Berita Wisata

Cumi-cumi raksasa ditemukan terdampar di Jepang

Dari laut – Seekor cumi-cumi raksasa (giant squid) telah ditemukan mati terdampar di pantai Prefektur Tottori, Jepang.

Seorang warga setempat melihat cumi-cumi tersebut di sebuah pantai di Kota Iwami pada Minggu (15/1) pagi.

Pejabat di Museum Bumi dan Laut San’in Kaigan Geopark kemudian mengidentifikasi makhluk itu sebagai cumi-cumi raksasa, yang dikenal sebagai Daioika dalam bahasa Jepang.

Nippon Hoso Kyoukai (NHK) melaporkan bahwa cumi-cumi itu panjangnya sekitar tiga meter. Cumi-cumi ini dalam kondisi tubuh yang sangat rusak dan telah kehilangan tentakel yang biasa digunakannya untuk menangkap mangsa.

Pejabat museum yakin cumi-cumi itu sudah mati saat terdampar di pantai.

Cumi-cumi raksasa hidup di kedalaman 200 hingga 1.000 meter, terutama di daerah sepanjang Samudra Pasifik. Hewan ini langka di Prefektur Tottori yang menghadap ke Laut Jepang.

Seorang pria yang tinggal di dekat pantai mengatakan dia sangat terkejut cumi-cumi itu begitu besar.

Kurator museum Koyano Yuzo mengatakan cumi-cumi berhasil sampai ke Laut Jepang, yang suhunya lebih rendah di sisi Samudera Pasifik. Diyakini bahwa faktor ini melemahkan makhluk laut dalam.

Sebelumnya mengutip NHK, penyelam di Jepang merekam video cumi-cumi raksasa berenang di pantai. Kejadian ini terjadi di pesisir Kota Toyooka, Prefektur Hyogo, Jepang bagian barat pada Jumat (6/1) lalu.

Pasangan Tanaka Yosuke dan istrinya Miki melihat makhluk raksasa dan langka ini di permukaan air dekat Semenanjung Nekozaki.

Keduanya adalah instruktur scuba diving yang berbasis di daerah tersebut.

Cumi-cumi itu panjangnya sekitar 2,5 meter. Mereka melihat cumi-cumi raksasa ini berenang sambil menggerakkan tentakel panjangnya secara perlahan.

Cumi-cumi raksasa itu kemudian menghilang sekitar 30 menit kemudian saat lebih jauh ke laut di air yang lebih dalam.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button