Berita Wisata

Rekomendasi destinasi alam eksotis Nepal

JAKARTA – Nepal terkenal sebagai negara dengan destinasi alam dataran tinggi yang luar biasa. Selain sebagai gunung tertinggi di dunia di negara ini, Nepal juga memiliki persediaan wisata alam pegunungan yang tidak ada habisnya.

Lebih dari sekedar rumah bagi pegunungan Himalaya dengan puncaknya Everest, destinasi wisata lain di Nepal memiliki keunikan tersendiri. Oleh karena itu wajar jika negara yang terbatas di Asia Selatan ini menjadi salah satu negara yang harus dikunjungi.

Lantas, selain popularitas Everest di Nepal, apa saja destinasi paling seru di negara beratap langit ini?

Taman Nasional Chitwan
Taman Nasional Chitwan terletak di benua selatan Terai. Terai adalah salah satu tanah Nepal.

Di Taman Nasional Chitwan, kita bisa mendapatkan pemandangan pepohonan yang menghijau dan berbagai satwa liar khas Asia. Tidak kurang dari 700 spesies satwa liar mulai dari rusa, kobra raja hingga harimau Bengal ditemukan di taman nasional pertama di Nepal ini.

Taman nasional yang juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO ini juga merupakan rumah bagi spesies buaya langka, gahrial. Disebutkan bahwa jumlah gharial di Chitwan hanya tercatat sebanyak 38 ekor. Hal ini juga memicu intervensi pemerintah untuk mengumpulkan telur gharial dan menetaskannya di tempat konservasi.

Disini kita bisa naik gajah dan naik jeep safari yang akan membawa kita berpetualang di hutan dan merasakan suasana lebih dekat dengan alam.

Danau Phewa
Danau Phewa adalah danau air tawar terbesar kedua di Nepal dan salah satu tujuan wisata paling populer di negara ini.

Di tengah Danau Phewa terdapat Kuil Tal Barahi yang merupakan tempat suci Dewi Durga. Keberadaan candi yang berada di tengah danau ini seolah diapit oleh pegunungan Annapurna, Machhapuchhare, Dhaulagiri dan hutan di satu sisi.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah berperahu di danau, terutama saat matahari terbenam untuk menyaksikan perubahan warna langit menjelang sore.

Sarangkot
Liburan di Nepal belum lengkap tanpa melihat matahari terbit di Sarangkot, sebuah desa yang terletak 1.600 meter di atas permukaan laut.

Ini menawarkan pemandangan danau Pokhara dan Phewa yang menakjubkan, serta pegunungan Annapurna, Manaslu, Machhapuchhare, Dhaulagiri dan Lamjung yang mengelilinginya.

Selain itu, opsi untuk bermain paralayang juga tersedia. Tentunya olahraga yang cukup ekstrim ini cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas yang memacu adrenalin.

Panch Pokhari
Panch Pokhari merupakan kumpulan dari lima danau yang letaknya berdekatan dan berada di ketinggian 4.100 mdpl. Biasanya umat Budha dan Hindu berduyun-duyun ke danau tersebut pada saat festival Janai Purnima karena mempercayai danau ini sebagai tempat suci. .

Janai Purnima biasanya dilakukan oleh kelompok etis Brahmana dan Chhettri, sementara orang yang tinggal di wilayah Terai mengenal festival ini sebagai Rakhi atau Raksha Bandhani. Sementara itu, masyarakat etnis Nepal Newar mengenal festival ini dengan sebutan Kwati Purnima.

Tempat ini sangat menakjubkan dan cocok dijadikan tempat wisata yang wajib dikunjungi setelah puas mengunjungi kota Kathmandu, ibu kota Nepal.

Lembah Langtang
Lembah Langtang terletak di ketinggian 6.450 meter di atas permukaan laut dan meliputi area seluas 1.710 km2 di distrik Nuwakot, Rasuwa, dan Sindhulpalchok di wilayah Himalaya tengah.

Lembah ini merupakan tujuan populer bagi penjelajah gunung dan peziarah Hindu dan Budha. Akses ke lembah yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, tentu membuat Lembah Langtang menjadi surga bagi para penggemarnya. lintas alam.

Jangan lupa untuk mencapai desa Kyanjin Gompa. Desa ini merupakan desa tertinggi di Nepal dengan lokasi di ketinggian 3.800 mdpl dan menjadi garis finish bagi anda yang mencoba lintas alam di Lembah Langtang.

Danau Tilicho
Danau Tilicho adalah danau ketiga di dataran tinggi Nepal. Danau ini sering dikunjungi oleh para trekker dalam perjalanan ke Annapurna Base Camp atau Muktinath.

Saat Anda berada di Danau Tilicho, Anda akan menemukan pemandangan luas sejauh mata memandang. Bagaimana tidak, danau ini berada di ketinggian 4.919 mdpl. Danau biru kehijauan terlihat jernih dan dikelilingi oleh gletser dan pegunungan berwarna coklat dan putih.

Perhatikan, Danau Tilicho merupakan salah satu danau terbesar di dunia, bahkan danau ini terbilang berada di ketinggian yang begitu tinggi.

Danau Tilicho juga digunakan sebagai tempat menyelam pakaian selam scuba ketinggian. Di danau ini tidak ditemukan organisme hidup di dalam danau.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button