Berita Wisata

Gempa mengguncang pantai Papua Barat dan Sulawesi Utara

TAGAR.id, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mempublikasikan informasi gempa dengan magnitudo 4,6 pada 19 Januari 2023 pukul 05:21 WIB dengan lokasi 0,43LS, 133,77BT (58 km barat laut Pegunungan Fakfak , Papua Barat, dengan kedalaman 13 km.

Sehari sebelumnya, BMKG juga menyampaikan bahwa gempa dahsyat berkekuatan 7 skala Richter melanda Sulawesi Utara pada Rabu, 18 Januari 2023. Gempa ini diyakini tidak menimbulkan tsunami.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, bagaimanapun, memperingatkan dalam sebuah buletin bahwa ada risiko gelombang tsunami dalam jarak 300 kilometer dari pusat gempa.

BMKG menyebut pusat gempa berada di kedalaman 64 kilometer, 141 kilometer tenggara kota Melonguane.

gempa bumiLokasi gempa di Sulawesi Utara 18 Januari 2023 (Sumber: Twitter BMKG @infoBMKG)

US Geological Survey (USGS) mengatakan pusat gempa terletak 150 kilometer barat laut Pulau Halmahera di Indonesia timur pada kedalaman 48 kilometer.

Gempa bawah laut terjadi sekitar pukul 13:06 waktu setempat di lepas pulau Sulawesi, mengguncang pulau-pulau terdekat dan membuat sebagian penduduk mengungsi.

“Gempa terasa sekitar 15 hingga 20 detik. Getarannya cukup lama,” kata seorang wartawan AFP di Pulau Morotai di Maluku. “Beberapa orang bergegas karena takut bangunan akan runtuh,” katanya.

Abner Manery, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Halmahera Utara, mengatakan beberapa rumah di Morotai rusak.

Seorang penduduk setempat menggambarkan saat gempa mengguncang pulau itu.

“Saat gempa terjadi, kami bergegas keluar, sedikit panik,” kata Rizkal Fuadsamlan, 29 tahun, kepada kantor berita AFP.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik NWS di Hawaii mengatakan dalam peringatan terbarunya bahwa ancaman tsunami telah berlalu.

Sebelumnya, gelombang tsunami disebut-sebut dapat menerjang wilayah pesisir sekitar 300 kilometer dari pusat gempa.

Magnitudo gempa juga telah direvisi turun dari magnitudo 7,2 yang sebelumnya dilaporkan oleh US Geological Survey (USGS).

Seorang warga Manado mengatakan melalui telepon bahwa gempa sangat kuat selama beberapa detik dan terlihat orang-orang berlarian keluar bangunan.

Namun menurut warga, sejauh ini tidak terlihat adanya kerusakan dan sebagian warga sudah kembali ke rumah.

BMKG menyebut gempa juga dirasakan di Kepulauan Maluku.

Indonesia terletak di “Cincin Api Pasifik”, menjadikannya salah satu wilayah paling aktif secara seismik di dunia, sering mengalami gempa bumi. (ah/rs)/(lt/ab)/voaindonesia.com/infoBMKG. []

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button