Tempat Wisata

5 Pantai Terindah Di Tanjung Pinang Yang Wajib Dikunjungi

Inilah daftar pantai terindah di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Destinasi Wisata Laut Exotic Terbaru, Populer dan paling hits layak untuk ditelusuri Saat merencanakan liburan di Tanjung Pinang.

Tanjung Pinang adalah daerah yang terkenal. Letaknya yang berada di pinggir laut membuat kawasan ini menjadi sederet pantai yang begitu eksotis sehingga sayang untuk dilewatkan.

Setiap daerah tentunya memiliki julukan tersendiri yang menggambarkan keunikannya. Tak terkecuali kawasan Tanjung Pinang, dijuluki Kota Gurindam karena ada seorang pujangga yang menciptakan dua belas Gurindam. Tak hanya Gurindam Dua, ibu kota provinsi Kepulauan Riau, juga memiliki keunikan wisata pantai yang indah dan mempesona.

Mengunjungi Tanjung Pinang, di sini Anda akan menemukan destinasi wisata pantai dengan keindahan alam yang memukau, menarik untuk dijelajahi saat berlibur.

1. Pantai impian

pantai impianSumber gambar: Twitter jalan perjalanan

Pantai Impian merupakan salah satu wisata laut di Tanjung Pinang yang tidak boleh anda lewatkan. Pantai ini juga sangat populer di kalangan wisatawan, sehingga banyak yang menjadikan pantai satu ini sebagai tujuan utama untuk dikunjungi saat liburan. Di sini Anda tidak hanya akan menjumpai pengunjung cilik, tetapi juga banyak keluarga yang menghabiskan liburannya dengan bermain di pantai impian ini.

Pantai Impian terkenal dengan pemandangannya yang mempesona, dimana pemandangan alamnya terlihat langsung di tengah provinsi Kepulauan Riau. Agar bisa mengundang pengunjung sebanyak-banyaknya untuk melihat dan menikmatinya secara langsung. Banyak juga yang menjadikan pemandangan tersebut sebagai subjek foto, terutama saat senja tiba.

Karena saat senja Anda bisa menghadap ke tengah provinsi dan menciptakan siluet yang terlihat begitu indah dalam potret. Jika Anda berjalan di sepanjang pantai ada baiknya mengambil foto di sana, pantai yang panjang sangat indah untuk diabadikan sebagai latar belakang. Selain itu, banyak juga restoran yang terletak langsung di pinggir pantai.

Sehingga restoran tidak hanya bisa memuaskan rasa lapar di perut, tapi juga dijadikan tempat berburu foto cantik dengan latar belakang laut. Selain itu, menu yang ditawarkan oleh berbagai resto ini memang sangat enak dengan varian kuliner seafood yang banyak. Anda bisa memilih menu ikan, udang, cumi, dll.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Baru, Kec. Tanjung Pinang Barat, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

2. Pantai Trikora

Objek Wisata Pantai TrikoraSumber Gambar: Google Maps hana christina

Pantai di Tanjung Pinang yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Trikora, pantai terpanjang di Bintan. Padahal, pantai ini terbagi menjadi 4 bagian yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3 dan Trikora 4. Dimana akses menuju lokasi pantai ini cukup baik, bahkan jalan yang dapat dilintasi dapat menampung hingga empat jalur. mobil. Namun sayangnya tidak ada angkutan umum yang melewati kawasan pantai, sehingga Anda harus menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai Trikora sendiri, menurut warga sekitar, berasal dari kata Three Corral, begitu turis mancanegara menyebutnya saat berkunjung. Menurut sumber lain, nama Trikora berasal dari cerita Indonesia, yaitu Tri Komando Rakyat. Saat itu, pantai ini menjadi kubu pamungkas Indonesia dalam isu Hancurkan Malaysia.

Sesampainya di pantai anda langsung disuguhi pemandangan indah pasir putih yang begitu lembut berpadu dengan air laut yang begitu jernih. Lengkap juga dengan deretan pohon kelapa yang menari-nari ditiup angin. Ombak di Pantai Trikora tidak terlalu besar, sehingga Anda bisa berenang dengan aman. Namun, Anda harus tetap waspada karena arus air bisa cukup kuat saat air pasang.

Selain kelapa, di kawasan pantai juga tumbuh pohon bakau yang berfungsi sebagai pelindung dari terik matahari dan dapat memberikan udara yang lebih sejuk. Selain bersantai di bawah pepohonan yang rindang, banyak pengunjung Pantai Trikora yang juga melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

Lalu, di seberang Pantai Trikora, Anda juga akan menemukan Goa Santa Maria. Didirikan oleh pengungsi Vietnam selama perang, gua ini sekarang menjadi wisata religi di sepanjang pantai. Terdapat banyak bunga bugenvil yang cantik di sekitar goa, yang bisa Anda jadikan sebagai subjek foto. Lalu ada juga gereja yang tidak jauh dari goa bagi anda yang ingin berdoa.

harga tiket: Gratis; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Cab.Bintan, Kepulauan Riau.

3. Pantai Senggiling

Pantai SenggilingSumber gambar: Google Maps Alfino Bintano

Pantai Senggiling disebut sebagai surga tersembunyi di Tanjung Pinang, dimana akses menuju tempat tersebut cukup sulit dan jauh, bahkan untuk sesaat pantai ini terlihat sangat jarang dijamah oleh banyak orang. Jika Anda berencana untuk datang ke sini, sebaiknya gunakan pemandu untuk menghemat lebih banyak waktu dan menghindari tersesat di sepanjang jalan. Tak hanya sulit di lintasan, kondisi medan di sepanjang jalan cukup menantang dan penuh perbukitan berbatu.

Namun, bukan berarti Pantai Senggiling tidak cocok untuk Anda kunjungi. Memiliki pantai yang panjang dan begitu putih menjadi salah satu daya tarik pantai ini yang wajib dilihat. Sebelum memasuki kawasan pantai, Anda akan disuguhkan rerumputan hijau subur di dekat tempat parkir. Hal ini membuat udara sekitar lebih segar dan memanjakan mata setelah berkendara jauh.

Setelah memasuki area pantai, Anda akan melihat pasir putih yang melengkung dari ujung ke ujung dan terdapat bebatuan besar dan tinggi di setiap ujungnya. Bebatuan besar ini menjadi salah satu spot foto terbaik bagi pengunjung. Mengabadikan momen duduk bersila di atas batu besar berlatar belakang pantai berpadu dengan lautan biru yang eksotis merupakan keindahan yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata.

Belum lagi ketika Anda mencoba mengarungi pantai yang begitu jernih Anda bisa melihat dasar laut dengan jelas, yang bisa melontarkan butiran pasir. Wisatawan yang datang ke sini juga sering berkemah agar bisa terus menikmati panorama alam yang ditawarkan Pantai Senggiling. Bahkan, suasana nyaman dan keindahan wisata laut ini bisa membuat Anda betah untuk tinggal di sana.

harga tiket: Rp8.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sebong Lagoi, Kec. Teluk. Sebon, Cab.Bintan, Kepulauan Riau.

4. Pantai Tanjung Siambang

Pantai Tanjung SiambangKredit foto: Google Maps Misuro Anwari

Keberadaan Pantai Tanjung Siambang memang belum banyak diketahui masyarakat umum. Meski begitu, pantai yang satu ini juga tidak sebesar pantai-pantai lainnya di kepulauan Riau, namun pesona pantai yang satu ini memang tidak bisa dipungkiri dan mampu memikat setiap orang yang mengunjunginya. Pantai yang juga sering disebut sebagai Pantai Sri Arjana oleh penduduk setempat ini sangat segar karena masih sangat asri dan masih alami.

Banyak pepohonan yang tumbuh subur di sekitar kawasan pantai, sehingga meski cuaca sangat panas, Pantai Tanjung Siambang tetap terasa sejuk. Mulai dari pohon kelapa, pinus, bakau dan pohon ketapang bisa Anda temukan di sekitar pantai. Selain suasana damai yang begitu sejuk, wisata bahari ini juga diunggulkan dengan panorama alamnya.

Dimana air lautnya begitu jernih dan pasir putihnya begitu lembut di mata kaki. Air lautnya yang begitu jernih dijamin akan langsung mengajak Anda bermain air, serta lembutnya pasir putih memberikan kenyamanan tambahan saat bermain pasir di pantai. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa cottage yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai dan menikmati pemandangan laut.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pulau Dompak, Dompak, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

5. Pantai Lagoi

Pantai LagoiKredit foto: Google Maps renhatd T bolon

Terakhir, ada Pantai Lagoi, pantai paling populer di Tanjung Pinang yang tidak boleh Anda lewatkan. Pantai yang satu ini sangat terkenal karena memiliki hamparan pasir putih yang begitu bersih. Tak heran jika wisata bahari berhasil menarik wisatawan setiap tahunnya. Keindahan pantainya begitu mempesona bahkan diakui dunia internasional dan sejajar dengan pantai-pantai di Lombok dan Bali.

Pantai Lagoi secara geografis terletak di Teluk Sebong dan berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat kota Tanjung Pinang. Anda akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam 30 menit untuk sampai ke tempat wisata. Begitu sampai di lokasi pantai anda langsung disuguhi pemandangan pantai yang sangat bersih dikelilingi banyak pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Sebenarnya tidak semua bagian Pantai Lagoi bisa dikunjungi oleh wisatawan karena beberapa pantai ini dikelola secara eksklusif oleh resort dan hotel. Dengan kata lain, Anda harus terlebih dahulu tinggal di resort jika ingin menikmatinya. Memang, karena Pantai Lagoi merupakan salah satu destinasi yang paling banyak dicari oleh wisatawan mancanegara, banyak warga negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia yang berkunjung ke pantai tersebut.

Menurut beberapa kabar yang terdengar, mata uang yang digunakan di sekitar Lagoi adalah Singapore Dollar. Namun, Anda tetap bisa menikmati keindahan pantai dengan mengunjungi Lagoi Bay yang tidak dikelola secara eksklusif sehingga wisatawan bisa mengunjunginya. Di sini Anda bisa berenang, berjemur, bermain ombak, memancing, snorkeling dan menikmati berbagai aktivitas pantai lainnya.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kabin Bintan, Kepulauan Riau.

Meski wilayah di Tanjung Pinang terbilang kecil, karena berada di kepulauan dan tepat di tepi laut, kawasan ini memiliki deretan pantai yang indah. Bahkan pesona beberapa jenis wisata bahari tersebut sudah diakui dunia internasional dan juga membangkitkan minat yang besar di kalangan wisatawan mancanegara yang ingin mengunjunginya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button