Berita Wisata

Ombaknya ekstrem, Dinas Pariwisata menyiagakan 15 agen Balawis

SEMARAPURA | patrolpost.com – Banyaknya wisatawan mancanegara maupun domestik yang menjadi korban keganasan tempat wisata di Nusa Penida karena ombaknya yang ekstrim membuat Dinas Pariwisata Klungkung mulai berbenah. Pemkab Klungkung melalui Dinas Pariwisata berkoordinasi dengan BPBD Klungkung untuk menyiagakan petugas Balawista tiga destinasi pantai terpopuler di Nusa Penida.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, Ni Made Sulistiawati, Rabu (18/1/2023). Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi wisatawan bandel yang memutuskan berenang saat kondisi cuaca buruk di destinasi tepi pantai tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan, ada tiga pantai yang menjadi perhatian khusus Dinas Pariwisata Klungkung, yang dinilai sangat berbahaya untuk aktivitas mandi, terutama saat cuaca buruk. Destinasi tersebut adalah Diamond Beach di desa Pejukutan, Pantai Angle Billabong dan Pantai Klingking di desa Bungamekar.

“Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Klungkung untuk mendata pantai-pantai yang perlu pengamanan lebih terutama saat kondisi cuaca buruk saat ini. “Setelah identifikasi awal, ada tiga objek pantai yang perlu diamankan karena dinilai sangat berbahaya untuk aktivitas mandi, yakni Diamond Beach, Klingking Beach dan Angel Billabong Beach,” kata Ni Made Sulistiawati.

Sementara itu, pengamanan dipusatkan di tiga pantai, menyiagakan agen Balawis di Nusa Penida. Saat ini terdapat 5 orang petugas Balawista di Nusa Penida, 5 orang petugas Balawista di Lembongan Ceningan dan 5 orang petugas Balawista di Klungkung Daratan. Sementara itu, 10 petugas Balawista di Nusa Penida dan Lembongan, Ceningan yang bisa ditugaskan menjaga 3 pantai yang diketahui memiliki ombak besar itu. (855)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button