Berita Wisata

Ranu Klakah, danau indah di Lumajang dengan latar Gunung Lemongan

Ranu Klakah merupakan tempat wisata alam dan tempat rekreasi keluarga yang terletak di Lumajang, Jawa Timur. Sebuah danau dengan alam yang indah dengan pemandangan Gunung Lemongan sebagai latar belakang. Ranu Klakah adalah danau berbentuk segitiga. Karena ada tiga danau lain yang letaknya berdekatan. Yaitu Ranu Klakah, Ranu Bedali dan Ranu Pakis.

ranu clakahranu clakah. Peta Google. sumber: Maulana

Danau Klakah merupakan danau alami yang terbentuk akibat letusan Gunung Lemongan. Danau terluas dan terbesar dari ketiganya terdapat di lereng Gunung Lemongan.

Keadaan danau dan lingkungan alamnya masih cukup alami. Suasananya sangat sejuk karena berada di lereng gunung. Ranu Klakah berada di ketinggian 900 mdpl dan memiliki luas sekitar 22 hektar dengan kedalaman hingga 30 meter.

Pemandangan Ranu Klakah sangat indah dan terlihat sangat luas. Kondisi air di danau ini cukup bersih dan jernih. Airnya berasal dari beberapa mata air di sekitar danau. Jika tidak tertutup kabut, wisatawan akan melihat pemandangan Ranu Klakah dengan latar Gunung Lemongan.

Tiba di tempat wisata Ranu Klakah. Anda akan melihat banyak kegiatan masyarakat di sekitar. Di antara kegiatan nelayan dan nelayan. Biasanya kita sering melihat mereka di pagi dan sore hari. Jenis ikan yang didapat cukup beragam, mulai dari tawes, mujair, bawal dan lain sebagainya.

Obyek wisata alam Ranu Klakah dilengkapi dengan fasilitas umum dan fasilitas penunjang yang baik. Di sini juga tersedia wahana seru dan menarik. Seperti berkeliling Danau Ranu Klakah menggunakan perahu wisata berupa perahu motor atau bebek. Berfoto selfie dengan latar Ranu Klakah atau Gunung Lemongan. Dan jangan lewatkan untuk menikmati masakan dengan menu restoran terapung terbaik.

Alamat Ranu Klakah

  • Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Jam buka

  • Setiap hari. 06.00 WIB – 18.00 WIB.

Biaya masuk

  • Tiket masuk Rp.5.000,-/orang

Jalan menuju Ranu Klakah

Lokasi Ranu Klakah berjarak sekitar 20 km sebelah utara kota Lumajang. Dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit. Dari kota Lumajang, rute atau jalan tercepat menuju tempat wisata ini bisa melalui Jl. Merdeka Bodan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Jika Anda menggunakan transportasi umum dengan bus. Anda dapat mengambil titik dari terminal bus Surabaya-malang. Kemudian dilanjutkan ke Terminal Wonorejo, Terminal Klakah dan bisa langsung menuju tempat wisata.

Angkutan

Akses jalan menuju lokasi wisata Ranu Klakah cukup baik. Untuk menuju tempat wisata tersebut, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Atau bisa juga menggunakan transportasi umum seperti bus umum.

Apa yang ada di Ranu Klakah

ranu klakah lumajangranu klakah lumajang. Peta Google. sumber: surat Fachry

Ranu Klakah menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Tempat wisata alam dan tempat rekreasi keluarga terletak di Lumajang, Jawa Timur. Sebuah danau dengan latar alam yang indah dengan pemandangan Gunung Lemongan sebagai latar belakang.

Ada tempat-tempat menarik dan aktivitas seru yang bisa Anda lakukan dan nikmati saat berkunjung ke Ranu Klakah. Destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan sarana dan fasilitas yang cukup lengkap.

Nikmati pemandangan alam Ranu Klakah

lanskap ranu klakahlanskap ranu klakah. Peta Google. sumber: surat Fachry

Ranu Klakah merupakan sebuah danau alami yang terbentuk akibat letusan Gunung Lemongan. Kondisi alamnya masih cukup alami. Susananya sangat keren karena dia tinggi. Jika tidak tertutup kabut, wisatawan akan melihat pemandangan Ranu Klakah dengan latar Gunung Lemongan.

Di sekitar taman terdapat pepohonan besar yang rindang yang membuat suasana semakin asri. Kondisi sekitar cukup terjaga dan wisatawan bisa menikmati taman untuk bersantai. Kondisi air danau ini juga cukup bersih, berasal dari beberapa mata air di sekitar danau. Nikmati pemandangan Ranu Klakah sambil ngopi bareng teman dan keluarga.

Mengelilingi danau dengan perahu wisata

kapal pesiarkapal pesiar. Peta Google. sumber: Sri Hartani

Salah satu kegiatan yang menarik dari objek wisata Ranu Klakah adalah berkeliling danau menggunakan perahu wisata. Di sini tersedia persewaan perahu motor atau bebek. Untuk menggunakan perahu ini, wisatawan harus membeli tiket terlebih dahulu. Dengan menggunakan perahu motor, wisatawan bisa berkeliling menikmati setiap sudut kawasan Danau Ranu Klakah.

Tempat bermain

Ada taman bermain kecil yang teduh dibangun di sebelah kunci di Ranu Klakah. Tempat yang cocok untuk dijadikan arena bermain bagi pengunjung yang membawa anak-anak.

Menikmati sunrise di Ranu Klakah

matahari terbit di ranu klakahmatahari terbit di ranu klakah. Peta Google. sumber: Bayu Surya Pamungkas

Kegiatan menarik lainnya di Ranu Klakah adalah menikmati matahari terbit. Pemandangan matahari terbit yang indah dengan latar Gunung Lemongan.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati siluet nelayan dan nelayan. Udara segar dengan rimbunnya pepohonan menjadi pemandangan yang sangat menawan.

Menikmati kuliner

mengunjungi ranu klakahkunjungan ranu klakah. Peta Google. sumber: ewahyudi 325

Saat berkunjung ke Ranu Klakah, jangan lewatkan aktivitas dengan sajian kulinernya. Ada toko terapung yang dibangun di tepi danau. Warung apung ini menawarkan sajian khas Ranu Klakah berupa aneka olahan ikan air tawar.

Lokasi stand terapung ini tidak jauh dari taman dan bisa ditempuh dengan menyusuri tepian Ranu Klakah. Cicipi hidangan yang diolah dengan air tawar sambil menikmati pemandangan alam Ranu Klakah.

mengambil selfie

berfoto di ranu klakahberfoto di ranu klakah. Peta Google. sumber: Hasti Utami
ranu klakah selfieselfie di ranu klakah. Peta Google. sumber: Eva Riani

Berfoto selfie merupakan hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke tempat wisata alam Ranu Klakah. Berbagai spot foto menarik dan instagramable tersedia di sini.

Fasilitas Ranu Klakah

Berikut fasilitas umum dan fasilitas yang tersedia di Ranu Klakah.

  • Tempat parkir yang luas
  • toko wisata
  • Restoran
  • Tempat foto
  • Wahana seru
  • perkemahan
  • Toilet umum
  • Tempat bermain
  • Kafe di danau
  • Restoran rumah terapung
  • perahu wisata

Tempat wisata di sekitar Ranu Klakah

Video Ranu Klakah

Video Ranu Klakah berikut dikutip dari channel heceR channel

Penutupan

Ranu Klakah merupakan tempat wisata alam sekaligus tempat rekreasi keluarga yang terletak di Lumajang, Jawa Timur. Sebuah danau dengan pemandangan alam yang indah dengan pemandangan Gunung Lemongan sebagai latar belakang. Ranu Klakah adalah danau berbentuk segitiga. Karena ada tiga danau lain yang letaknya berdekatan. Yaitu Ranu Klakah, Ranu Bedali dan Ranu Pakis.

Pemandangan Ranu Klakah sangat indah dan terlihat sangat luas. Kondisi air di danau ini cukup bersih dan jernih. Jika kabut tidak tertutup Anda akan melihat pemandangan Ranu Klakah dengan latar belakang Gunung Lemongan. Ranu Klakah merupakan objek wisata alam yang cocok untuk semua kalangan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button