Berita Wisata

Wisata Alam Hutan Mata Kucing kembali hadir

Gerbang Hutan Wisata Mata KucingGerbang masuk ke hutan wisata Cat’s Eye. F.linasasmita.com

batampo – Dalam kondisi mati suri di masa pandemi Covid-19, kawasan wisata alam perlahan bangkit kembali. Pengunjung yang kembali ramai sejak pertengahan 2022 kembali menghela nafas lega bagi para pengolah di kawasan wisata.

Kawasan wisata alam Hutan Mata Kucing misalnya, selalu ramai pengunjung di akhir pekan atau hari libur nasional. Sekitar 200-300 tiket masuk dijual pada hari libur nasional.

“Sudah mulai ramai tapi pengunjung masih sekitar 500-an. Mudah-mudahan ke depan lebih baik lagi,” kata petugas jaga di pintu masuk kawasan wisata alam hutan oleh Mata Kucing, Rabu (18/10). /1).

Petugas wanita itu mengaku saat pandemi Covid-19 sedang merajalela, kawasan wisata alam hampir ditutup total. Bahkan beberapa hewan yang dulunya menjadi daya tarik di lokasi wisata dipindahkan ke tempat lain untuk mencegah penyebaran Covid-19 saat itu.

Baca juga: Seminggu Hilang Cucu, Nenek Nur Aini Jatuh Sakit

Kini situasi kembali membaik, kawasan wisata alam perlahan berbenah agar lebih konsisten dengan tema tempat wisata sebagai tempat wisata alam. Hamparan pepohonan hutan, kolam renang, kebun binatang mini dan hewan-hewan unik kembali dihadirkan untuk menarik minat pengunjung.

“Awalnya pelan-pelan sampai selesai, termasuk untuk kebun binatang mini. Kawasan itu sudah mulai dikelola lagi secara bertahap. Sudah dimulai dengan baik dan semakin ramai dari tahun 2022,” kata petugas.

Begitu juga dengan kawasan wisata perkebunan agrowisata di Marina yang saat ini semakin ramai. Pengunjung juga meningkat drastis saat liburan Natal dan Tahun Baru, ribuan pengunjung berduyun-duyun setiap hari libur nasional dan akhir pekan.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan, Lalu Bahas Tarif Air

Ini menjadi angin segar bagi para pelaku pariwisata yang sudah hampir tiga tahun terlantar akibat wabah Covid-19. Stakeholder pariwisata berharap pemerintah tetap berkomitmen dengan berbagai kebijakan untuk terus meningkatkan sektor pariwisata di Kota Batam.

“Alhamdulillah keadaan terus membaik. Pengunjung (wisatawan) dari rombongan pelajar (untuk kunjungan edukasi) juga aktif kembali saat ini. Selalu ramai di akhir pekan dan hari libur,” kata Agus, pengelola tempat agrowisata Marina.

Begitu juga dengan pengelola wisata pantai setempat yang mengklaim terjadi peningkatan jumlah pengunjung sejak akhir tahun 2022. Pengunjung perorangan, rombongan bahkan turis mancanegara juga ramai, karena di sekitar kawasan Marina terdapat hotel dan resort yang menyambut turis asing.

Baca Juga: Hanya 5 Hari Kerja Anggota Rumah Tangga di Bengkong Curi Aset Majikan

“Sekarang sudah lebih baik. Sejak pemerintah menari PPKM, kami sudah mulai aktif kembali dan wisatawan terus berdatangan apalagi dengan para politikus. Gelembung perjalanan,kata Viktor, pengelola tempat wisata lainnya.

Zona hotel Marina juga tampaknya terlahir kembali. Kami melihat banyak turis asing yang hilir mudik di daerah tersebut. Angkutan tamu yang datang dan pergi juga kembali aktif di sekitar Marina.

Reporter: Eusebe Sara

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button