keseruan dan aksi menegangkan dari tanjakan dan turunan yang akan dilalui.

Biaya masuk air terjun

Tiket masuk ke air terjun Putri MaluSumber gambar: Google Maps Dedi

Harga tiket masuk yang dikenakan pengelola untuk pengunjung adalah Rp 20.000 per orang. Harga tersebut sebanding dengan keindahan alam yang akan ditemui pengunjung nantinya. Bagi pengunjung yang ingin menggunakan jasa taksi gunung perlu menambah biaya sebesar Rp. 100.000 sekali jalan.

Namun, jika Anda merasa kuat dan mampu melewati medan lintasan, tidak ada salahnya Anda ikut saja, latihan bebas dan berhitung juga. Pengunjung hanya perlu menyiapkan perbekalan logistik agar tidak kelaparan di sepanjang jalan.

Aktivitas seru di Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu Aktivitas seruSumber gambar: Google Maps Minak Alam

1. Bermain air dan berendam

Mitos atau fakta berendam di kolam air terjun bisa menyembuhkan penyakit rematik. Terlepas dari kepercayaan itu, menyelam ke air terjun sebenarnya adalah kegiatan yang menyenangkan. Rasa segar air menghilangkan rasa lelah setelah perjalanan jauh. Mandi di air terjun diperbolehkan selama tidak berada di bawah aliran langsung air terjun.

2. Pelacakan di lokasi eksotis

Air Terjun Putri Malu terlilit hutang, untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini pengunjung harus terlebih dahulu track atau jalan kaki. Di sepanjang jalan, pengunjung akan menjumpai pepohonan yang luas dan kebun teh milik warga. Tracking bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga, sahabat, atau orang-orang tersayang.

3. Menjelajahi hutan

Air terjun cantik ini mengalir ke kawasan hutan di Register 24 Lampung. Bagi pengunjung yang ingin menjelajahi hutan, bisa mengurus izin terlebih dahulu agar pengelola memiliki tim yang bisa membantu.

4. Cari foto Instagram-worthy

Aktivitas seru di Air Terjun Putri MaluKredit foto: Google Maps Berly Ramadona

Kegiatan liburan hari ini perlu diimbangi dengan kehadiran media sosial. Tren mengambil foto yang instagramable juga berlaku bagi pengunjung yang berkunjung ke air terjun cantik ini. Spot foto favorit pengunjung adalah di depan Grojogan yang menjadi background foto air terjun. Hasilnya tidak diragukan lagi berfoto selfie atau selfie tetap keren.

5. Meditasi yang Menenangkan

Anda juga dapat melakukan aktivitas untuk menenangkan jiwa dan raga di air terjun yang indah ini. Suasananya masih sangat bagus, jauh dari kebisingan kendaraan, meditasi Anda akan sangat santai. Liburan bukan hanya tentang bersenang-senang, tetapi lebih pada menenangkan pikiran sehingga siap untuk kembali ke kehidupan sehari-hari.

6. Piknik bersama keluarga

Air Terjun Putri Malu merupakan kawasan wisata keluarga yang cocok untuk dikunjungi bersama rombongan. Letaknya yang berada di tengah hutan membuat tempat ini tidak bisa dijangkau oleh warung makan. Ini bisa digunakan untuk piknik keluarga, menyiapkan makanan dari rumah untuk dinikmati bersama di dekat air terjun.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas air terjun Putri MaluSumber gambar: Twitter Diana Radiata

Air terjun Putri Malu dikelola oleh kelompok masyarakat yang juga mengelola hutan. Manajemen terus melakukan pembenahan untuk memberikan fasilitas yang maksimal kepada pengunjung. Setiap harinya, semakin banyak pengunjung yang datang dari berbagai macam daerah.

Saat ini pengunjung dapat menggunakan berbagai fasilitas umum yang telah disediakan, seperti istirahat setelah jalan-jalan atau mandi.

Fasilitas yang tidak tersedia di area air terjun adalah warung makan, sehingga pengunjung perlu membawa perbekalan sendiri atau membelinya saat berada di Juku Batu. Persiapkan perbekalan yang cukup untuk datang dan pulang karena mengunjungi air terjun eksotis ini pastinya akan menguras banyak tenaga.

Keindahan air terjun Putri Malu mempesona di hutan Way Kanan, Lampung. Keindahan yang dihadirkan akan memikat hati setiap orang yang ada disana. Semakin banyak pengunjung yang datang setiap harinya, maka tempat wisata ini mengalami pembenahan disana-sini untuk memenuhi kenyamanan para pengunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button