Berita Wisata

Tempat wisata Kuningan ini dulunya menjadi primadona pengunjung, kini kondisinya memprihatinkan

Laporan oleh kontributor kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Dua objek wisata di Kawasan Industri Wisata Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, terlihat sangat mengganggu.

Kedua tempat wisata yaitu Taman Cisantana dan Curug Sawer ini memiliki berbagai fasilitas dan fasilitas umum lainnya.

“Keadaan lokasi wisata memprihatinkan karena terbengkalai. Padahal, saat dibuka dua tahun kemudian, Taman Cisantana ramai didatangi wisatawan dari berbagai daerah,” kata Tarsim (55), warga sekitar yang biasa disapa Mang. Badak saat berbincang dengan TribunCirebon.com, Kamis (19/1/2023).

Kepemimpinan Taman Wisata Cisantana dibubarkan, Tarsim tidak menyadari masalah yang muncul.

Sekarang keadaan kawasan wisata tersebut kumuh dan banyak tumbuhan liar.

Bahkan kondisi dan suasananya terkesan menyeramkan.

“Ya sampai di lokasi wisata itu terlihat banyak tumbuhan liar yang tumbuh. Saya tidak tahu apa masalahnya dengan pengelolaan sebelumnya,” kata Tarsim yang juga pemandu wisata lokal Palutungan.

Tarsim mengatakan, secara geografis Taman Cisantana tidak jauh dari lokasi wisata alam Sukageuri View.

Memang kawasan wisata alam ini masih utuh dan dipisahkan oleh tebing.

“Ya, kalau menurut kami, Taman Cisantana dan View Sukageuri masih satu hamparan. Kemudian sejarah perkembangan objek wisatanya sama, ceritanya. Baik di kawasan Taman Cisantana maupun di View Sukageuri dulu. menjadi area pertambangan C atau quarry,” ujarnya.

Mengenai tata ruang Taman Cisantana, kata Tarsim, sebenarnya di Taman Cisantana hanya tinggal pengembangan yang lebih intensif.

Pasalnya, untuk fasilitas umum dan warung usaha pengembangan UMKM bagi warga sekitar sudah berjalan dan titik kawasan wisata ini kerap dijadikan konten kreator dalam pembuatan video atau gambar.

“Jadi dari sisi bisnis, Taman Cisantana sudah berjalan. Coba lihat, ada toilet, tempat jual beli warga kami juga ada. Jadi bagaimana mengembalikannya, kami harus bertanya kepada pemerintah desa,” kata Tarsim. lebih jauh.

Taman Cisantana Kuningan kondisinya memprihatinkan.Taman Cisantana Kuningan kondisinya memprihatinkan dan terlihat menyeramkan. (TribunCirebon.com/Ahmad Ripai)

Mengenai objek wisata Curug Sawer, kata Tarsim, kawasan Curug Sawer masih beroperasi dan banyak pengunjung yang datang untuk menikmati suasana alam di sana.

“Untuk objek wisata Curug Sawer sebenarnya masih berjalan. Tapi bisa dilihat banyak fasilitas yang kurang perawatan, sehingga jumlah pengunjung belakangan ini menurun,” ujarnya.

Dari kedua kunjungan tersebut, kata Tarsim, terungkap bahwa semua itu masuk dalam kebijakan pengelolaan aset pemerintah desa.

“Setahu saya wisata ini masuk dalam pengelolaan Pemdes. Tahu berada di bawah pengelolaan BUMDes atau instansi pemerintah lainnya,” ujarnya.

Baca Juga: Dulu Dua Objek Wisata di Kawasan Palutungan Kuningan Ini Populer, Kini Begini Kondisinya

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button