Berita Wisata

Seru di Romokalisari Adventure Land, Wisata Alam Baru di Surabaya

Walikota Surabaya Eri Cahyadi meluncurkan wahana wisata Romokalisari Adventure Land pada Minggu (25/9/2022). Destinasi wisata yang terletak di dekat Apartemen Romokalisari, Kecamatan Benowo, Surabaya ini dilengkapi dengan sejumlah wahana menarik.

Eri mengatakan Surabaya memiliki sejumlah destinasi wisata yang menakjubkan. Salah satunya yang baru saja diluncurkan adalah wahana wisata Romokalisari Adventure Land.

“Jadi teman-teman atau saudara dari Surabaya dan luar Surabaya, silahkan mencoba Adventure Land di Romokalisari yang sangat menakjubkan ini. Silakan lihat, buktikan keseruannya di sini,” kata walikota.

Ia menjelaskan, saat ini ada tujuh wahana yang tersedia di Romokalisari Adventure Land. Sejumlah wahana tersebut terdiri dari taman bermain, kebun binatang mini, arena berkuda, ATV, sekoci kano dan bakau, serta jet ski. “Luar biasa di sini karena Anda bisa melewati tengah hutan bakau dengan kano. Sehingga Anda bisa merasakan keindahan mangrove dan keindahan alam di Surabaya,” ujarnya.

Namun, ia juga mengungkapkan masih banyak wahana di Romokalisari Adventure Land yang sedang dalam tahap pengembangan. Seperti kandang kelinci, domba hias penyu. “Sebelumnya, dikatakan bahwa masih banyak tempat yang harus diperbaiki. Jadi ini (peluncuran) bukan yang terakhir, tapi awal,” kata Cak Eri, panggilan akrabnya

Cak Eri juga memastikan Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot) akan terus hadir untuk menciptakan lapangan kerja bagi warganya melalui program padat karya. Misalnya melalui Romokalisari Adventure Land yang melibatkan 100 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Insya Allah yang kita lakukan semua tiketnya, semua hasilnya diberikan kepada masyarakat Surabaya yang bekerja di sini. Insya Allah akan ada 100 orang,” jelasnya dalam keterangan tertulis.

Cak Eri meyakini bahwa dengan bekerja sama dan bersinergi dengan seluruh elemen, kemiskinan dan pengangguran di Kota Surabaya dapat segera teratasi. Karena baginya, kehadiran pemerintahan ini seharusnya mampu membawa perubahan di masyarakat. “Semoga kehadiran Romokalisari Adventure Land dapat membawa manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Selain membuka langsung destinasi wisata Romokalisari Adventure Land, Walikota Eri Cahyadi dan Ketua TP PKK Rini Indriyani juga sempat menjajal sejumlah wahana. Seperti antara lain sepeda gunung bermotor, menyusuri hutan bakau menggunakan sampan, hingga Jet Sky.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya (DKPP) Antiek Sugiharti menjelaskan, ada hingga 100 MBR yang bekerja di Romokalisari Adventure Land. Mereka adalah warga Rusunawa Romokalisari dan warga desa setempat.

“Ada 100 MBR yang terlibat. Seluruh kegiatan bekerjasama dengan MBR yang nantinya penjualan tiket akan dipercayakan kepada MBR. Karena harapan, MBR ini bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan,” kata Antiek.

Disebutkan pula bahwa Romokalisari Adventure Land dibangun di atas lahan seluas 76.769 meter persegi. Bagian dari tanah telah dibangun untuk permainan, pendidikan dan tribun. “Di sini juga ada warung ikan dengan aneka olahan ikan serta warung makan dan minum,” ujarnya.

Diakui Antiek, masih ada sejumlah lokasi wisata yang saat ini sedang dibangun. Seperti kandang kelinci hias, kura-kura dan domba di berbagai taman. “Oleh karena itu, selalu dimungkinkan untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak. Semoga kegiatan ini bermanfaat dalam mendukung agenda Walikota Eri Cahyadi tentang bagaimana mencapai peningkatan ekonomi MBR,” ujarnya.(iss)

Source: www.suarasurabaya.net

Related Articles

Back to top button