Berita Wisata

6 rekomendasi kuliner khas kota Blitar

TEMPO.CO, Surabaya -Kota Blitar dikenal dengan kekayaan keragaman dan budaya urbannya. Seperti yang kita kenal sebagai Kota Penerbit, ternyata kita juga menyajikan berbagai makanan khas.

Baca: E-tiket Blitar Berlaku, Simpan 3 Lokasi Kamera ETLE

Banyak wisatawan yang berkunjung ke kota Blitar untuk berziarah ke makam Bung Karno sambil menjelajahi wisata kuliner di Blitar.

Apa saja makanan khas Blitar yang menjadi incaran wisatawan?

1. Tahu Bumbu Lawu

Mengutip dari waktu menungguTahu Bumbu Lawu merupakan campuran dari potongan lontong, tahu goreng, tauge, kerupuk dan sambal. Rasanya yang lezat akan membuat Anda ketagihan dengan tahu lawu pedas ini.

2. Nasi ampok

Nasi ampok adalah salah satu makanan favorit dalam masakan Barat. Terbuat dari nasi jagung ditambah dengan sayuran rebus, ikan asin, tomat dan kerupuk, nasi ampok merupakan makanan khas Blitar yang dinikmati pengunjung. Nasi ampok juga menjadi salah satu makanan pokok pengganti nasi berbahan dasar jagung.

3. Tewel Sayur

Ternyata sayur khas Blitar yang tak kalah enak dan bernilai tinggi adalah sayur tewel atau nangka muda. Memiliki perpaduan rasa pedas membuat makanan ini enak untuk disantap.

4. Intan Kletic Blitar

dilaporkan dari foodnesiaJajanan yang disebut ketupat ketupat ini terkenal karena terbuat dari beras ketan dan gula kelapa.

Pengemasan ketupat sangat sederhana, hanya dibungkus dengan kulit jagung kering sehingga ketupat menjadi makanan khas wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata di Blitar.

5. Es Tetes Blitar

Dalam bentuk es krim. Es Drop adalah minuman es dingin yang terdapat di sekitar Alun-alun Blitar dekat makam Bung Karno. Dibungkus dengan kertas kemudian disimpan dalam termos agar tidak meleleh. Ciri khas Ice Drop, vial yang digunakan para pedagang adalah vial berwarna merah.

6. Uceng Goreng

Uceng adalah ikan air tawar yang hidup di sungai. Bentuk ikan ini bulat dan memanjang, ukurannya kira-kira sebesar jari kelingking, bentuknya yang unik menjadikan ikan ini pilihan menu uceng yang bisa disajikan dalam berbagai variasi seperti uceng botok, uceng sayur, uceng goreng dan uceng. kentang goreng. Cara membuatnya juga sederhana dengan bahan dasar seperti tepung beras, santan, sagu, daun jeruk, dan uceng.

CERDAS

Lihat juga: Ganjar Pranowo dan Tri Rismaharini Kunjungi Makam Soekarno

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Update dari Tempo.co Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button