Berita Wisata

Bird Lake, surga tersembunyi bagi pecinta burung di Kalimantan Tengah

Liputan6.com, Palangkaraya – Kalimantan Tengah seakan tidak ada habisnya menyuguhkan pemandangan alam yang memikat mata, salah satunya di Kabupaten Sukamara. Kawasan yang terletak di bagian barat ini memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dicoba.

Telaga Burung, merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi para pecinta burung di Kabupaten Sukamara. Kawasan tersebut termasuk dalam kawasan konservasi yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah.

Seperti namanya, wisatawan di sini akan melihat sebuah danau yang dikelilingi berbagai jenis burung. Bahkan, Bird Lake adalah surga bagi para pecinta burung, karena mereka akan melihat berbagai jenis burung di alam liar melalui habitat aslinya.

Dengan luas kurang lebih 76.110 hektar, danau ini menjadi tempat transit burung migrasi. Jika sedang musim transit, wisatawan dapat dengan mudah menemukan beberapa sarang dan telur di pohon.

Keberadaan burung migran umumnya terjadi pada pertengahan tahun, yaitu pada bulan Juli hingga September. Spesies yang paling banyak ditemui adalah cangkak, corpus, kuntul besar (Egretta alba) dan kuntul kecil (kuntul kecil).

Menuju lokasi Telaga Burung membutuhkan tenaga ekstra, karena pengunjung harus berjalan kaki melewati rawa-rawa dan hutan gambut Kalimantan. Tak heran jika saat musim hujan, akses yang ditempuh ke sana adalah genangan air yang mencapai dada orang dewasa.

Namun, rasa lelah selama perjalanan akan terbayar begitu sampai di sana. Pengunjung akan mendengarkan kicauan burung dan suara dedaunan yang bergesekan membuat suasana menjadi lebih tenang.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melihat owa, orangutan, dan jenis ikan air tawar yang hidup di sekitar kawasan danau burung. Apalagi jika Anda memiliki hobi fotografi, maka tempat ini menjadi pilihan yang tepat sebagai tujuan wisata.

Seekor burung beo menarik perhatian saat bisa mengatakan “Anda bertanya”

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button