Berita Wisata

Savana Dieng, wisata alam lain yang direkomendasikan

Padang Savana Dieng merupakan rekomendasi kunjungan ke Dieng sebagai tempat self healing atau bahkan tempat prewedding.

FYI, savana dan savana memiliki arti yang sama yaitu sama-sama menggambarkan kondisi dengan vegetasi rerumputan yang ditumbuhi pepohonan meskipun tidak beraturan.

Pepohonan inilah yang membedakan savana atau padang rumput savana karena kawasan padang rumput tidak memiliki pepohonan di sekitarnya.

savana Diengsabana Dieng. Peta Google. sumber: dian permana

lihat juga: taman air mata air panas qiano

Padang savana terluas di dunia memang ada di Afrika, namun Indonesia juga memiliki sabana yang tak kalah indahnya. Sebagai:

  • Savannah di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur.
  • Pulau Savana Kenawa di Sumbawa Barat, NTB.
  • Sabana Sumba Timur,
  • Padang Savana Semarang,
  • Padang savana Lumajang.

Berikut ulasan Padang Savana Dieng sebagai referensi wisata untuk meremajakan dengan alam yang wajib banget kamu kunjungi di akhir pekan ini.

Lokasi Savana Dieng

  • Lokasi Padang Savana Dieng berada di lereng Gunung Pangonan
  • Alamat Padang Savana Dieng secara administratif berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

wisata dieng yang direkomendasikanwisata dieng yang direkomendasikan. Peta Google. sumber: Eza Abdullah

baca juga : tuk susu lukar

Jarak Padang Savana Dieng dengan pusat kota Banjarnegara kurang lebih 56 km. Rute yang ditempuh adalah melalui jalan Wonosobo – Dieng yang sangat dekat dengan sirkuit Telaga Warna Dieng yang hanya membutuhkan waktu 3 menit.

Untuk memudahkan Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps lalu minta diarahkan ke Savana Dieng, dimana lokasi terakhir adalah Base Camp Gunung Pangonan.

Trekking Savana Dieng

Sebelum sampai di Padang Savana Dieng, Anda harus melakukan beberapa trekking, dimulai dari base camp Gunung Pangonan. Layaknya mendaki gunung, Anda juga akan melalui jalur trekking berupa jalan setapak di antara rindangnya pepohonan.

Estimasi waktu untuk mencapai Padang Savana Dieng bervariasi antara 30 menit hingga 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 1 km dari tempat parkir, tergantung stamina fisik masing-masing pengunjung.

Disepanjang jalur trekking terdapat shelter-shelter dimana anda bisa beristirahat sejenak untuk melepas penat. Ada juga petunjuk yang akan mengarahkan Anda ke Padang Savana.

Usahakan datang pada hari yang cerah karena jalur pendakian masih tanah sehingga licin jika kondisi basah.

trekking yang harus dilaluitrekking yang harus dilalui. Peta Google. sumber: Inten Hardianti

Lihat juga: Jalur pendakian Mont Prau via Dieng

Jam Buka Sabana Dieng

  • Jam buka Padang Savana Dieng mulai pukul 07:00 hingga 17:00
  • Berjalan dari Senin hingga Minggu

Tiket masuk Savana Dieng

  • Tiket masuk Padang Savana Dieng adalah Rp 10.000,- per orang
  • Rp.2.000,- untuk parkir sepeda motor
  • Rp.5.000,- untuk parkir

Instalasi Padang Savana Dieng

Tidak ada fasilitas di sekitar Padang Savana Dieng, semua fasilitas umum yang diperlukan seperti toilet, warung makan dan minum ada di area base camp.

Jadi bawalah makanan terutama air minum sebagai bekal saat berada di kawasan Savana Dieng.

Atraksi Padang Savannah Dieng

1. Tempat prewedding yang romantis

Keindahan padang savana banyak dimanfaatkan oleh para penghobi foto salah satunya sebagai lokasi prewedding. Karena secara tidak langsung pemandangan tersebut memberikan kesan romantis.

berburu foto romantisBerburu foto romantis Google Maps. sumber: OVIE SETIAKU

baca juga: batu ratapan angin

Hamparan padang rumput dihiasi dengan pepohonan hijau dan daerah perbukitan yang sangat indah. Sewaktu-waktu kabut tipis akan turun, namun tidak menutupi keindahan sabana itu sendiri.

Area Padang Savana Dieng sangat luas, kamu bisa berburu sepuasnya untuk mendapatkan bidadari terbaik sehingga hasil fotonya juga sempurna.

2. Lokasi Hulang – Penyembuhan Lebih Baik

Bagi anda yang sedang jenuh, penat dan jenuh, daripada membuat diri anda stres, sebaiknya anda datang ke tempat yang menawarkan ketenangan. Boleh bebas menangis dan mengungkapkan sesak di dada.

Anda yang tinggal di sekitar Dieng sangat beruntung karena bisa mengunjungi Padang Savana. Tempatnya sepi, hanya ada suara kicauan burung yang selalu mengiringi.

Anda tidak perlu berkemah atau berkemah untuk penyembuhan diri di Padang Savana Dieng karena dapat diakses dari dua arah. Datang di pagi hari lalu kembali di sore atau sore hari.

tempat terbaik untuk penyembuhan diritempat penyembuhan diri terbaik. Peta Google. sumber: Eza Abdullah

lihat juga: Gunung Sikunir

3. Perkemahan

Padang Savana Dieng sering dijadikan tempat camping bersama teman-teman sepemikiran menghabiskan malam hanya dengan alam. Berakar di rerumputan dan tertutup langit.

Tidak ada listrik, juga tidak ada suara bising kendaraan. Tenang dan damai, yang terdengar hanyalah suara lagu alam yang menenangkan.

Sekali lagi, perhatikan cuaca saat berencana berkemah di luar ruangan. Udara di Dieng dikenal sangat dingin, apalagi lokasi Savana Dieng sendiri berada di ketinggian sekitar 2.000 mpdl.

Tentu saja, jika hujan, udaranya akan lebih dingin, selain itu area di sekitarnya juga akan lembab, jadi kurang nyaman kan!

Penutupan

Sifat sempurna tidak akan pernah bisa tergantikan, tugas kita adalah menjaganya seperti apa adanya. Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button