Berita Wisata

Acara F1H20, Polres, Dandim dan Pemkab Samosir berbelok di sekitar pantai Danau Toba

AKTUALONLINE.co.id SAMOSIR |||
Sejak diundang menjadi tuan rumah ajang kejuaraan dunia perahu motor yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan disponsori oleh H2O kelas tertinggi (F1H2O) dalam kompetisi perahu motor seperti kompetisi balap mobil F1 yang diadakan di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada tanggal 24 hingga 26 Februari 2023. , Pemerintah Kabupaten Samosir bersama Polres dan Dandim serta para pemangku kepentingan yang hadir bersama-sama melakukan ‘Kurve’ (pembersihan) di sekitar pesisir Danau Toba Kabupaten Samosir, Senin (16/1/2023).

Pelaksanaan kegiatan Curve dipimpin langsung oleh Wakapolda Samosir Kompol TM Lumban Tobing, SH, MH dan dibantu oleh Sekda Samosir, Drs Waston Simbolon, Dandim O210/TU yang diwakili oleh Danramil Pangururan Kapten Sugiono, Asisten 1 Kab. Samosir Drs Tunggul Sinaga, Kabag Ops Polres Samosir Muhammad Hasan, SH, MH, Kompol Samosir Kabid SDM Polri Saut Tulus Panggabean, SH, Ren Samosir Kapolres Kompol K.Sianturi, S.Sos., MH Kabag Logistik Polres Samosir Kompol Napsanto. SH.

Kepala Dinas Perhubungan Samosir diwakili oleh Kepala LLAJ Margaret Simbolon, Kepala Distrik Pangururan Robintang Naibaho, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir Edison Pasaribu, Kepala Satpol-PP Kab. Samosir yang diwakili oleh Kabid Trantibum Ronalpen Sinabariba, Dirut BPBD Kab. Samosir Sarimpol Manihuruk dan UPJ Polres Samosir.

Sebelum pelaksanaan belokan terlebih dahulu dilakukan pendistribusian personel dan penyerahan APP, dibawah pimpinannya Wakapolres Samosir Kompol Togap Bpk. Lumbantobing, SH, MH.

Dalam arahannya, Kompol Togap menyampaikan bahwa saat ini kami sedang Apel untuk melakukan kegiatan pembalikan sekitar Danau Toba untuk persiapan event F1H2O yang akan diadakan Februari mendatang.

Selain itu, kelokan aktif ini merupakan perintah langsung dari Kapolda Sumut dan dilakukan secara serentak oleh seluruh Polres dan Pemerintah Kabupaten di wilayah Danau Toba, karena kegiatan yang sama juga dilakukan secara serentak di kecamatan Samosir. kecamatan yang dipimpin oleh Camat dan Kapolres di jajaran Polres Samosir.

Untuk itu, dimohon agar kegiatan Curve ini dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan selalu mengutamakan keselamatan setiap orang.

Pada pelaksanaan belokan ini terbagi menjadi beberapa titik di wilayah Kabupaten Samosir dengan lokasi sebagai berikut;

  1. Pusat pusat Kota Pangururan, Kec. Pangururan, Kabupaten Samosir (persimpangan empat gereja Bolon, bundaran kota Pangururan dan Jl. Danau Toba).
  2. Atraksi Aek Rangat Kel. Siogung-Ogung Kab. Samosir.
  3. Objek wisata pasir putih Parbaba, desa Huta Bolon, kecamatan Pangururan, Kab. Samosir.
  4. Kecamatan se Kab. Samosir meliputi:
  • Kecamatan Palipi di Jl.Pelabuhan desa Pallumbuan.
  • Distrik Onanrunggu di pelabuhan kapal kayu dan penyeberangan Onanrunggu.
  • Kabupaten Nainggolan menuju Kapal Kayu Sipinggan dan Pelabuhan Feri.
  • Kecamatan Simanindo di Jl.Pelabuhan Desa Ambarita.
  • Kecamatan Harian dimulai dari Simpang Gonting di Desa Turpuk Limbong

Seluruh peserta Curve membersihkan sampah, rerumputan, tanah dan tanaman yang menutupi jalan, pelabuhan yang menghalangi keindahan Danau Toba, dan diharapkan kegiatan ini dilakukan setiap hari Jumat sebelum acara F1H2O di Danau Toba, ujar Wakapolres Samosir. ||| JSS

Penerbit: Zul

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button