Berita Wisata

10 Tempat Wisata Religi Di Medan Yang Unik Dan Menarik Untuk Dikunjungi

Rekomendasi tempat wisata religi di Medan/Graha Maria Annai Velangkanni, foto: pegipegi.com

PARBOABOA, Medan – Banyaknya tempat ibadah di Kota Medan menambah kesan wajah multietnis yang berdampingan. Kota metropolis berpenduduk 2 juta jiwa ini memiliki beberapa destinasi wisata religi pilihan yang menawarkan keindahan tempat ibadah.

Penduduk kota Medan yang hidup dalam kemajemukan ini menyediakan tempat ibadah seperti masjid, vihara, gereja.

Selain sebagai tempat ibadah, tempat ibadah ini juga bisa dijadikan tempat untuk menambah ilmu.

Kali ini Parboaboa.com akan merangkum 10 Tempat Wisata Religi yang Bagus di Kota Medan yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Masjid Agung Masjid Raya Al-Mashun

Masjid Raya Medan dibangun pada tahun 1906 dan diprakarsai oleh Makmun Al-Rasyid. Masjid ini menjadi saksi sejarah Kesultanan Deli yang memiliki gaya arsitektur India, Spanyol, Timur Tengah, dan Melayu.

Keanekaragaman budaya yang terlibat dalam corak masjid membuat bangunan ini ramai dikunjungi pengunjung untuk beribadah dan sekedar melihat segala keunikannya. Selain itu, ruang masjid mampu menampung hingga 1.500 jamaah.

Bangunan masjid berbentuk segi delapan dengan empat serambi utama di bagian depan, belakang, kiri dan kanan.

Keempat serambi ini merupakan pintu masuk masjid. Di dalam masjid Anda akan menemukan pilar utama yang menopang kubah di tengah dan empat kubah lainnya di atas empat serambi.

2. Istana Maimun

Istana Maimun merupakan ikon Kesultanan Deli yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Aur, Medan Maimun. Pembangunan keraton dimulai pada tahun 1888 atas perintah Sultan Ma’moen Al Rasyid.

Istana Maimun memiliki berbagai konsep arsitektur. Mulai dari warna kuning pada langit-langit mulut yang melambangkan warna Melayu. Ornamen kursi, meja, jendela, lemari, dan pintu geser bergaya Eropa.

Istana ini memiliki luas 2.772 meter persegi dengan 30 ruangan yang terdiri dari 2 lantai dan 3 bagian yaitu bagian utama, sayap kanan dan sayap kiri. Pengunjung dapat menikmati setiap sudut istana dalam kemegahannya.

Daya tarik keraton ini juga terletak pada Kanon Puntung. Konon menurut legenda, meriam ini merupakan jelmaan dari adik Putri Hijau dari kerajaan Deli Tua bernama Mambang Khayali.

3. Kuil Shri Mariamman

Klenteng ini terletak di Jalan Teuku Umar No 18. Klenteng Shri tidak hanya menjadi tempat ibadah, namun kini juga menjadi obyek wisata religi.

Pengunjung dapat melihat sebuah bangunan bergaya arsitektur India yang dikelilingi oleh tembok setinggi 2,5 meter yang dilengkapi dengan relief, ornamen dan berbagai patung lainnya.

Di dalam candi pengunjung dapat melihat arca Trimurti yang terdiri dari arca Dewa Brahma, arca Dewa Wisnu dan juga arca Dewa Siwa.

Pura ini dibuka untuk umum pada jam-jam tertentu, yaitu mulai pukul 06.00 hingga 12.00 WIB dan dibuka kembali mulai pukul 16.00 hingga 21.00 WIB.

4. Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni yang dibangun pada tahun 2001 ini merupakan sebuah gereja Katolik yang terletak di Jalan Sakura III, Tanjung Selamat, Medan.

Uniknya, bangunan tersebut menyandang keaslian gaya arsitektur Indo-Mughal. Jika dilihat, gereja ini terlihat seperti kelenteng, kelenteng, bahkan terlihat seperti kubah masjid.

Di sana pengunjung bisa melihat patung Annai Velangkanni atau Maria de Velangkanni dan putranya setinggi dua meter yang dibawa langsung dari India.

5. Pura Gunung Timur

Klenteng terbesar di Medan ini memiliki luas hingga 5.000 meter. Biara Gunung Timur terletak di Jalan Hang Tuah nomor 16.

Jika datang pada tanggal tertentu seperti Imlek atau pemujaan leluhur, pengunjung bisa merasakan festival yang seru dan fotogenik.

6. Masjid Al-Osmani

Masjid Al-Osmani terletak di kecamatan Labuhan Medan, sehingga masjid ini juga sering disebut dengan Masjid Labuhan.

Dibangun pada tahun 1854 dan diprakarsai oleh Raja Deli ketujuh, Sultan Osman Perkasa Alam menjadikan masjid ini sebagai yang tertua di kota Medan. Untuk arsitekturnya, Masjid Al-Osmani mengadopsi gaya campuran dari beberapa negara.

Masjid Al-Osmani didominasi warna kuning yang merupakan ciri warna masyarakat Melayu dan warna hijau yang merupakan filosofi nilai-nilai Islam.

Diketahui, bahan pembangunan masjid ini berasal dari Eropa dan Persia. Sedangkan desain pintu masjid menampilkan ornamen Cina dan ukiran gaya India.

7. Gereja St. Emmanuel

Gereja Immanuel terletak di Jalan Diponegoro. Dibangun sejak tahun 1921, Gereja Immanuel merupakan gereja tertua dan bersejarah di Kota Medan.

Hingga saat ini, gereja yang mampu menampung sekitar 500 orang itu masih aktif digunakan umat Kristiani untuk melakukan kebaktian.

8. Gereja HKBP Sudirman

Gereja HKBP Sudirman terletak di persimpangan Jalan Sudirman dan Jalan H Misbah, Medan. Gereja ini berdiri sejak tahun 1954 dan merupakan tempat ibadah umat Kristen Batak.

Sebelum gereja ini berdiri, Jemaat HKBP yang sudah berdiri sejak tahun 1912 di Medan sudah beberapa kali pindah tempat ibadah. Seperti di gedung Consistory Protestantshe Kerk, Gereformeede Kerk, Methodist Boy School.

Sebelum akhirnya pada tahun 1952, walikota Medan saat itu, Jaidin Purba menyediakan lahan untuk pembangunan Gereja HKBP di Jalan Sudirman. Tanah seluas 5.425 meter persegi harganya Rp 35.000 saat itu.

9. Gereja Katedral Medan

Gereja Katolik ini terletak di Jalan Pemuda, Medan. Pada tahun 1879, gereja ini hanya berupa gubuk beratap rumbia dan daun rumbia yang berfungsi sebagai tempat ibadah umat Katolik.

Kemudian seiring bertambahnya jumlah umat Katolik di kota Medan, pembangunan perluasan areal gereja akhirnya dimulai pada tahun 1928. Arsitek yang merancang bangunan gereja hingga berdiri saat ini adalah Han Groenewegen dari Belanda.

10. Kuil Siu San Keng

Klenteng Siu San Keng terletak di Jalan Yos Sudarso, tepatnya di Medan Labuhan. Vihara ini dibangun pada tahun 1890 dan merupakan vihara tertua di kota Medan.

Biara ini terletak sekitar 100 meter dari Masjid Al-Osmani. Hal ini menunjukkan bahwa kerukunan umat beragama telah ada di Medan selama lebih dari satu abad.

Nah itulah beberapa tempat wisata religi di Medan yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Bisa bermanfaat!

Tag: #kawasanwisata #medan #wisata #tempat wisata #wisata religi #sumatera utara

Baca juga

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button