Tempat Wisata

Tiket Masjid Raya & Kemegahan Arsitektur Jawa Tengah Januari 2023

Harga Tiket Masuk Masjid Raya Jawa Tengah: Gratis – Rp 10.000. Jam buka: 08.30-21.00. Nomor Telepon : 0246725412. Alamat : Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50166.

Masjid Agung di Jawa Tengah (MAJT) merupakan kebanggaan masyarakat Jawa Tengah. Masjid ini merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Arsitektur bangunannya merupakan perpaduan gaya Timur Tengah, Eropa, dan Jawa.

Masjid ini dibangun pada tahun 2001-2006. Luas tanah 10 hektar dan bangunan utama masjid 7.669 m2. Kapasitasnya mencapai 15.000 jamaah.

Harga Tiket Masuk Masjid Raya Jawa Tengah

Untuk memasuki pelataran masjid, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Siapapun bisa masuk ke area masjid secara gratis. Pengunjung bisa datang kapan saja, siang atau malam, bahkan pagi-pagi sekali untuk masuk ke masjid. Pengunjung hanya dikenakan biaya tiket jika ingin masuk ke Menara Al Husna.

Harga Tiket Masuk Masjid Raya Jawa Tengah
tiket masuk Gratis
Tiket masuk Menara Al Husna Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk Kelenteng Sam Poo Kong Semarang & 11 Atraksi

Kemegahan arsitektur Masjid Raya Jawa Tengah

Kemegahan arsitektur masjid ini memang luar biasa, tidak salah jika dikatakan sebagai salah satu masjid terindah di Asia Tenggara. Beberapa tempat yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke sini adalah:

1. Payung hidrolik besar

Payung Hidrolik Elektrik Otomatis Masjid Raya Jawa Tengah ala Masjid Nabawi di MadinahIkon payung hidrolik otomatis Masjid Raya Jawa Tengah identik dengan yang ada di Masjid Nabawi di Madinah. Foto: Googlemap/Andi Wibowo Kinandana

Alun-alun masjid dilengkapi dengan 6 payung raksasa yang membuka dan menutup secara otomatis. Payung hidrolik ikonik masjid ini identik dengan yang ada di Masjid Nabawi di Madinah. Konon hanya ada dua masjid di dunia yang dilengkapi payung elektrik semacam itu.

Tinggi masing-masing tiang payung listrik adalah 20 meter dengan bentang 14 meter. Payung dibuka saat sholat Jum’at, Idul Fitri dan Idul Adha dengan kekuatan angin tercatat maksimal 200 knot.

Baca: Tiket Masuk SALOKA PARK Semarang dan 7 Wahana Top

Menara Al Husna

Menara Masjid Al Husna di Jawa TengahMenara Al-Husna Masjid Raya Jawa Tengah. Di dalamnya ada Radio Dakwah Islam, Museum Kebudayaan Islam, Al-Qur’an raksasa, restoran berputar dan 5 teropong di bagian atas. Foto: Google Maps/Nur Fajar Pamungkas

Salah satu daya tarik Masjid Raya Jawa Tengah adalah Menara Al Husna. tinggi menara 99 m, itu tiba Angka-angka oleh Al-Asmaul Husna. Untuk memasuki Menara l-Husna, pengunjung dikenakan tiket yang cukup murah. Spot yang ada di Menara Al-Husna adalah:

  • RAIS Studio: Pada dasarnya adalah Rais Radio Studio (Dakwah Islam) dengan frekuensi 107,9 FM.
  • museum: Di lantai dua terdapat Mushaf Al-Akbar berukuran 145cm x 95cm. Alquran berukuran besar ini ditulis tangan oleh H. Hayatuddin, kaligrafer Wonosobo.
  • main resto: Ada kafe Muslim di lantai 18 yang berputar 360 derajat.
  • Menara: Di lantai 19 tersedia 5 teropong untuk melihat pemandangan kota Semarang. Waktu terbaik adalah sore hari saat kita bisa melihat matahari terbenam. Di awal Ramadan 1427 H, Tim Rukyah Jawa Tengah menggunakan teropong canggih BOSCA untuk Rukyatul Hilal untuk pertama kalinya.

Baca: Tiket Masuk Goa Kreo Semarang dan 7 Atraksi Utama

Ijo Bedug

Di sebelah timur laut masjid terdapat “Bedug Ijo” Mangunsari karya KH Ahmad Shobri. Gendang kayu waru raksasa ini berukuran 3 x 2 m, Kyai Shobri juga membuat Kentongan Ijo yang diletakkan di samping Bedug Ijo.

bangunan utama

ruang utama masjidAula utama Masjid Raya Jawa Tengah. Foto: Googlemap / Mauliddin Moko

Bangunan utama memiliki dua lantai, lantai satu untuk pria dan lantai dua untuk wanita. Kapasitas aula utama sekitar 6.000 jemaah. Kubah utama berbentuk setengah lingkaran dari beton tuang, berdiameter 20 meter.

Bangunan utama memiliki empat menara, masing-masing setinggi 62 meter. Salah satu minaret dilengkapi dengan lift yaitu minaret depan (timur) kanan. Gaya arsitekturnya merupakan perpaduan antara Jawa, Arab, dan Yunani.

Alun-alun Masjid

Lapangan MasjidBagian depan pintu masuk kawasan Masjid Raya Jawa Tengah. Google Maps/kecuk pratno

Masjid seluas 7.500 meter persegi ini merupakan perpanjangan dari ruang sholat, yang dapat menampung sekitar 10.000 jamaah. Di alun-alun ada Gerbang Al-Qanathir gaya Yunani yang berarti sesuatu seperti “luar biasa dan berharga”.

tiang di Gerbang Al-Qanathir Total 25 buah, melambangkan 25 nabi Allah. pada spanduk Gerbang itu ditulis dalam kaligrafi dengan dua frase syahadat. Di permukaan datar huruf-hurufnya berbunyi pegon ‘Sucining untuk Gapuraning Gusti’. Bagian luarnya tertulis kaligrafi dengan huruf Al-Mukmin 1-5. Sedangkan dari dalam tertulis Asmaul Husna dan Surat Al-Fatihah.

Baca: Tiket Masuk KAMPUNG PELANGI Semarang & 5 Pesona Artistik

prasasti

prasasti di masjidPrasasti batu prasasti pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah. Foto: Google Maps/Justrival

Masjid Raya Jawa Tengah (MAJT) diresmikan pada tanggal 14 November 2006 M Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Prasasti batu ini tingginya 3,2 meter dan beratnya 7,8 ton. Prasasti tersebut dipahat oleh Nyoman M. Alim pada batu alam yang khusus diambil dari lereng Gunung Merapi.

Grand Graha Hotel

Rumah Penginapan Graha Agung juga terletak di dekat masjid. Ada kelas yang berbeda: Deluxe, Executive, Suite dan Family. Wisma ini terletak di bagian timur laut masjid.

Fasilitas Masjid Agung Jawa Tengah

Kemegahan masjid ini juga terlihat dari berbagai fasilitas yang tersedia. Fasilitas yang menunjang kenyamanan antara lain :

area parkir: Terdapat tempat parkir di bawah Plaza Masjid Agung Jawa Tengah yang mampu menampung 680 mobil dan 670 sepeda motor.

food court: Bagi yang mau wisata kuliner ada Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera). Letaknya di sebelah selatan dan depan/timur masjid dan dikelola oleh Lembaga Pengembangan Usaha Masjid (LPU). Ratusan penjual makanan yang berbeda tertata rapi di gedung-gedung kecil.

poliklinik : Untuk menjaga kesehatan jemaah, masjid juga menyediakan poliklinik. Terdapat dua poli yaitu Poli Umum dan Poli Gigi.

aula kantor : Masjid Raya Jawa Tengah memiliki ruang perkantoran yang disewakan untuk umum. Aula kantor dengan kapasitas 700 orang untuk pesta berdiri2 ruang serbaguna, panggung lorong dan panggung hiburan.

perpustakaan MAJT : Bangunan di sayap kiri masjid merupakan perpustakaan yang didesain sebagai perpustakaan modern.Perpustakaan Digital dan ruang kantor.

Ruang Kongres: Gedung Kongres (Auditorium) ada di sisi kanan Masjid. Gedung ini sering digunakan untuk acara wisuda, pameran, resepsi pernikahan dan pertemuan. Kapasitasnya mencapai 2.000 orang.

Lokasi Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid ini terletak di Jl. Gajah Raya, Desa Sambirejo, Kec. Gayamsari Kota Semarang, Jawa Tengah 50613, Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Telp/Fax: (024) 6725412 atau email [email protected].

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button